Home » Strategi-bisnis » Pahami Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor Bisnis Kue!

Pahami Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor Bisnis Kue!

Pahami Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor Bisnis Kue

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor atau pesaing. Di industri yang berkembang dengan pesat ini, akan selalu ada kompetitor yang akan menyaingi bisnis kue milikmu. Yang mana, kompetitor-kompetitor tersebut merupakan faktor eksternal dari salah satu yang bisa dikatakan mengancam bisnis apabila tidak ditangani dengan baik. Mengapa dikatakan mengancam? Hal ini dikarenakan kompetitor tidak bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri dan akan selalu berdatangan tanpa diminta. Oleh karena munculnya banyak kompetitor ini tidak dapat dikontrol, maka dari itu kamu perlu memiliki cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor yang lain.

Untuk bisa tetap unggul dari kompetitor bisnis dengan jenis produk yang kurang lebih sama, maka dari itu kamu harus memiliki faktor kuat sebagai pembeda yang membedakan bisnis milikmu dengan bisnis orang lain. 

Perbedaan dalam berbisnis bisa dilihat dari beberapa faktor, mulai dari perbedaan produk, perbedaan dalam pelayanan, perbedaan dalam menyalurkan distribusi, perbedaan sumber daya manusia, hingga perbedaan dari masing-masing citra perusahaan.

Bisnis kue merupakan salah satu bisnis di bidang kuliner yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Meskipun begitu, setiap bisnis yang telah ada memiliki pelanggannya sendiri. Artikel ini akan membahas tentang cara agar produk yang kamu jual berbeda dari kompetitor dalam lingkup bisnis kue. Untuk pembahasan selengkapnya, perhatikan penjelasan berikut.

Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor

Memiliki pembeda pada produk bisa disebut sebagai keunggulan. Keunggulan tersebut merupakan cara yang bisa dijadikan sebagai penyelamat bisnis milikmu dari persaingan ketat di dunia bisnis ini. Berikut, terdapat beberapa cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor bisnis kue lainnya.

Terus Berinovasi Terhadap Produk

Supaya memiliki produk berbeda yang dalam hal ini adalah kue dengan kompetitor bisnis kue lainnya, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu berinovasi terhadap produk. Berkreasi dengan resep sehingga menghasilkan menu kue yang baru akan membuat menu-menu yang ada pada bisnis kue milikmu berbeda dengan kompetitor yang ada di sekitar.

Namun, tentunya sebelum melakukan inovasi, ada baiknya kamu melakukan survei sederhana atau secara singkat terkait apa-apa saja yang sudah dijadikan sebagai menu andalan dari kompetitor bisnis kue tersebut. Dengan melakukan riset, maka risiko kamu untuk mengalami memiliki produk yang sama dengan kompetitor lain akan lebih minim.

Menghadirkan Cita Rasa yang Khas

Kekhasan dari cita rasa produk kue bisa hadir dari dua faktor. Kedua faktor yang mendukung ciri khas rasa dari produk kue, yaitu sumber daya manusianya serta kualitas bahan baku yang digunakan. Sumber daya manusia sebagai yang mengeksekusi resep dan kualitas bahan baku sebagai faktor penentu akan rasa yang dihasilkan. 

Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan produk kue yang berbeda dengan kompetitor bisnis kue lain, kamu perlu memiliki sumber daya yang mumpuni. Selain itu, faktor kedua yang bisa menghasilkan cita rasa dari kue yang akan disajikan berbeda dengan produk kue milik kompetitor lainnya adalah dari kualitas bahan bakunya. Semakin bagus kualitas dari bahan baku, maka akan semakin lezat pula resep yang dihasilkan.

Namun, semuanya kembali lagi kepada sumber daya manusia alias koki yang akan membuat resep. Dengan penggabungan kedua faktor tersebut, maka produk kue yang dihasilkan oleh bisnismu akan memiliki cita rasa yang khas.

Menerima Masukan Konsumen

Setiap bisnis memiliki konsumennya masing-masing, termasuk bisnis kue. Dikarenakan cita rasa yang dihasilkan oleh setiap bisnis kue bisa berbeda, maka apabila terdapat pelanggan setia yang berkunjung untuk membeli produk kue milikmu, maka konsumen tersebut bisa disimpulkan lebih suka dengan hasil cita rasa yang dihasilkan oleh produk kuemu dibandingkan dengan rasa dari kompetitor atau pesaing.

Sehingga, apabila terdapat masukan yang datang dari konsumen, selalu usahakan untuk diterima. Jadikan komentar dari konsumen sebagai arahan untuk menghasilkan produk serta pelayanan yang lebih baik lagi.

Menyediakan Kemasan yang Unik

Teknik pengemasan bisa dijadikan sebagai pembeda antara bisnis kue yang kamu punya dengan para kompetitor lain.

Selain kemasan unik yang digunakan, perlu dicatat bahwa mau seunik apapun, keamanan kue harus tetap menjadi prioritas utama yang harus dinomor satukan. Jangan sampai demi memiliki kemasan yang unik sebagai pembeda produk dengan kompetitor lain mengakibatkan keamanan produk tidak diperhatikan. 

Keamanan produk yang perlu dijaga dalam bisnis kue ini, salah satunya bisa diartikan sebagai dekorasi kue.

Sudah Tahu Cara Agar Produk Kuemu Berbeda dengan Kompetitor?

Setelah mengetahui cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor, maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah untuk benar-benar mengaplikasikannya secara langsung ke dalam praktik bisnis kue yang sedang kamu rintis. Perhatikan detail dari tiap-tiap cara yang sudah diberikan di atas dan jangan sampai berlebihan. 

Perlu diingat untuk selalu melakukan riset terhadap kompetitor di sekitar terlebih dahulu. Dengan melakukan riset, hasil dari melakukan cara agar membuat produk yang berbeda dengan kompetitor lain ini dapat berhasil!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kue kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Pahami Cara Agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor Bisnis Kue!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​