Home » Strategi-bisnis » Trik Perluas Target Pasar Baru Bisnis Laundry Lewat Online

Trik Perluas Target Pasar Baru Bisnis Laundry Lewat Online

Trik Perluas Target Pasar Baru Bisnis Laundry Lewat Online

Sebuah jenis bisnis perlu terus memperluas pasar demi bertahan dan berkembangnya bisnis. Dalam hal bisnis laundry, terdapat beberapa trik jitu untuk perluas target pasar baru melalui online dalam bisnis laundry yang dapat kamu tempuh.

Trik Jitu Perluas Target Pasar Baru Bisnis Laundry

Semakin modernnya masyarakat, informasi menyebar luas melalui online atau internet. Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu jeli untuk memanfaat semua kanal di internet dengan optimal. Yuk, lakukan beberapa hal berikut ini:

Menandai Lokasi Bisnis Laundry di Google Maps 

Ini adalah langkah pertama dan paling penting, yaitu menandai lokasi bisnis laundry mu di Google Map. Pasalnya, dengan cara inilah konsumen akan mudah menemukan lokasi bisnismu.

Sebagai pebisnis, kamu perlu membuat akun Google My Business (GMB). Dengan akun ini, kamu tidak hanya dapat menandai lokasi bisnis, tetapi juga dapat menjawab pertanyaan konsumen, menerima ulasan, hingga mengunggah info atau update terkini tentang bisnis.

Cara untuk membuat akun GMB adalah dengan berkunjung ke laman https://business.google.com/create. Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi tentang bisnis, antara lain nama dan deskripsi, jenis layanan, jam operasional, lokasi, dan beberapa foto.

Google kemudian akan mengirim kode verifikasi via surat ke alamat bisnismu dalam waktu sekitar 7 hari. Setelah kamu memasukkan kode tersebut, laman GMB bisnis laundry mu sudah aktif. Konsumen pun sudah bisa melihat bisnismu pada Google Map.

Mengembangkan Website

Cara berikutnya adalah mengembangkan website untuk bisnis laundry. Kamu dapat berkunjung ke website milik LaundryKlin untuk mempelajari seluk beluk website untuk bisnis laundry.

LaundryKlin memanfaatkan website untuk menyebarkan informasi pada pelanggan tentang bisnis laundry. Mulai dari sejarah bisnis, visi dan misi, value, serta letak outlet.

Tak hanya itu, LaundryKlin menyediakan menu blog. Di laman ini pelanggan dapat menemukan artikel-artikel edukatif berkaitan dengan dunia bisnis laundry hingga bagaimana menghadapi kutu.

Mengembangkan website adalah strategi yang baik untuk meluaskan target pasar, karena website dapat diakses dari manapun. Semua informasi di website juga akan membuat konsumen percaya bahwa bisnis laundry mu sudah profesional.

Optimalkan WhatsApp

Jika kamu sudah cukup lama menjalankan bisnis laundry, kamu pasti sudah pernah dihubungi oleh para pelanggan melalui aplikasi WhatsApp. Biasanya, keperluan mereka adalah menanyakan jam operasional hingga apakah bisa mencuci produk pakaian tertentu.

Artinya, para pelanggan sudah menyimpan nomor kontak bisnismu, sehingga apapun yang kamu update melalui WhatsApp akan dapat mereka lihat. Sebagai pebisnis, kamu harus memanfaatkan hal ini.

Kamu dapat menyebarkan informasi tentang bisnis laundry secara rutin. Tidak perlu mengunggah konten promosi yang berat, misalnya kamu cukup mengunggah gambar berisi informasi jam operasional dan jenis-jenis layanan laundry.

Cara ini akan menciptakan kesan bahwa bisnis laundry mu selalu aktif dan responsif, sehingga para pelanggan juga tidak akan segan merekomendasikan layanan bisnismu pada kolega mereka. Sehingga, target pasar baru untuk bisnis laundry kamu pun semakin meluas.

Aktif di Media Sosial

Dalam hal memperluas target pasar baru melalui online, dapat dibilang bahwa aktif di media sosial adalah ujung tombak strategi. Pada awal tahun 2022, tercatat bahwa pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta orang.

Orang-orang di Instagram dengan radius lokasi hingga 3 kilometer adalah potensi pelanggan baru bagi bisnis laundry mu. Dengan Instagram, kamu akan mudah menjangkau mereka, memberi tahu bahwa bisnismu ada, dan berada di dekat mereka.

Bisnis laundry yang telah benar-benar memanfaatkan Instagram adalah Four Laundry Menteng Dalam. Melalui Instagram, brand laundry yang satu ini tidak hanya menginformasikan tentang layanan antar jemput gratis dan jam operasional.

Four Laundry bahkan kerap mengunggah video proses pencucian pakaian dan sepatu di Instagram. Strategi ini tentu perlu kamu coba untuk memperluas pasar. Karena transparansi proses kerja dalam layanan laundry tentu membuat orang-orang dapat menilai sendiri kualitas layanan yang tersedia.

Membuat Konten Promosi

Menyambung dari poin sebelumnya tentang mengoptimalkan media sosial, kamu juga dapat membuat konten promosi untuk mendapatkan para pelanggan baru.

Sebagai contoh, kamu dapat berkunjung ke akun Instagram Bubble Klin laundry. Bubble Klin laundry membuat promosi diskon 20% setiap tanggal 20 untuk konsumen yang memberi ulasan bintang 5 pada Bubble Klin.

Bermodal ulasan positif, Bubble Klin tentu akan mudah memenangkan hati para calon konsumen untuk mencoba layanan mereka.

Ide promosi lainnya adalah bekerjasama dengan nama besar. Kamu dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh cleanlablaundry.

Melalui akun Instagramnya, brand bisnis ini menginformasikan bahwa konsumen bisa menukar Go Point dan mendapat diskon 50% untuk layanan tertentu. Sebelumnya, mereka juga mengunggah informasi diskon Rp20.000,00 dengan menukar Traveloka Point.

Strategi ini tentu memperbesar kemungkinan para calon konsumen untuk tertarik mencoba layanan laundry, karena dapat memanfaatkan poin yang mereka memiliki di aplikasi lain.

Yuk, Perluas Target Pasar Baru Bisnis Laundry Kamu!

Bisnis laundry adalah bisnis dengan persaingan yang ketat. Bagaimana tidak, kamu dapat menemukan bisnis ini dengan jarak beberapa ratus meter satu dengan lainnya. Oleh karena, itu sebagai pemilik bisnis kamu perlu perluas target pasar baru bisnis laundry mu melalui media online.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Trik Perluas Target Pasar Baru Bisnis Laundry Lewat Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​