Pentingnya Marketing dalam Bisnis, Kamu Wajib Tahu!

pentingnya marketing dalam bisnis

Apa pentingnya marketing dalam membangun bisnis? Cari tahu, yuk!

Marketing atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan pemasaran adalah suatu usaha yang digunakan untuk memasarkan produk agar diminati oleh masyarakat luas.

Selain itu, marketing juga disebut-sebut sebagai ujung tombak suatu bisnis, lho. Hal ini karena untung ruginya bisnis dapat dilihat dari strategi marketing yang diterapkan.

Maka dari itu, staf marketing harus pandai dalam menyusun strategi, mulai dari perencanaan, pengamatan kondisi pasar serta peka akan kebutuhan masyarakat pada saat itu.

Tujuannya supaya produk yang dihasilkan nantinya dapat diterima masyarakat luas.

Eitss… Tapi, kegiatan marketing tidak semata-mata untuk mendongkrak penjualan aja, lho.

Lebih jauh, marketing juga memegang peran krusial dalam membangun nama bisnis di tengah masyarakat.

Apa saja, sih?

Simak info lengkap tentang pentingnya marketing dalam membangun bisnis di bawah ini, yuk!


Pentingnya Marketing dalam Bisnis

1. Lebih Memahami Konsumen dan Pasar

Tahukah kamu?

Tanpa riset mendalam tentang konsumen dan pasar, bisnis tidak akan berlangsung lama, lho. Salah satunya karena kurang pekanya terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Nah, disinilah pentingnya marketing.

Di sini, marketing bertugas untuk mempelajari minat, ketertarikan, serta kondisi masyarakat atau calon konsumen yang akan disasar.

Tak hanya itu, penting juga untuk menggali tingkat daya beli, tren, kebutuhan, hingga tingkat persaingan bisnis sebagai acuan bagi kamu untuk menentukan harga jual produk.


2. Membangun Brand Awareness

Membangun brand awareness merupakan salah satu tujuan marketing. Untuk itu, poin ini juga salah satu pentingnya marketing dalam bisnis.

Cara ini akan membuat konsumen bisa lebih mengetahui lebih dekat barang atau jasa yang ditawarkan bisnismu.

Selain itu, memiliki brand awareness yang kuat juga bisa menjadi kunci bagi usaha supaya lebih unggul dalam persaingan bisnis, lho. Pasalnya, konsumen cenderung memilih produk atau jasa dari brand yang dikenalnya dan inilah yang membuat penjualan semakin meningkat.


3. Meningkatkan Penjualan

Meski produk telah dikenal, marketing tetap diperlukan dalam sebuah bisnis, lho.

Tujuannya untuk meningkatkan angka penjualan. Tentu kamu ingin bisnis kamu makin berkembang, bukan?

Makanya, kalau kamu hanya mengandalkan “nama” tanpa dukungan promosi yang efektif, sangat mungkin produk yang kamu tawarkan tersalip oleh kompetitor.

Jadi, marketing bisa dikatakan sebagai semacam “pengingat” untuk konsumen bahwa produk kamu makin eksis.


4. Membangun Reputasi Bisnis

Pentingnya marketing tidak melulu tentang penjualan produk, kegiatan ini juga efektif untuk membangun reputasi bisnis di mata konsumen dan rekan bisnis, lho.

Reputasi baik tentu akan berdampak baik pada kepercayaan konsumen, rekan bisnis, serta peningkatan penjualan.


5. Riset dan Pengembangan Produk

Peran marketing dalam riset dan pengembangan produk menempatkan marketing sebagai garda terdepan yang menyerap dan menyaring segala informasi dari luar yang bermanfaat untuk pengembangan kualitas barang dan jasa yang diproduksi.

Dengan begitu, minat konsumen maupun calon konsumen akan produk yang kamu tawarkan pun bisa makin tinggi, lho!


Belajar Marketing di KoinLearn

Selain pentingnya marketing dalam bisnis, terdapat segudang ilmu yang wajib kamu tahu dalam membangun bisnis agar bisnis yang kamu jalankan terus berkembang.

Nah, bagi kamu yang ingin memperdalam ilmu bisnis, ada kabar baik buat kamu, nih!

KoinWorks sebagai Super Financial App baru saja meluncurkan platform belajar GRATIS untuk UMKM, lho. Platform ini dikenal juga dengan KoinLearn.

Lebih jelasnya, KoinLearn adalah platform edukasi yang menyediakan beragam konten dalam bentuk video pembelajaran yang ditujukan untuk seluruh UMKM di Indonesia.

KoinLearn diluncurkan dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan UMKM dalam meningkatkan ilmu dan skill UMKM Indonesia agar dapat memaksimalkan pengembangan bisnis di era digital.

Menariknya, KoinWorks telah berkolaborasi dengan sejumlah institusi dan menggandeng para business expert untuk menyajikan konten edukatif di KoinLearn, lho!

Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, tingkatkan skill bisnismu dengan KoinLearn!

Dengan KoinLearn, #SemakinMudah belajar skill baru!

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.