Home » Strategi-bisnis » Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Laundry

Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Laundry

Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Laundry

Data konsumen bisnis laundry harus dimanfaatkan sebaik mungkin, agar strategi marketing bisa berjalan sesuai rencana. Nah, buat kamu yang memiliki bisnis laundry, tapi bingung bagaimana cara mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen. Simak artikel ini sampai selesai, yuk!

Cara Jitu Mendapatkan Data Konsumen Bisnis Laundry

Sebelum memanfaatkan data konsumen, tentu saja kamu harus tahu bagaimana cara mendapatkan data-data tersebut. Tidak perlu khawatir, berikut cara jitu yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan data konsumen bisnis laundry:

Melalui Nota Pembeli

Termasuk salah satu bisnis rumahan, tidak heran jika kebanyakan usaha laundry masih mengelola data konsumen secara manual dan sederhana, seperti nota pembelian.

Nota yang masih ditulis tangan ini biasanya berisi informasi data konsumen, seperti nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan jumlah pembayaran.

Nah, jika bisnis laundry milikmu masih menggunakan sistem manual satu ini. Maka kamu perlu mengumpulkan satu per satu nota pembelian dan menyimpan nomor-nomor konsumen tersebut untuk kepentingan marketing berkelanjutan.

Media Sosial

Selain sistem manual, kamu juga bisa mendapatkan data konsumen melalui media sosial. Kamu harus memanfaatkan beberapa media sosial yang banyak digunakan oleh target bisnis laundry, seperti Facebook atau Instagram.

Ibu rumah tangga lebih familiar dengan Facebook. Sedangkan untuk anak-anak kos-kosan yang berisi mahasiswa atau pekerja cenderung lebih aktif menggunakan Instagram.

Manfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada media sosial tersebut untuk lebih dekat dengan audiens. Misalnya, kamu memanfaatkan fitur tanya jawab di Instagram yang berisi pertanyaan personal, seperti lokasi dan pekerjaan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat seperti apa efek dari setiap konten yang kamu unggah.

Contoh, mencatat berapa jumlah likes, share, dan komentar. Hal ini akan membantu kamu dalam mengenali karakter dan kebutuhan yang diinginkan oleh para pengikut media sosial bisnis laundry milikmu.

Melalui Website

Berikutnya yang bisa kamu coba adalah melalui website. Jika kamu belum memiliki website, segeralah untuk membuat situs satu ini dengan mengandalkan jasa pembuatan website terpercaya seperti Niagahoster yang mematok harga sekitar Rp68.000,00-Rp105.000,00.

Setelah memiliki website, langkah berikutnya untuk mendapatkan data konsumen adalah menampilkan form opt-in. Form berbentuk sebuah kotak yang berukuran kecil atau halaman yang seperti formulir untuk mengisi alamat email para konsumen yang mengunjungi website milikmu.

Agar form opt-in lebih menarik, kamu bisa menambahkan voucher atau potongan harga spesial kepada konsumen bisnis laundry milikmu yang mau mengisi form.

Cara Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Laundry

Setelah berhasil mendapatkan data konsumen, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memanfaatkan data tersebut dengan tepat demi kepentingan bisnis laundry yang kamu kelola saat ini. Agar tidak salah, berikut 4 cara memanfaatkan data konsumen bisnis laundry yang tepat:

Mengidentifikasi Konsumen

Setiap konsumen memiliki karakter yang berbeda-beda, salah satunya dalam pemilihan layanan laundry. Ada beberapa konsumen yang menggunakan jasa laundry karena belum sempat mencuci pakaian sendiri. Begitu pula, ada beberapa konsumen yang memilih jasa laundry karena keterbatasan waktu dan mesin cuci.

Nah, data konsumen yang sudah kamu dapatkan ini bisa membantu kamu dalam mengidentifikasi konsumen yang sudah menggunakan jasa laundry secara terus-menerus.

Artinya, konsumen tersebut sudah bisa dikatakan sebagai pelanggan tetap. Sehingga, kamu bisa melakukan cross-sell dan mengelola workflow bisnis laundry dengan tepat.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Data konsumen tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis laundry milikmu.

Tidak ada salahnya untuk melakukan komunikasi secara personal agar hubungan kamu dengan konsumen terjalin dengan baik. Misalnya, menanyakan parfum laundry yang paling disukai agar mereka mendapatkan kepuasan maksimal dan terus menggunakan jasa laundry milikmu.

Meningkatkan Close Deal

Data konsumen, seperti informasi kontak hingga parfum laundry favorit bisa kamu manfaatkan untuk membantu sales force menjadi lebih baik. Sehingga, peluang close deals dengan konsumen sangat besar.

Agar proses close deal berjalan lebih cepat, kamu perlu memanfaatkan data-data konsumen. Misalnya, nomor telepon dan email untuk memberikan informasi seputar penawaran menarik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Mengurangi Customer Churn

Terakhir yang perlu kamu lakukan adalah untuk membantu mengurangi customer churn.

Sebab, data konsumen yang sudah kamu dapatkan tidak hanya menyimpan informasi dari konsumen yang rutin menggunakan jasa laundry milikmu. Tetapi, juga menyimpan data konsumen yang tidak pernah atau hanya menggunakan jasa laundry dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, momen lebaran.

Nah, data-data inilah yang akan membantu kamu dalam memahami interaksi konsumen yang sudah terjadi. Sehingga, kamu bisa mencegah adanya customer churn pada waktu yang akan datang.

Keuntungan lain yang bisa kamu rasakan adalah meminimalisir terjadinya kesalahan atau ketidakpuasan konsumen terhadap layanan laundry milikmu.

Misalnya, konsumen A tidak puas karena parfum laundry yang kamu gunakan membuat kulitnya alergi. Sebagai solusinya, kamu bisa mengajukan penawaran menarik, yaitu mengganti parfum yang terbuat dari bahan alami di orderan berikutnya, seperti Fabric Spray Antibacterial Prokleen.

Yuk, Manfaatkan Data Konsumen Bisnis Laundry dengan Tepat!

Nah, itulah cara mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen dalam bisnis laundry yang bisa langsung kamu coba. Jadi, tunggu apalagi? Demi kesuksesan bisnis laundry milikmu, lakukan cara di atas sekarang juga!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​