Home » Strategi-bisnis » Cara Mengembangkan Bisnis Model Pada Bisnis Laundry

Cara Mengembangkan Bisnis Model Pada Bisnis Laundry

Cara Mengembangkan Bisnis Model Pada Bisnis Laundry

Memiliki usaha yang sukses, pasti merupakan impian semua pebisnis. Namun, kamu akan menemui banyak rintangan di dalamnya seperti adanya kompetitor. Karena itu, kamu harus memiliki strategi yang tepat untuk mempertahankan bisnis. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui cara mengembangkan bisnis model laundry!

Cara Mengembangkan Bisnis Model untuk Bisnis Laundry 

Mempertahankan bisnis di antara persaingan yang begitu ketat, tidak kalah berat dari ketika kamu membangun bisnis tersebut. Berikut adalah cara memgembangkan bisnis model untuk bisnis laundry yang bisa kamu coba terapkan:

Identifikasi Target Pasar

Cara mengembangkan bisnis model yang pertama adalah dengan mengidentifikasi target pasar yang spesifik. Fungsinya adalah untuk membantu kamu menentukan dan menemukan konsumen yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang kamu jual. 

Kamu bisa menggunakan persona dengan menentukan demografi, masalah, serta solusi yang kamu berikan. Contohnya, target pasar kamu adalah pria dan wanita di usia 18-30 tahun yang merupakan seorang pelajar dan pegawai kantoran. 

Masalah atau kondisi mereka adalah hidup sendiri dan tidak memiliki banyak waktu luang, karena kegiatan serta pekerjaan. Sehingga, solusi yang kamu berikan adalah dengan memberikan jasa laundry. Jadi, mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencuci baju. 

Ketahui Proses dalam Bisnis

Sebuah bisnis dapat berjalan ketika kamu bisa memahami aktivitas apa saja yang kamu butuhkan untuk mendukung perkembangan usaha tersebut. Umumnya, pada bagian ini. kamu bisa mulai memikirkan jenis produk atau jasa apa yang akan kamu tawarkan untuk konsumen.

Misalnya, kamu menawarkan jasa laundry. Maka apa saja bentuk layanan yang kamu berikan? Apakah hanya sekedar kegiatan laundry atau ada layanan lain yang juga kamu sediakan? Contohnya, selain melakukan laundry, kamu memberikan layanan antar jemput untuk pakaian konsumen.

Ketahui Sumber Daya yang Dibutuhkan

Elemen selanjutnya berhubungan dengan hal-hal apa saja yang kamu butuhkan untuk kegiatan bisnis sehari-hari. Biasanya hal ini akan berhubungan dengan bagaimana cara kamu menemukan pelanggan baru atau bagaimana kamu bisa mencapai target bisnis.

Karena itu, kamu harus memastikan bahwa setiap hal yang kamu butuhkan tersebut sudah terpenuhi. Contoh-contoh sumber daya yang bisa saja kamu butuhkan untuk bisnis laundry adalah media sosial, website, daftar pelanggan, hingga modal atau peralatan, seperti mesin cuci, setrika, dan lain sebagainya. 

Kembangkan Value Proposition

Cara sebuah bisnis dapat berkompetisi di antara banyaknya kompetitor adalah dengan memberikan penawaran yang unik dan inovatif. Sehingga, hal itu akan menjadi kelebihan atau value dari bisnis kamu. Kamu harus mampu menunjukkan bahwa, produk atau jasa yang kamu berikan lebih baik dari yang lain.

Misalnya, untuk meningkatkan value di mata pelanggan, kamu memiliki komitmen untuk membuat bisnis kamu sebagai bisnis yang eco friendly. Value ini akan sangat menguntungkan bisnis kamu. 

Apalagi menurut Forbes, 87% konsumen akan memiliki kesan baik untuk bisnis ramah lingkungan dan 88% konsumen lebih loyal pada perusahaan yang peduli lingkungan.

Contohnya, kamu berkomitmen untuk menggunakan pembungkus pakaian yang berasal dari kertas. Serta kamu akan menyediakan tas untuk setiap konsumen yang menggunakan jasamu agar tidak boros plastik.

Tetapkan Partner Bisnis

Cara mengembangankan bisnis model untuk laundry selanjutnya adalah dengan menetapkan siapa yang menjadi partner bisnis kamu. Setiap bisnis tidak akan berjalan dengan lancar tanpa partner bisnis atau bantuan pihak lain. 

Contoh partner bisnis yang mungkin akan kamu butuhkan ketika kamu menjalankan bisnis laundry adalah supplier, partner investasi, dan partner periklanan. Supplier bisa berhubungan dengan mereka yang menyediakan aneka macam sabun laundry.

Partner investasi adalah orang yang akan menanamkan modal agar bisnis bisa semakin berkembang. Sedangkan partner periklanan adalah mereka yang menyediakan jasa iklan untuk mempromosikan bisnis agar brand kamu dikenal oleh lebih banyak orang.

Tentukan Strategi yang Menarik Minat Konsumen

Ketika menjalankan bisnis, kamu pasti akan mulai melakukan banyak pendekatan untuk menarik perhatian dan minat konsumen, serta meningkatkan brand awareness. Sehingga, konsumen menyadari keberadaan bisnis, serta penjualan akan meningkat dan bisnis juga akan mendapatkan keuntungan. 

Untuk melakukan kegiatan ini, kamu membutuhkan strategi pemasaran. Contohnya, kamu bisa membuat content marketing seperti konten media sosial dan artikel blog seputar tips tentang laundry dan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan SEO dan ads media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Umumnya, rata-rata biaya SEO dimulai dari Rp1.500.000,00-Rp4.500.000,00 per bulannya. Sedangkan untuk Instagram Ads dan Facebook Ads, membutuhkan biaya mulai dari Rp10.000,00 per harinya.

Terus Lakukan Inovasi

Cara mengembangkan bisnis model untuk laundry selanjutnya adalah dengan tidak pernah berhenti untuk berusaha membuat inovasi. Kebutuhan dan keinginan konsumen akan selalu berubah. Sedangkan rencana yang kamu buat hanyalah prediksi yang tidak akan selalu diterima oleh konsumen.

Karena itu, jika kamu berhenti berusaha dan tidak mampu memberikan inovasi yang sesuai, bisnis tidak akan berkembang dan justru akan ditinggalkan oleh konsumen. Salah satu cara agar kamu bisa terus melakukan inovasi adalah dengan melakukan riset untuk melihat tren yang sedang berkembang.

Jangan ragu untuk melakukan survei kepada konsumen, jika kamu memang membutuhkannya! Sehingga, kamu bisa mengenal dan mengetahui dengan lebih akurat apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Kamu bisa mencoba menggunakan platform, seperti SurveyMonkey atau Hotjar agar kegiatan survei berjalan lebih mudah.

Yuk, Kembangkan Bisnis Model untuk Bisnis Laundry Kamu!

Itulah cara mengembangkan bisnis model untuk laundry. Supaya kamu mampu mempertahankan bisnis, kamu membutuhkan rancangan dan strategi yang matang. Karena itu, agar lebih mudah dan cepat, kamu bisa mencoba menerapkan cara di atas untuk membuat plan yang solid.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengembangkan Bisnis Model Pada Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​