Home » Strategi-bisnis » 5 Strategi Promosi Spesial untuk Pelanggan Bisnis Rendang

5 Strategi Promosi Spesial untuk Pelanggan Bisnis Rendang

5 Strategi Promosi Spesial untuk Pelanggan Bisnis Rendang

Apa saja strategi promosi yang bisa kamu berikan untuk pelanggan baru dan lama dalam sebuah bisnis rendang?

Untuk menjadi seorang pemilik bisnis yang sukses, kamu harus memiliki strategi jitu untuk menarik perhatian calon konsumen.

Baik itu konsumen lama maupun baru.

Dengan begitu, daya jual akan mengalami kenaikan secara signifikan. Ini dapat berlaku, jika kamu menggunakan bentuk promosi yang sesuai target pasar pada bisnis kuliner seperti bisnis rendang.


5 Strategi Promosi Spesial untuk Pelanggan Bisnis Rendang

Menjadi salah satu kunci untuk mendatangkan keuntungan, pemasaran harus ada di dalam rencana bisnis.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami bentuk promosi seperti apa yang cocok kamu gunakan untuk berbisnis, terutama pada bisnis makanan rendang.

Nah, berikut penjelasannya:


1. Advertising

Advertising atau periklanan adalah media pemasaran yang banyak pemilik bisnis gunakan untuk mempromosikan produk mereka melalui berbagai platform seperti TV, koran, dan brosur.

Biasanya, penggunaan iklan memiliki biaya yang tidak murah, namun besaran biaya masing-masing platform tentunya berbeda-beda.

Secara umum, cara penyajian iklan sangatlah bervariasi, mulai dari media cetak, tulisan, gambar, maupun video berupa makhluk hidup.

Sebuah iklan bisnis, sebaiknya mampu menampilkan produk atau jasa yang bisnis tersebut tawarkan dengan detail; di mana isinya antara lain harga, alamat, keunikan, dan lain sebagainya.

Meskipun membutuhkan biaya pasang yang tidak murah, namun iklan dapat membangun citra baik untuk bisnis rendang milikmu dalam jangka panjang. Selain itu, promosi iklan juga dapat meningkatkan angka penjualan secara signifikan.

Kegunaan lain dari promosi ini adalah dapat memberikan komunikasi satu arah kepada para pelanggan. Oleh sebab itu, kamu harus membuat iklan yang memiliki isi presentasi publik yang kuat, daya serap tinggi, dan ungkapan yang dapat menarik perhatian publik.

Untuk bisnis rendang, kamu bisa membuat iklan dengan gambar atau video yang berisi rendang. Pastikan kamu menambahkan elemen-elemen unik lainnya, misalnya seperti jargon dari bisnis milikmu yang dapat mengundang minat calon pelanggan.


2. Digital marketing

Kini, era digital semakin banyak berperan dalam kegiatan pemasaran suatu bisnis.

Bahkan, hampir semua orang memiliki alat elektronik yang mampu mengakses beragam media digital. Jadi, tidak heran jika digital marketing menjadi salah satu media promosi bisnis paling populer di kalangan pemilik bisnis kuliner.

Sebagai pemilik bisnis makanan rendang, kamu harus pintar dalam mengelola media sosial sebagai strategi pemasaran digital. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, dan media lainnya.

Bentuk promosi yang satu ini dapat menjangkau pasar lebih luas, karena target pasarnya mencakup berbagai kalangan. Selain itu, biaya pemasangan iklan di media sosial pun jauh lebih terjangkau jika kamu bandingkan dengan TV, koran, radio, atau brosur.


3. Direct marketing

Direct marketing atau promosi secara langsung adalah salah satu bentuk promosi yang efektif untuk kamu coba.

Dengan mempekerjakan seorang Sales Representative, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa cara berkomunikasi dengan pelanggan yang bersifat langsung.

Selain itu, interaksi langsung juga bermanfaat untuk menarik pelanggan agar membeli produk rendang milikmu. Contoh bentuk promosi ini, antara lain menghadirkan restoran, toko, atau gerai untuk mempromosikan makanan rendang tersebut (secara offline).

Pastikan kamu memilih tempat yang strategis, dengan lalu lalang orang yang ramai. Dengan begitu, ada banyak kemungkinan calon pelanggan untuk membeli di tempatmu. Misalnya, lokasi bisnis berada di dekat perkantoran, universitas, sekolah, dan jalan raya.

Dengan menggunakan direct marketing, konsumen akan memiliki penghematan waktu ketika berbelanja di tempatmu karena pelayanan yang disediakan lebih terbuka, jadi proses pun akan terjadi dengan cepat.

Direct marketing juga bisa bermanfaat untuk kamu sebagai penjualnya, yakni kamu dapat memilih calon konsumen dengan lebih selektif. Ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal, dan mampu berinteraksi intens dalam jangka waktu yang panjang.


4. Personal selling

Penjualan perorangan atau personal selling dapat menumbuhkan rasa keyakinan pada calon konsumen.

Mengapa demikian? Karena berbagai pilihan dan tindakan dapat konsumen itu sendiri tentukan. Berbeda dari advertising, bentuk promosi bisnis rendang ini memiliki sifat unik tersendiri.

Melalui promosi personal selling, maka kamu harus melakukan interaksi pribadi. Interaksi bisa berisi dua orang maupun lebih. Dengan begitu, setiap orang dapat lebih mudah dalam menyesuaikan diri dan karakteristik yang mereka butuhkan.

Contoh personal selling, misalnya seperti sesi tanya jawab yang kamu adakan dengan calon pelanggan, baik itu secara langsung atau melalui media sosial.

Bentuk promosi perorangan ini dapat menciptakan hubungan yang bagus antara penjual dan pembeli, bahkan rasa persahabatan pun bisa muncul.


5. Endorsement

Masih berhubungan dengan digital marketing, endorsement masih harus menggunakan media sosial sebagai media promosinya.

Namun, kegiatan endorsement sebaiknya memanfaatkan peran influencer yang relevan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Oleh sebab itu, kamu harus pintar-pintar dalam memilih influencer.

Pastikan bahwa influencer yang kamu pilih memiliki value yang baik, dan masih relevan dengan bisnis rendang milikmu. Dengan begitu, bisnismu akan mendapatkan keuntungan.

Pastikan juga bahwa influencer atau content creator yang kamu ajak kerja sama mampu memberikan nilai tambah yang menguntungkan.

Influencer memiliki pasar yang luas, sebab para pengikut media sosial mereka berasal dari berbagai kalangan.

Biasanya, pengikut akan lebih tertarik jika influencer memang sudah pernah mencobanya. Oleh sebab itu, gunakanlah influencer yang memang mau mencoba produk rendang milikmu dan memberikan ulasan yang baik.


Bentuk Promosi untuk Pelanggan Mana yang Sesuai dengan Bisnis Rendang?

Strategi bisnis yang sukses, tidak akan berhasil jika promosi produk kurang tepat.

Oleh sebab itu, tentukanlah dengan matang bentuk promosi mana yang ingin kamu gunakan untuk memasarkan & mengembangkan bisnis rendang milikmu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Strategi Promosi Spesial untuk Pelanggan Bisnis Rendang

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​