Home » Strategi-bisnis » Rice Box Eatlah: Pelajaran dari Brand dan Pemilik Usaha yang Sudah Sukses

Rice Box Eatlah: Pelajaran dari Brand dan Pemilik Usaha yang Sudah Sukses

Rice Box Eatlah: Pelajaran dari Brand dan Pemilik Usaha yang Sudah Sukses

Mengetahui serta memahami pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses merupakan hal yang perlu kamu lakukan jika tengah menjalankan bisnis rice box. Dengan begitu, kamu bisa memeroleh gambaran tentang bagaimana menjalankan bisnis yang baik.

Saat ini, salah satu merek rice box yang tengah populer dan mendulang kesuksesan adalah Eatlah. Bisnis rice box satu ini pastinya memiliki kisah inspiratif dan pelajaran yang dapat kamu aplikasikan dalam bisnismu sendiri. Apa saja itu? ikuti saja informasi berikut!

Sekilas Tentang Rice Box Eatlah

Para penggemar rice box sudah pasti tidak merasa asing lagi saat mendengar Eatlah. Ini merupakan sebuah merek bisnis rice box yang mempunyai karakteristik khas, yakni menggunakan saus salted egg atau telur asin untuk setiap menunya.

Perlu kamu ketahui, bisnis rice box yang didirikan Riesky Vernandes, Charina Prinandita, dan Michael Chrisyanto ini tidak langsung berhasil pada awalnya. Namun, berkat pemanfaatan peluang yang baik dan inovasi unik mereka, Eatlah dapat mencapai titik suksesnya saat ini.

Rekam Jejak Kesuksesan Rice Box Eatlah

Sebelum merilis secara resmi produk Salted Egg Chicken, para pendiri Eatlah melakukan trial and error soal cita rasa. Percobaan ini memakan waktu kurang lebih 7 bulan, hingga akhirnya menemukan rasa yang sangat pas untuk lidah masyarakat Indonesia. 

Pada awal perjalanan Salted Egg Chicken, Eatlah cuma bisa memproduksi kurang lebih 50 boks. Untuk lokasinya sendiri yakni berada di PIK atau Pantai Indah Kapuk, dengan jam operasional dari pukul 5 sore sampai pukul 12 malam.

Selang 24 bulan, Eatlah berkembang menjadi 14 gerai di kawasan Bandung, Jabodetabek, dan Semarang. Melalui masing-masing gerai yang ada, setiap harinya Eatlah bisa memproduksi serta menjual sekitar 300 boks. Hingga sebulan, ia mampu menjual 9 ribu boks.

Untuk sekarang, gerai Eatlah sudah semakin banyak dan tentunya bisa memproduksi hingga berpuluh hingga ratusan ribu kotak. Dengan harga per kotaknya yakni Rp 35 ribu, ternyata omset yang diraih bisa mencapai miliaran rupiah.

Rice Box Eatlah: Pelajaran dari Brand dan Pemilik Usaha yang Sudah Sukses

Mengetahui omset yang mampu tembus sampai miliaran rupiah, kamu tentunya menginginkan hal yang sama untuk bisnis rice box-mu, kan? Maka dari itu, jika kamu benar-benar serius, coba ikuti pembelajaran dari Eatlah di bawah ini:

Mengemas Ide Usaha Rice Box Tinggi Daya Jual

Menu makanan Eatlah, yakni Salted Egg Chicken sebenarnya bukanlah suatu gagasan usaha yang baru. Namun, para founder Eatlah yang telah lama berada di Singapura – merasakan urgensi untuk memboyong makanan populer dari negara itu ke Indonesia.

Jadi, ketika direalisasikan, ide bisnis ini mereka beri judul Eatlah. Tentunya, dengan menggunakan bahasa Inggris berimbuhan ‘lah’ ala Singapura ini, nama yang fun, kasual, dan catchy ini berhasil merangkul kalangan konsumen pemuda milenial.

Menggunakan Kemasan Modern nan Kasual

Selain namanya yang kasual dan catchy, produk Eatlah memiliki kemasan yang sangat gampang dikenali para konsumen. Jadi, bila melihat kemasan produk Salted Egg Chicken, maka kamu akan menemui kesan kasual, trendi, unik, dan modern.

Nah, bentuk kemasannya sendiri sebenarnya telah sangat kerap digunakan pebisnis makanan di Negeri Tirai Bambu. Umumnya, kemasan tersebut dimanfaatkan sebagai wadah mie dan sebutannya adalah Chinese Food Box.

Nah, Chinese Food Box sendiri tentunya menyumbang inspirasi bagi para founder Eatlah. Dengan begitu, mereka menjadikan kemasan tersebut sebagai wadah makanan take away

Mengoptimalkan Penerapan Teknologi

Lewat perkembangan teknologi, beragam kemudahan tersedia untuk masyarakat. Contohnya yakni kemajuan layanan transportasi daring yang berkontribusi segudang manfaat untuk kesuksesan bisnis nasi ayam saus telur asin Eatlah.

Demikian, fasilitas layanan transportasi daring tersebut menjelma menjadi peluang untuk pengembangan bisnis. Khususnya fitur pengiriman makanan yang merupakan kesempatan emas yang bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak konsumen. 

Saat ini, Eatlah sudah menjalin kerja sama atau partnership sebagai rekan bisnis untuk pemasaran nasi ayam saus telur asin. Dari kerja sama dengan Grab Food dan Go Food ini, diperoleh persentase kurang lebih 80% untuk produk yang dijual online.

Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Beragam postingan yang diunggah secara konsisten merupakan salah satu jalan terbaik untuk memasarkan penjualan makanan Eatlah. Ini terbukti dengan jumlah pengikut akun Instagram resmi Eatlah yang telah mencapai hingga 65 ribuan.

Pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses ini – selain mengandalkan konsistensi, kamu perlu menerapkan pengambilan gambar dengan sudut dan komposisi yang benar. Begitupun dengan video

Menjaga Mutu Rasa

Kesuksesan suatu bisnis rice box bisa terjaga lewat penjagaan mutu atau kualitas cita rasa. Aspek inilah yang merupakan sebuah kunci naiknya kesuksesan rice box Eatlah bersama produk andalannya, yaitu Salted Egg Chicken.

Untuk menjaga kualitas rasa, Eatlah biasanya mengadakan training untuk para pekerja. Di dalam training tersebut tentunya terdapat prosedur khusus, contohnya yaitu lewat pembuatan bumbu dalam satu tempat.

Ikuti Pembelajaran dari Eatlah!

Nah, itu dia sejumlah pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses, yaitu Eatlah. Dengan begini, kamu pun jadi tahu apa sajakah pembelajaran tersebut dan siap menerapkannya untuk kebaikan bisnis rice box-mu!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis rice box kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Rice Box Eatlah: Pelajaran dari Brand dan Pemilik Usaha yang Sudah Sukses

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​