Home » Strategi-bisnis » 4 Cara Jitu agar Bisnis Laundry Milikmu Semakin Dikenal

4 Cara Jitu agar Bisnis Laundry Milikmu Semakin Dikenal

4 Cara Jitu agar Bisnis Laundry Milikmu Semakin Dikenal

Apa saja cara yang tepat untuk dilakukan agar sebuah bisnis laundry semakin mudah dikenal?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, memiliki sebuah produk/jasa yang baik & berkualitas saja tidak cukup.

Bisnismu harus bisa dikenal juga oleh para konsumen.

Tidak terkecuali pada bisnis jasa seperti bisnis laundry.

Jika kamu sedang menjalani sebuah bisnis laundry, dan tidak melakukan apa-apa untuk promosi & pemasaran, sudah pasti bisnismu akan terhambat perkembangannya.

Lalu, cara apa saja yang bisa dilakukan agar bisnismu bisa dikenal oleh kelompok konsumen yang lebih luas?


4 Cara agar Bisnis Laundry Semakin Dikenal

Ketika kamu membuka bisnis laundry pertama kali, tentu saja orang-orang di sekitar lokasi bisnis akan mengetahui kehadiran bisnismu.

Namun, kamu tetap tidak bisa mengharapkan bahwa mereka saja yang akan menjadi konsumenmu nanti, bukan?

Nah, berikut adalah beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan, agar bisnis laundry yang sedang kamu rintis bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Silakan disimak!


1. Brand identity bisnis laundry

Sebelum melakukan cara-cara yang lain, pastikan terlebih dahulu bahwa bisnismu sudah melakukan segmentasi pasar & memiliki brand identity yang sesuai dengan karakter target konsumen.

Mengapa?

Karena jika sudah, bisnismu akan lebih mudah dikenali dan diterima oleh para konsumen yang menjadi target penjualanmu.

Apa konsep & model bisnis dari bisnis laundry milikmu, apakah laundry kiloan atau laundry koin?

Kelompok konsumen mana yang ingin kamu sasar, para bapak/ibu rumah tangga, pekerja kantoran, atau mahasiswa?

Saat semua pertanyaan tersebut sudah terjawab, kamu bisa membuat identitas brand bisnis laundry yang sesuai dengan kelompok konsumen tersebut.

Brand identity ini nantinya bisa kamu jadikan panduan dalam membuat logo, banner, slogan, copywriting, dan lain sebagainya.

Semakin relevan branding yang bisnismu buat terhadap suatu kelompok konsumen, maka akan semakin mudah dikenal juga bisnismu di kalangan mereka.

Tentu saja jika kamu berencana untuk menyasar beberapa kelompok konsumen (misalnya, pekerja kantoran dengan mahasiswa), kamu perlu menyesuaikan lagi branding yang kamu miliki & pesan yang ingin kamu sampaikan, ya.


2. Optimalisasi media sosial

Cara yang cukup mudah untuk dilakukan untuk membuat bisnis semakin dikenal selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan peran berbagai media sosial.

Bisnismu bisa mulai aktif mengunggah konten, serta berinteraksi dengan konsumen melalui platform Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan juga LinkedIn.

Unggahlah konten-konten yang bersifat promosi ke akun Instagram, Facebook, dan TikTok. Sedangkan untuk konten dengan tema edukatif & sifatnya formal, bisa kamu unggah masing-masing ke YouTube & LinkedIn.

Berikutnya, kamu juga bisa aktif menggunakan layanan chat seperti WhatsApp & Telegram, loh.

Kedua platform tersebut bisa kamu gunakan untuk berinteraksi & juga membuat komunitas konsumen.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengumpulkan kelompok konsumen yang menjadi target penjualan bisnismu, dan bisa berpromosi melalui platform tersebut kapan saja.


3. Website atau landing page

Bisnis yang mudah dikenal adalah bisnis yang terlihat profesional di mata konsumen.

Nah, kamu bisa menggunakan sebuah website sederhana, atau bahkan sekadar memasang landing page, agar bisnismu semakin terlihat profesional & representatif.

Bisnismu bisa menggunakan platform seperti Wix, WordPress, atau Carrd untuk membuat sebuah website atau landing page.

Di bagian beranda, kamu bisa pasang informasi yang bersifat ajakan untuk menggunakan jasa laundry milikmu, dan jangan lupa sertakan juga informasi dasar & semua promo yang bisnis kamu miliki.

Dengan tersedianya berbagai media sosial & landing page, maka bisnismu akan terlihat lebih profesional serta memiliki nilai tambah di mata konsumen.

Jika semua platform tersebut disambungkan dengan Google Business Profile & Google Maps, dan dengan menggunakan keyword yang sesuai, bukan tidak mungkin bisnismu akan semakin mudah ditemukan oleh para pengguna internet lainnya.


4. Promo & potongan harga

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan agar bisnis laundry semakin dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan strategi pemasaran mulut ke mulut (word of mouth).

Apa lagi sih yang hampir pasti menjadi bahan omongan banyak orang selain program promo & potongan harga yang menarik dari sebuah bisnis?

Nah, kamu bisa menerapkan berbagai promo & potongan harga yang tentunya menarik perhatian banyak orang, dan pastinya akan disampaikan juga oleh mereka ke orang-orang terdekatnya.

Promo-promo seperti cashback, cuci 5 kali gratis cuci 1 kali, program referral, diskon 20% di hari-hari tertentu, dan masih banyak skema promo & potongan harga lainnya.

Kamu juga bisa menghubungkan cara ini dengan cara lainnya.

Misalnya, konsumen berhak mendapatkan potongan harga hingga 10% jika telah mengikuti akun bisnis media sosial milik bisnismu.

Mereka juga akan mendapat tambahan potongan harga jika mengunggah konten mengenai pengalaman menggunakan bisnis laundry di akun personal mereka.

Cara-cara seperti ini terbukti ampuh dalam mempromosikan sebuah bisnis, yang mana akhirnya bisa membuat bisnis laundry milikmu semakin dikenal oleh masyarakat luas.


Sudah Paham Cara Membuat Bisnis Laundry Semakin Dikenal?

Itulah beberapa cara mudah yang bisa segera kamu terapkan pada bisnis laundry, agar semakin dikenal.

Mulai dari memastikan konsep & brand identity bisnis laundry, menggunakan media sosial & landing page secara tepat, serta menerapkan program promo secara berkala.

Sebaiknya, gunakanlah cara-cara tersebut secara bijak & tidak berlebihan, ya.

Hindari menggunakan cara-cara yang berpotensi melanggar peraturan & norma yang berlaku hanya untuk membuat bisnismu terkenal.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Cara Jitu agar Bisnis Laundry Milikmu Semakin Dikenal

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​