Home » Strategi-bisnis » Tips Memasang Iklan Youtube untuk Bisnis Laundry

Tips Memasang Iklan Youtube untuk Bisnis Laundry

Tips Memasang Iklan Youtube untuk Bisnis Laundry

Mempromosikan bisnis melalui media sosial seperti Youtube merupakan salah satu cara untuk memajukan bisnis laundry. Platform video Youtube kini digunakan hampir oleh seluruh masyarakat, sehingga beriklan di Youtube sangat memiliki peluang besar. Lalu, bagaimana cara memasang iklan di Youtube untuk bisnis laundry?

Cara Memasang Iklan Youtube Bisnis Laundry

Bagi kamu yang masih awam dalam hal promosi di bidang digital. Berikut adalah tips dan cara untuk memasang iklan di Youtube agar bisnis laundry yang kamu jalankan semakin maju:

Membuat Konten yang Menarik dan Up To Date

Kunci dari beriklan atau promosi di Youtube adalah konten yang menarik dan mengikuti tren yang sedang berkembang. Berbeda dengan platform sosial media lainnya yang bisa menggunakan foto untuk beriklan, Youtube lebih mengutamakan iklan menggunakan video.

Oleh karena itu, kamu dituntut harus kreatif dan up to date untuk membuat iklan di Youtube. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat konten yang menarik dan up to date:

  • Bubuhkan sedikit komedi di sela-sela konten video. 
  • Aktif mengikuti trend melalui media sosial, seperti Instagram, Tiktok, dan Twitter. Umumnya, pada platform Instagram trend akan muncul pada tab explore, pada Tiktok akan muncul di For You Page, dan pada Twitter akan muncul di tab Trends.
  • Jika memungkinkan, lakukan kerja sama dengan influencer pada video konten. Hal ini akan membantu meningkatkan engagement. Influencer yang cocok adalah kalangan ibu rumah tangga, seperti Audi Marissa atau Nisa Cookie. Biaya kerja sama dapat dikomunikasikan dengan tim manajemen.

Mengambil Video dengan Kualitas yang Baik

Kualitas video adalah hal yang paling utama dalam membuat konten iklan di Youtube. Karena, video kamu akan muncul di sela-sela konten Youtuber yang terkenal. Sehingga, apabila kualitas video mu tidak baik, akan memperlihatkan profesionalitas yang kurang dijunjung.

Untuk membuat konten video dengan kualitas baik, ada dua pilihan jalan yang bisa ditempuh, yaitu dengan membuat video dengan kamera pribadi atau menyewa jasa videografer. Untuk pilihan membuat video dengan kamera pribadi, berikut adalah beberapa rekomendasi kamera yang cocok:

  • Canon EOS M50 dengan harga Rp8.700.000,00.
  • Canon EOS M6 Mark II dengan harga Rp13.299.000,00.
  • Fujifilm X-A5 dengan harga Rp5.200.000,00.

Spesifikasi 3 kamera tersebut, dapat kamu pelajari secara pribadi di sini. Namun, jika kamu ingin sesuatu yang lebih praktis, kamu dapat menyewa jasa videografer. Berikut adalah beberapa rekomendasi jasa videografer:

  • Foto Produk Katalog
  • Video Paris
  • Abu Pictures

Untuk kisaran harga jasa videography, dapat kamu diskusikan dengan pihak manajemen, karena tidak ada harga pasti pada jasa ini. Namun, sebagai gambaran, harga jasa bisa lebih dari Rp3.000.000,00.

Tentukan Target Jangkauan yang Sesuai

Selanjutnya adalah menentukan target jangkauan iklan yang sesuai dengan bisnis laundry. Menentukan target jangkauan merupakan salah satu menu yang terdapat pada Google Ads ketika kamu akan membuat iklan di Youtube. Berikut adalah beberapa rekomendasi target jangkauan yang sesuai dengan bisnis laundry:

  • Kisaran usia 19 hingga 40 tahun, karena merupakan usia produktif yang jarang memiliki waktu untuk mencuci pakaian.
  • Seluruh jenis kelamin. Hal ini dikarenakan, jasa laundry dibutuhkan oleh banyak orang, walaupun wanita lebih memiliki potensi pasar, namun tidak menutup kemungkinan laki laki juga membutuhkan.
  • Pendapatan keluarga 10-30% pendapatan teratas. Karena, jasa laundry banyak memiliki target pasar kalangan menengah keatas.

Tentukan Tempat Konten yang Sesuai

Pada pengaturan iklan Youtube, kamu dapat memilih di konten mana iklan mu akan ditayangkan. Hal ini membutuhkan trik tersendiri, agar kamu dapat menjangkau audiens yang membutuhkan jasa laundry. Sebaiknya, kamu menempatkan iklan di konten video keluarga dan video dari latar belakang ibu rumah tangga, seperti:

  • Kimbab Family 
  • Keluarga Bahagia TV
  • Keluarga Bahagia di Jerman
  • Ariana Arriana
  • Tasyi Atashyia

Pelajari Biaya dan Tahapan dengan Benar

Hal terakhir yang harus kamu lakukan untuk memasang iklan di Youtube adalah mempelajari setiap tahapan dan kisaran biaya dengan benar. Hal ini diperlukan agar nantinya, iklan yang kamu tayangkan dapat memiliki dampak yang optimum terhadap perkembangan bisnis kamu.

Kamu dapat mengatur budget beriklan di Youtube. Misalnya, mulai dari Rp50.000,00 saja, kamu sudah bisa memasang iklan. Namun, semakin besar biaya yang kamu keluarkan, akan semakin luas engagement yang didapatkan. Kamu dapat mempelajari budgeting iklan Youtube di sini.

Selain itu, kamu juga harus memahami tahapan untuk memulai iklan di Youtube. Hal ini dikarenakan ada beberapa setting tools yang sedikit asing untuk kalangan umum. Kamu dapat mempelajarinya dengan baik di sini.

Sudah Siap Menggunakan Iklan Youtube untuk Bisnis Laundry?

Berikut tadi adalah tips dan cara untuk memasang iklan di Youtube pada bisnis laundry. Selain memasang iklan di Youtube, kamu juga bisa memasang iklan di platform lainnya, seperti Instagram dan Tiktok, agar bisnis laundry mu semakin maju. Terus semangat mengembangkan bisnis, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Memasang Iklan Youtube untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​