Home » Strategi-bisnis » Kiat Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Kiat Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Ingin memperluas promosi bisnis laundry melalui jasa influencer? Perhatikan 5 kiat dalam memilih influencer yang tepat berikut ini!

Melakukan promosi secara online merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bisnis laundry. Promosi online yang cukup efektif adalah menggunakan jasa influencer. Lalu, bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk melakukan promosi bisnis laundry?

Tipe Influencer yang Cocok untuk Bisnis Laundry

Influencer merupakan orang yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan tren, dicirikan dengan memiliki jumlah pengikut yang banyak di sosial media pribadi mereka. Berikut adalah cara memilih influencer yang tepat untuk melakukan promosi bisnis laundry:

Pilih Influencer dengan Jumlah Followers Aktif yang Banyak

Kiat pertama dan merupakan kiat paling umum adalah memilih influencer dengan jumlah pengikut yang besar. Semakin besar jumlah pengikut sosial medianya, maka akan semakin optimal promosi yang dilakukan melalui influencer tersebut. Namun, biaya yang akan dikeluarkan juga semakin tinggi.

Kamu dapat memilih influencer dengan jumlah pengikut 10 ribu, 100 ribu, hingga jutaan. Berikut adalah beberapa influencer yang memiliki pengikut dengan kisaran tersebut.

  • Influencer dengan pengikut dibawah 100 ribu: @Vintulvee, @Aderara27, @Putripradani97_, dan @Tayish.
  • Influencer dengan pengikut dibawah 1 juta: @Tasyasayeed, @Miraagile, dan @Megaiskanti.  
  • Influencer dengan pengikut jutaan: @Rachelvennya, @Dwihandaanda, @Emyaghnia, dan @Tasyafarasya.

Kamu dapat menyesuaikan jumlah pengikut target influencer dengan kebutuhan atau target promosi bisnis laundry yang kamu jalankan serta budget.

Pilih Influencer yang Punya Latar Belakang Ibu Rumah Tangga

Selanjutnya adalah memilih influencer dengan latar belakang ibu rumah tangga. Laundry merupakan bisnis yang identik dengan pekerjaan rumah tangga. Sehingga, akan lebih relevan apabila mempromosikan bisnis melalui influencer yang memiliki keseharian sebagai ibu rumah tangga.

Tentunya, para pengikut influencer tersebut rata-rata adalah ibu rumah tangga juga yang mencari inspirasi tren. Sehingga, akan sangat memungkinkan bagi bisnis kamu dapat menyentuh target pasar

Beberapa influencer yang memiliki latar belakang ibu rumah tangga, seperti @Dwi Handayani, @Tasyi Atasyia, @Nisa Cookie, @Joyagh, @Helminursifah, atau @Nanda Arsyinta.

Pilih Influencer Membuat Konten Kreatif dengan Kualitas Baik

Selanjutnya adalah memilih influencer yang mampu membuat konten kreatif dengan kualitas maksimal. Sebagai pebisnis, tentunya kamu akan mengharapkan produk yang kamu berikan pada influencer dapat dipromosikan secara maksimal. Namun, terkadang ada beberapa influencer yang hanya mempromosikan seadanya.

Berikut adalah beberapa tips untuk melihat kualitas konten promosi influencer:

  • Melakukan pengunggahan konten promosi dengan jumlah terbatas per harinya. Hal ini akan meminimalisir kejenuhan audiens.
  • Menggunakan kamera berkualitas baik. 
  • Membuat konten promosi dengan konsep yang selalu berbeda setiap brand nya.
  • Bukan mengunggah konten hasil review influencer lain.
  • Bukan sekadar mengunggah poster bisnis.

Diantara banyaknya influencer, beberapa influencer yang selalu membuat konten kerjasama promosi yang segar, menarik dan berkualitas baik adalah Nanda Arsyinta, Aghnia Punjabi, Musdalifah Basri, dan Tasya Farasya.

Lihat Engagement Akun Influencer Satu Minggu Kebelakang 

Engagement merupakan tingkat performa sebuah akun sosial media dalam kurun waktu tertentu. Engagement seorang influencer akan sangat mempengaruhi hasil kerjasama promosi dengan suatu bisnis. Oleh karena itu, sebelum melakukan kerjasama, kamu perlu memperhatikan engagement akun influencer.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai kerjasama bisnis adalah:

  • Konsistensi influencer dalam membuat konten. Terkadang, karena ada suatu alasan pribadi, para influencer menghentikan sementara pembuatan konten. Sebaiknya, kamu tidak melakukan promosi pada saat tersebut.
  • Ada atau tidaknya isu dan konflik. Isu dan konflik negatif pada seorang influencer akan menggiring opini buruk, bahkan pada brand yang akan dipromosikan. Maka, hindari influencer yang sedang terjerat isu atau konflik.
  • Jumlah likes, views, dan comment pada 10 postingan terakhir. Apabila influencer tersebut memiliki jumlah likes, views, dan comment yang konsisten tinggi, maka akan besar kemungkinan produk yang akan kamu promosikan juga memiliki hal serupa.

Untuk mengetahui lebih banyak terkait bagaimana sistem engagement sosial media, kamu dapat mempelajarinya melalui video berikut ini

Pilih Rate Card Influencer yang Sesuai dengan Budget

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah memilih rate card influencer yang sesuai dengan budget promosi yang kamu rencanakan. Rate card adalah besarnya biaya yang kamu berikan untuk melakukan promosi dengan influencer berdasarkan hitungan per konten.

Rate card influencer akan berbeda-beda tergantung pada banyaknya pengikut, kualitas konten, hingga engagement sosial media influencer. Namun, biasanya influencer tidak menyebutkan rate card secara gamblang pada sosial media mereka. Berikut adalah cara untuk mengetahui rate card influencer:

  • Menanyakan pada bisnis yang sempat bekerja sama dengan influencer bersangkutan.
  • Bertanya melalui akun manager dari influencer bersangkutan.
  • Menanyakan melalui email bisnis influencer bersangkutan.

Namun, sebagai gambaran, rata-rata rate card influencer dengan jumlah pengikut di atas 100 ribu berkisar Rp2.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00 per satu post Instagram story.

Siapa Influencer Pilihanmu untuk Kembangkan Bisnis Laundry?

Ulasan tadi merupakan tips dan cara untuk memilih influencer yang sesuai pada bisnis laundry. Selain meningkatkan promosi, mengembangkan bisnis laundry juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Untuk itu, jangan bosan dan tetap semangat dalam mengembangkan bisnis mu, ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kiat Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​