Home » Strategi-bisnis » Jenis Promosi Bisnis Laundry untuk Menarik Pelanggan

Jenis Promosi Bisnis Laundry untuk Menarik Pelanggan

Jenis Promosi Bisnis Laundry untuk Menarik Pelanggan

Di tengah aktivitas yang sibuk, banyak orang yang tidak sempat mengerjakan pekerjaan rumah, salah satunya mencuci baju. Hal ini mengakibatkan bisnis laundry menjadi bisnis yang menguntungkan jika dilakukan dengan promosi yang benar. Untuk itu, perlu kamu ketahui, ada jenis promosi pada bisnis laundry yang seringkali menjadi pilihan!

Jenis Promosi Bisnis Laundry

Pada intinya, promosi adalah sebuah upaya untuk melakukan komunikasi kepada para pelanggan dengan tujuan mengenalkan suatu produk. Harapannya, dengan melakukan promosi, para pelanggan tersebut bersedia membeli atau memakai jasa produk yang kamu promosikan. Nah, berikut ini jenis promosi yang dapat kamu pakai:

Traditional Marketing

Jenis pertama yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis laundry milikmu adalah dengan memakai traditional marketing. Sesuai namanya, traditional marketing adalah promosi yang paling lama dan masih eksis hingga sekarang, yaitu dengan menggunakan kertas.

Contohnya adalah koran, brosur, baliho, maupun poster. Berikan desain dan kata-kata copywriting terbaikmu untuk mempromosikan brand bisnis laundry. Setelah itu, cetaklah atau sewa jasa cetak untuk mempromosikannya.

Harga dari tradisional marketing ini juga beragam sesuai media mana yang ingin kamu pilih, contoh:

Koran

Pada Koran, kamu membayar iklan berdasarkan besar mmk (millimeter kolom). Untuk Koran Sindo, harga yang dapat kamu bayar adalah sekitar Rp120 ribu per mmk untuk iklan hitam putih dan Rp185 ribu per mmk untuk iklan berwarna.

Brosur/poster

Kamu dapat mencetak brosur maupun poster di toko Cetak Murah Online pada aplikasi Tokopedia dengan harga Rp180 ribu per 1000 lembar dalam bentuk kertas A5 (1 Sisi).

Baliho

Baliho adalah papan reklame yang seringkali di bangun di bahu-bahu jalan. Iklan tradisional ini akan menampilkan gambar yang besar yang dapat dibaca oleh seluruh orang yang melewati jalan. Kamu dapat menyewa baliho dengan harga sekitar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per bulan.

Digital Marketing

Promosi selanjutnya adalah dari promosi yang seringkali menjadi pilihan akhir-akhir ini di masa globalisasi. Selain cepat, hampir semua orang menggunakan internet hari ini, maka dari itu, penyebaran iklan di dunia digital dinilai lebih cepat jika dibandingkan versi tradisional marketing.

Namun, kamu perlu belajar aspek-aspek digital marketing, agar promosi dapat dijangkau dengan orang dan membuat potensi yang lebih besar untuk bisnis laundry. Pekerjakan karyawan yang menguasai beberapa topik berikut ini:

Data Analysis/Data Science

Karyawan yang menganalisis data digital, mulai dari pemasukan bisnis laundry serta pengeluaran modal, seperti detergen, pewangi, dan lain-lain. Data Analyst atau Data Science berpengalaman memiliki gaji sekitar Rp6 juta sampai Rp20 juta.

Software Development

Tim karyawan yang khusus membuat website ataupun aplikasi penjualan bisnis laundry. Di sini, tidak hanya membuat bisnis mu menjadi lebih profesional, namun transaksi jual beli jasa laundry akan semakin cepat pula. Gaji seorang software development adalah sekitar Rp3 juta sampai Rp25 juta.

Desain Grafis

Promosi yang baik adalah promosi yang dapat menarik perhatian orang dari segi visual. Dengan mengambil karyawan di bidang desain grafis, iklan yang kamu buat tidak terasa membosankan dan tentunya lebih kreatif. Sehingga, mampu menarik perhatian masyarakat.

Gaji seorang desain grafis adalah Rp2 juta sampai Rp15 juta tergantung pengalamannya.

Copywriter

Selanjutnya, kamu juga dapat mempekerjakan karyawan yang bertugas untuk merangkai kata-kata kreatif yang dapat mengenalkan brand dengan baik. Gaji seorang copywriter adalah sekitar Rp250 ribu sampai Rp25 juta tergantung pengalamannya.

Direct Marketing

Jenis promosi yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah direct marketing. Sesuai namanya, direct marketing ini dilakukan dengan cara mempromosikan bisnis secara langsung dengan calon customer. Beberapa contoh dari direct marketing adalah endorsement, metode mouth to mouth, dan personal selling. Berikut ini penjelasannya:

Endorsement

Dengan metode ini, kamu dapat membayar seseorang yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan disekitarnya, contohnya artis atau selebgram. Beberapa selebgram yang dapat kamu pilih adalah Awkarin atau Fadil Jaidi.

Untuk Awkarin, dana yang dapat kamu siapkan untuk mengendorse nya adalah sekitar Rp2 juta untuk satu kali unggahan. Sementara Fadil Jaidi adalah sekitar Rp2,5 juta untuk satu kali Instagram story, Rp5 juta untuk satu foto di feeds, dan Rp8 juta untuk satu video IGTV.

Mouth to Mouth

Metode mouth to mouth termasuk metode gratis, karena hanya memodalkan komitmen untuk melayani pelanggan sampai puas. Ketika puas, para pelanggan tersebut cenderung merekomendasikan bisnis laundry milikmu ke kerabatnya.

Personal Selling

Untuk metode ketiga, kamu dapat menyewa karyawan agar menarik pengunjung ke toko laundry kamu. Sales ini haruslah berpenampilan menarik dan memiliki komunikasi yang cerdas dan memukau.

Gaji seorang sales adalah sekitar Rp3 juta belum termasuk bonus jika mencapai target. Bonus untuk seorang salesman biasanya sekitar 1 kali gaji, yakni Rp3 juta sampai Rp10 juta.

Yuk, Terapkan Promosi yang Tepat untuk Menarik Pelanggan Bisnis Laundry!

Itulah jenis promosi pada bisnis laundry yang dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama untuk bisnis laundry milikmu. Semoga membantu!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Jenis Promosi Bisnis Laundry untuk Menarik Pelanggan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​