Home » Strategi-bisnis » Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Laundry

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Laundry

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Laundry

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis laundry adalah melalui strategi digital marketing. Karena mampu menjangkau target customer yang lebih luas. Selain itu, banyak keunggulan lain yang dihasilkan melalui strategi digital marketing pada bisnis laundry. Lalu, apa sajakah manfaat digital marketing pada bisnis laundry?

Manfaat Utama Digital Marketing Bisnis Laundry

Digital marketing merupakan cara untuk mempromosikan suatu brand bisnis secara digital atau melalui platform online. Berikut adalah manfaat digital marketing untuk bisnis laundry:

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah tingkat kesadaran atau pengetahuan masyarakat luas atas sebuah produk bisnis. Tidak mudah untuk memunculkan brand awareness yang tinggi pada masyarakat. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness di era milenial seperti ini adalah melalui digital marketing.

Dengan menerapkan digital marketing, kamu dapat mempromosikan produk laundry ke lebih banyak orang dengan upaya yang sangat minimum. Semakin banyak produkmu dipromosikan, maka akan semakin banyak pula orang yang mengetahui identitas produkmu, sehingga brand awareness akan meningkat.

Apabila kamu ingin mempelajari lebih dalam terkait brand awareness serta bagaimana cara meningkatkannya melalui digital marketing, kamu dapat mengikuti pelatihan pada platform pelatihan bisnis. Salah satunya adalah Gemilang Training.

Mudah Menjangkau Pasar yang Tepat

Menjangkau pasar yang tepat adalah salah satu upaya untuk memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi promosi pada bisnis laundry. Pasar yang tepat untuk bisnis laundry adalah ibu rumah tangga, penghuni kos, atau orang kantoran yang sibuk. Adanya digital marketing dapat membantu menjangkau target pasar yang tepat.

Pada platform digital marketing seperti Google Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya, target audiens dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing. Adapun beberapa hal yang dapat diatur pada layanan iklan berbayar untuk digital marketing adalah:

  • Target usia. Kamu dapat memilih target usia 19 sampai 40 tahun. Karena usia tersebut adalah usia produktif yang memiliki sedikit waktu untuk mencuci pakaian.
  • Target jenis kelamin. Kamu dapat memilih target jenis kelamin perempuan sebagai sasaran utama, namun tidak menutup kemungkinan untuk memilih target laki-laki.
  • Target geografi. Kamu dapat mengatur target audiens yang bertempat tinggal di sekitar wilayah bisnismu dijalankan. Apabila nantinya semakin berkembang, kamu juga dapat mengubahnya.

Jika kamu masih belum memiliki gambaran bagaimana cara mengatur target audiens pada platform promosi digital, kamu dapat melihat tutorial singkat melalui video ini.

Meningkatkan Penjualan

Manfaat utama yang paling terasa dalam memanfaatkan digital marketing dalam bisnis laundry adalah adanya peningkatan penjualan secara signifikan. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan adanya digital marketing, maka target pelanggan yang terjangkau menjadi lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa alasan melonjaknya omset melalui digital marketing:

  • Mampu menjangkau target pasar yang lebih luas
  • Mengurangi biaya operasional, seperti biaya iklan banner, sehingga target penjualan mudah dicapai.
  • Memudahkan pelanggan untuk memesan layanan jasa, sehingga dengan kemudahan yang ditawarkan, pelanggan akan menggunakan layanan laundry milikmu.

Menghemat Biaya Promosi

Promosi dalam sebuah bisnis adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, kadang kala rencana untuk melakukan promosi seringkali terhambat karena biaya promosi yang belum mencukupi. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan digital marketing, karena biaya promosi secara digital bisa lebih murah.

Biaya promosi pada platform iklan berbayar mulai dari Rp20.000,00 per hari untuk jangkauan 500 hingga 1000 audiens yang dapat diatur. Angka tersebut tergolong murah dibandingkan dengan promosi menggunakan banner, brosur atau slayer yang bisa memakan biaya jutaan rupiah.

Tak hanya itu, bahkan kamu dapat melakukan promosi secara gratis dengan memanfaatkan sosial media orang disekitarmu. Atau melakukan sistem diskon bagi pelanggan yang melakukan review pada layanan laundry milikmu.

Mudah Melakukan Analisa Pasar

Melakukan analisa pasar adalah keharusan yang dilakukan di setiap bisnis. Analisa pasar dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta melihat tren bisnis serupa yang sedang berkembang dan banyak diminati. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan analisa pasar. 

Kamu bisa menyebarkan kuesioner, mengamati keadaan di kompetitor bisnis yang unggul, hingga melakukan pendekatan kepada target pelanggan. Namun, hal tersebut adalah hal konvensional yang banyak membuang waktu. Dengan adanya digital marketing, kamu dapat melakukan analisa pasar dengan lebih mudah.

Berikut adalah beberapa fitur digital marketing yang dapat digunakan untuk analisa pasar:

  • Google Trends. Membantu kamu mengetahui tren bisnis yang sedang berkembang.
  • Google Analytics. Membantu kamu melakukan analisa dari data tren yang kamu peroleh.
  • Instagram Story Question Box. Fitur sederhana untuk melakukan analisa pasar.

Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam terkait Google Trends dan Google Analytics, kamu dapat menonton video ini.

Yuk, Gunakan Digital Marketing untuk Memajukan Bisnis Laundry!

Seperti itulah ulasan terkait manfaat digital marketing yang bisa dirasakan pada bisnis laundry. Selain menggunakan sistem digital marketing yang tepat, memajukan bisnis juga memerlukan banyak hal yang harus dipelajari. Oleh karena itu, jangan lelah belajar untuk memajukan bisnis, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​