Home » Strategi-bisnis » Cara Melakukan Analisa Pasar Bisnis Rice Box dan Manfaatnya

Cara Melakukan Analisa Pasar Bisnis Rice Box dan Manfaatnya

Cara Melakukan Analisa Pasar Bisnis Rice Box dan Manfaatnya

Setiap bisnis perlu melakukan perencanaan sebelum memulai kegiatannya, termasuk bisnis rice box. Salah satu hal penting yang terdapat dalam tahap perencanaan bisnis adalah analisa pasar. Bagaimana cara melakukan analisa pasar yang baik dan mengapa analisis pasar itu penting?

Cara Melakukan Analisa Pasar yang Efektif

Sebenarnya tidak ada pakem yang pasti tentang bagaimana analisa pasar yang baik itu karena setiap orang pasti punya pendapatnya sendiri-sendiri. Namun bila kamu masih bingung dengan apa yang harus dilakukan, kamu bisa melihat cara melakukan analisa pasar yang efektif di bawah ini.

Mengenali Kebutuhan Pasar

Langkah pertama untuk melakukan analisa pasar adalah mengenali kebutuhan pasar. Tidak semua konsumen menyukai rice box sebagai menu makanannya. 

Dengan melakukan hal ini kamu bisa mengetahui konsumen mana saja yang masih menginginkan rice box untuk memenuhi kebutuhannya. Kamu juga bisa mendapatkan target pasar dari langkah pertama ini.

Amati Kondisi Pasar

Langkah kedua adalah mengamati kondisi pasar. Pasar dipenuhi oleh produk-produk yang beredar untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Maka dari itu, kamu perlu mengamati dan menulis nama produk-produk makanan khususnya rice box.

Analisis Primer

Setelah mengetahui produk-produk rice box di pasar, lakukanlah analisis mengapa produk tersebut diminati oleh konsumen dengan menulis faktor-faktor pendukungnya

Kamu juga bisa menulis faktor-faktor penghambat dari produk-produk lainnya yang membuat mereka kurang diminati oleh konsumen.

Analisis Selektif

Tak jarang, beberapa produk makanan telah memiliki pelanggan tetap. Lakukanlah analisis untuk mengetahui faktor apa yang membuat konsumen kembali untuk membeli produk tersebut.

Segmentasi Pasar

Bila kamu sudah mendapatkan data-data tersebut, kamu bisa membagi-bagi pasar ke kelompok yang sesuai atau segmentasi. Hal ini bertujuan agar bisnis rice box kamu tepat sasaran. 

Target pasarmu juga bisa semakin spesifik dengan melakukan segmentasi ini. Sebagai contoh, kamu akan mengelompokkan konsumen yang lebih menyukai rice box daripada makanan berbahan nasi lainnya di suatu kelompok. 

Dari situ kamu bisa tahu bahwa kamu akan meraih keuntungan lebih bila kamu menjual rice box ke kelompok tersebut daripada kelompok lainnya.

Analisis Persaingan

Kamu juga bisa menganalisis persaingan antara produk milikmu dengan produk-produk rice box lainnya di pasar. Caranya adalah dengan menulis semua kelebihan dan kelemahan dari produk lain, lalu bandingkan dengan rencana bisnismu. 

Kamu bisa mengamati, meniru dan memodifikasi kelebihan dari produk lain. Lalu, kamu juga bisa belajar dari kelemahan produk lain agar tidak mengulangi hal yang sama.

Mencari Konsumen yang Berpotensi

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa mencari target konsumen yang berpotensi membeli rice box kamu. Jika kamu sudah mendapatkannya, kamu bisa mempertahankan konsumen tersebut agar mereka tetap menjadi pelanggan yang loyal dan puas terhadap produk kita.

Manfaat Analisa Pasar

Setelah mengetahui langkah-langkah analisa pasar di atas, mungkin kamu bertanya mengapa kamu perlu melakukan itu semua sebelum memulai bisnis rice box? Berikut manfaat analisa pasar:

Mengetahui Permintaan Pasar

Dengan menganalisis pasar, kamu tahu produk apa yang sedang diminati oleh pasar. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi kesalahan dalam membangun bisnis yang tidak ada peminatnya.

Mengetahui Karakteristik Konsumen

Kamu juga dapat mengetahui karakteristik konsumen, seperti apa yang disukai dan tidak disukai konsumen akan sebuah produk. Tentu ini bisa menjadi pembelajaran yang berharga bagi kamu.

Mengetahui Karakteristik Kompetitor

Selain karakteristik konsumen, kamu juga dapat mengetahui karakteristik kompetitor. Dari sini kamu bisa melakukan perencanaan bisnis yang tepat agar bisa bersaing dengan kompetitor tersebut.

Menekan Kesalahan

Bila kamu sudah mempunyai gambaran terkait apa saja yang harus dilakukan terhadap bisnis kamu, kamu akan bisa menekan kesalahan dalam proses produksi hingga pemasaran. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya.

Mengetahui Peluang

Kamu juga akan mendapatkan gambaran terkait peluang apa yang bisa kamu coba di bisnis kamu. Sebagai contoh, di suatu tempat masih kekurangan rice box. Maka, kamu bisa menjual rice box di tempat tersebut selama prospeknya menjanjikan.

Meningkatkan Peluang

Bila kamu sudah mengetahui kondisi pasar, maka peluang bisnis kamu untuk mendominasi pasar akan lebih besar. Hal ini berdampak bagi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Mengetahui Posisi Bisnis

Kamu juga bisa mengetahui di mana posisi bisnismu saat sudah mulai menjalankannya. Bila memang di atas, kamu bisa mempertahankannya agar tidak turun. 

Namun bila masih di bawah, kamu bisa meningkatkannya agar mencapai posisi di atas dan dapat menarik konsumen.

Mengetahui Efektivitas Bisnis

Dari analisis pasar, kamu bisa mengetahui apakah strategi bisnis kamu sudah tepat atau belum. Bila belum, kamu bisa memperbaikinya dengan data-data yang kamu dapatkan.

Menarik Investor

Analisa pasar yang matang dan disampaikan dengan baik dapat menarik investor untuk menanam modal pada bisnis kamu karena mereka yakin akan bisnis kamu.

Itulah cara melakukan analisa pasar yang efektif serta beragam manfaatnya bagi bisnis rice box kamu. Cara-cara di atas bisa kamu dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis kamu karena yang terpenting adalah bagaimana bisnis rice box kamu bisa berkembang dengan maksimal.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Melakukan Analisa Pasar Bisnis Rice Box dan Manfaatnya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​