Home » Strategi-bisnis » Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Laundry

Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Laundry

Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Laundry

Bisnis laundry bisa dikatakan sebagai salah satu bidang bisnis yang bisa memberikan banyak keuntungan. Dalam menjalankannya, ada beberapa inovasi dan kreatifitas yang perlu dilakukan dalam bisnis laundry agar bisa berkembang dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

Banyak orang yang menganggap bisnis ini murah karena bisa mulai di rumah dengan perlengkapan mesin cuci yang ada. Selama mesin cuci tersebut masih bisa bekerja dengan baik, kamu bisa mengandalkannya.

Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Laundry yang Perlu Diketahui

Sama dengan bisnis lainnya, bisnis laundry juga membutuhkan sebuah inovasi baru agar bisa terus berkembang. Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa inovasi dan kreatifitas di bawah ini.

Permudah Proses Transaksi

Inovasi pertama yang bisa kamu coba terapkan pada bisnis laundry ialah sistem pembayaran yang lebih mudah. Dahulu, orang hanya menggunakan pembayaran cash untuk bertransaksi. Kini, kita sudah bisa menggunakan berbagai metode pembayaran yang lebih mudah dan praktis.

Hal ini juga bisa kamu coba terapkan dalam bisnis laundry. Jika sebelumnya hanya menerima metode pembayaran melalui cash, sekarang cobalah untuk menghadirkan lebih banyak pilihan metode pembayaran.

Hal ini bisa jadi salah satu daya tarik dan poin lebih bagi jasa laundry yang kamu kelola. Kamu bisa menggunakan beberapa metode pembayaran seperti payment gateway, e-wallet, dan transfer. Dengan begitu, pelanggan bisa memilih metode mana yang paling cocok untuk mereka. 

Sediakan Berbagai Pilihan Pewangi

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh jasa laundry pemula ialah mereka tidak menyediakan pilihan pewangi untuk baju-baju pelanggannya. Bahkan, beberapa pemula bisnis laundry hanya menyediakan 1 pilihan pewangi saja untuk pelanggannya. Padahal, belum tentu pelanggannya suka dengan wangi tersebut.

Fenomena ini bisa jadi pelajaran untuk kamu. Kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk membuat sebuah inovasi baru dalam bisnis laundry. Dengan menyediakan berbagai pilihan pewangi, mereka bisa memilih wangi yang paling sesuai dengan seleranya.

Dengan begini, tentu mereka akan senang untuk datang kembali dan menggunakan jasa laundry-mu. Mereka juga tidak akan ragu untuk merekomendasikan bisnis laundry-mu pada rekan-rekannya. Ini bisa jadi promosi gratis, lho!

Sediakan Garansi

Garansi tidak hanya ada untuk bisnis produk saja, bisnis jasa juga bisa menyediakan garansi, termasuk bisnis laundry. Dengan adanya garansi, pelanggan akan lebih percaya untuk membiarkan kamu merawat pakaiannya.

Adapun garansi yang bisa kamu berikan ialah berupa garansi pakaian masih kotor, garansi pakaian rusak, garansi pakaian hilang, dan lain sebagainya. Beberapa garansi ini tentu sangat membantu karena bisa membuat customer yakin jika baju-baju kesayangan mereka berada di tangan yang tepat.

Gunakan Press Plastik

Menggunakan plastik press untuk pakaian yang sudah selesai bisa memberi nilai tambah, lho! Mengapa demikian? Karena inovasi dan kreatifitas yang perlu dalam bisnis dengan menggunakan plastik press pakaian akan terlihat lebih rapi saat diterima pelanggan.

Selain itu, plasti press juga bisa menjaga pakaian tersebut tetap dalam keadaan rapi hingga sampai ke tangan pemiliknya. Jadi, pakaian tersebut akan lebih aman dan terjaga. Meskipun harganya akan sedikit berbeda dengan plastik biasa, tapi pelanggan akan puas dengan pelayanan yang kamu berikan. 

Sediakan Layanan Kilat

Salah satu layanan yang jarang disediakan oleh sebuah jasa laundry adalah layanan kilat. Tidak hanya menyediakan pilihan paket cuci dengan durasi waktu yang singkat, kamu juga bisa sekalian menawarkan jasa antar pakaian tersebut langsung ke rumah customer. 

Layanan ini tentu memiliki harga yang berbeda dengan layanan reguler. Ini bisa jadi daya tarik tersendiri dan memberikan keuntungan lebih untukmu.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalankan Bisnis Laundry

Selain menciptakan sebuah inovasi, agar bisnis laundry bisa berjalan dengan baik kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Kondisi Air

Membuka bisnis laundry tentunya akan selalu berhubungan dengan air. Karena itu, pastikan air yang tersedia berlimpah, tidak memiliki bau, dan tidak kotor. Pasalnya, kondisi air yang kurang baik akan memberikan pengaruh negatif pada hasil cucian nanti. Tentunya hal ini tidak boleh kamu biarkan.

Jumlah Mesin Cuci dan Listrik

Untuk kamu yang baru membuka bisnis laundry, disarankan setidaknya memiliki 2 buah mesin cuci. Tujuannya yaitu agar jika mesin yang satu rusak, masih ada 1 mesin cuci lagi yang bisa kamu andalkan.

Ruangan Khusus

Bagi bisnis laundry yang sudah cukup ramai pelanggan, ada baiknya untuk membuat beberapa ruangan khusus. Mulai dari ruang sortir, ruang cuci, ruang menyetrika, ruang menjemur, hingga ruang penyimpanan. Tujuannya yaitu, agar semua baju-baju tersebut bisa terorganisir dengan baik.

Lokasi Jemuran

Meskipun mesin cuci telah memiliki pengering, kamu tetap membutuhkan ruang khusus untuk menjemur. Pasalnya, mengeringkan pakaian menggunakan mesin biasanya membuat pakaian masih sedikit lembab. Jadi, kamu perlu menjemurnya kembali agar benar-benar kering.

Nah, itulah beberapa inovasi dan kreatifitas yang perlu dilakukan dalam bisnis laundry yang perlu kamu kembangkan. Kamu bisa mulai membuat inovasi dari hal yang paling sederhana terlebih dahulu.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​