Home » Strategi-bisnis » Ide Packaging Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Ide Packaging Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Ide Packaging Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Rice box menjadi salah satu pilihan produk kuliner yang banyak diminati saat ini. Bisnis rice box bisa jadi pilihan tepat di zaman sekarang apalagi jika ingin menjangkau target pasar kalangan muda. 

Supaya lebih menarik maka dibutuhkan ide packaging produk yang tepat. Tentunya kemasan yang bagus dan menarik akan memberikan pengaruh besar pada angka penjualan produk tersebut di pasaran. 

Ide Packaging Produk untuk Rice Box

Jenis produk ini lebih cocok menjangkau target pasar anak-anak muda. Jadi kemasan yang digunakan sebaiknya punya desain yang fun dan menarik. Tidak hanya dipakai sebagai pembungkus makanan, kemasan ini nantinya juga akan menjadi identitas tersendiri bagi sebuah brand

Berikut ide kemasan yang bisa digunakan untuk mengemas produk rice box:

Box Warna-Warni

Rekomendasi pertama adalah kemasan berupa box warna-warni. Ini bisa jadi pilihan tepat jika kamu mengusung konsep yang fun dan atraktif pada brand rice box yang dijual.

Warna-warna menarik pada rice box juga sangat cocok dengan target pasar yang cenderung mengarah ke anak muda. Ini juga bisa membuat produkmu terlihat lebih mencolok atau mentereng dibandingkan brand lainnya. 

Ada banyak sekali pilihan warna yang bisa digunakan. Merah dan kuning adalah warna yang paling sering dijumpai pada produk atau brand makanan

Jika ingin terlihat beda maka bisa dipilih warna-warna lain yang sesuai dengan identitas atau karakteristik produk. Jangan lupa, sertai juga dengan desain gambar yang menarik beserta logo. 

Bowl 

Meskipun namanya rice box namun kemasan yang digunakan tidak harus selalu berbentuk kotak. Kamu bisa memakai kemasan yang berbentuk mangkuk. 

Bentuk mangkuk yang bisa dipakai juga sangat bervariasi. Ini bisa jadi pilihan jika bosan dengan kemasan rice box yang itu-itu saja. Tinggal disesuaikan saja antara ukuran dengan porsi makan. 

Kemasan bowl juga cocok dijadikan pilihan karena ruang desainnya bisa lebih luas. Bahan yang digunakan bisa beragam mulai dari karton yang sudah dilaminasi maupun plastik. 

Ada beberapa jenis brand yang sudah menggunakan kemasan semacam ini. Namun tidak masalah karena kamu bisa menggunakannya dengan desain, warna, dan tentu saja logo yang berbeda. 

Kotak Bekal

Ide packaging produk berikutnya yang bisa dicoba adalah kotak bekal. Ini cocok sekali untuk produk rice box. Selain itu kemasan berbentuk seperti kotak bekal ini juga biasanya disukai konsumen

Salah satu faktor penyebabnya adalah bisa digunakan kembali jika makanan sudah habis disantap. Tentunya kamu harus memilih bahan yang tepat agar kemasan tersebut bisa dipakai lagi. 

Coba buat desain kemasan berupa kotak bekal yang menarik disertai warna dan logo yang unik. Selain itu pastikan kemasan ini tertutup rapat dan tidak bocor. 

Ini sangat mendukung kepraktisan sehingga mempermudah konsumen yang ingin membawa makanan tersebut saat bekerja atau beraktivitas. 

Box Piramida

Pernah lihat ada rice box dengan kemasan berbentuk piramida? Ini juga bisa jadi ide yang cukup unik untuk diterapkan. Kemasan dengan bentuk piramida seperti ini belum banyak dijumpai di pasaran. 

Selain bentuknya unik, kapasitas di dalamnya juga bisa besar. Cocok untuk mengemas rice box dengan porsi sekali makan satu orang. 

Box piramida ini bisa dibuat dari material karton dengan laminasi khusus yang biasa dipakai untuk mengemas makanan. Pastikan ukurannya tepat dan pilih warna yang cocok dengan identitas brand

Jangan lupa, pastikan kemasan piramida ini bisa tertutup rapat sehingga mampu menjaga kualitas makanan di dalamnya dengan sangat baik. 

Cereal Box

Salah satu ide antimainstream yang juga bisa dicoba dalam bisnis rice box adalah kemasan berbentuk kotak sereal. Ini bisa jadi ide yang unik dan akan menambah brand value bisnismu di mata konsumen. 

Kemasan berbentuk kotak sereal belum banyak dijumpai di pasaran. Namun konsep ini terbilang sangat menarik dan aman karena makanan bisa tertutup rapat. 

Kotak sereal ini juga cukup mudah untuk didesain. Kamu bisa menambahkan warna, desain gambar, logo, dan tulisan dengan mudah. Selain itu kemasan ini juga terbilang praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana oleh pelanggan. 

Cocok untuk target pasar anak muda yang biasanya butuh makanan praktis untuk dibawa beraktivitas. 

Buat Kemasan Produkmu Sebagus Mungkin!

Jangan lengah, kamu harus berusaha untuk membuat kemasan produk dengan sebaik mungkin. Kemasan ini seringkali diabaikan oleh para pebisnis padahal bisa memberi pengaruh yang sangat besar. 

Upayakan untuk membuat kemasan yang tidak hanya ergonomis dan aman namun juga terlihat bagus. Kemasan ini akan menjadi salah satu ciri khas dari bisnis yang kamu jalankan. Jadi pastikan tidak hanya indah dari luar namun kualitasnya juga bagus. 

Jika kualitas kemasan bagus maka makanan yang ada di dalamnya juga pasti akan terjaga dengan baik. Ada banyak sekali ide packaging produk rice box yang bisa kamu terapkan. Coba cari lebih banyak referensi lewat berbagai sumber. 

Kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi dari internet atau bisa juga dengan mengamati kompetitor. Tapi ingat, jadikan sebagai inspirasi saja dan jangan menjadi peniru.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ide Packaging Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​