Home » Strategi-bisnis » Strategi Membuat Brand Identity untuk Bisnis Laundry

Strategi Membuat Brand Identity untuk Bisnis Laundry

Strategi Membuat Brand Identity untuk Bisnis Laundry

Bagaimana cara membuat brand identity yang tepat untuk sebuah bisnis laundry?

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis laundry yang kamu jalankan adalah dengan memiliki brand yang mudah dikenali oleh konsumen, serta relevan.

Pasalnya, dengan memiliki identitas brand yang sesuai dengan karakteristik target konsumenmu, bisnis laundry akan dapat lebih mudah diterima oleh mereka.

Brand yang bisa diterima, akan lebih cepat mengubah calon konsumen menjadi konsumen yang setia.

Jadi, kamu tidak bisa sembarangan loh dalam membangun sebuah brand bisnis.

Lantas, bagaimana cara membuat brand identity yang baik & tepat untuk bisnis laundry?


Strategi Membangun Brand Identity untuk Bisnis Laundry

Sebuah brand identity yang konkret serta sesuai dengan karakteristik target konsumen tentu akan lebih mudah diterima oleh kelompok konsumen tersebut.

Selain itu, brand identity juga dapat membantu membangun kepercayaan antara konsumen dengan bisnis laundry.

Nah, berikut adalah ulasan tahap-tahap menyiapkan brand identity yang relevan untuk sebuah bisnis laundry milikmu.

Yuk, disimak!


1. Brand Identity: Apakah Itu?

Pertama-tama, kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai definisi dari brand identity.

Brand identity adalah elemen-elemen yang digunakan untuk membentuk sebuah identitas yang ingin ditunjukkan oleh sebuah bisnis.

Sebagai contoh, jika kamu adalah seorang mahasiswa di kampus, yang ingin terlihat ramah & supel, tentu saja hal yang kamu lakukan adalah dengan banyak bergaul.

Kamu bisa mulai aktif menyapa sesama mahasiswa, mengenakan model pakaian yang mirip, menggunakan buku & laptop yang sama, dan bergabung dengan komunitas-komunitas mahasiswa lain.

Nah, elemen-elemen seperti model pakaian, buku, laptop, dan komunitas mahasiswa itulah yang disebut sebagai brand identity.

Dengan menggunakan & melekatkan elemen-elemen tersebut pada dirimu, maka identitas yang tercipta pada dirimu adalah mahasiswa yang ramah serta mudah bergaul.

Jika sudah seperti itu, kamu akan lebih mudah menemukan teman & kelompok yang memiliki karakter serta identitas yang sama, dan mereka pun akan senang juga berkenalan & berteman denganmu.

Itulah konsep utama dari sebuah brand identity; untuk menarik perhatian kelompok konsumen yang memiliki karakter serta identitas yang serupa, dan membuat mereka menerima kehadiran bisnismu.


2. Mengembangkan Brand Design

Selanjutnya, dalam mengembangkan brand identity pada sebuah bisnis, tentu kamu perlu membuat desain brand yang sesuai.

Ada beberapa aspek dalam brand yang perlu kamu perhatikan saat membangun brand identity.

Tipografi

Pada tipografi, kamu perlu menentukan desain & jenis font yang akan digunakan.

Terdapat empat tipe tipografi yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah brand; Serif (Times New Roman, Garamond), Sans serif (Helvetica, Franklin Gothic), Script (Allura, Pacifico), dan Display.

Kamu perlu menentukan jenis font mana yang sesuai dengan identitas brand bisnismu, bukan berdasarkan mana font yang kamu sukai, ya.

Warna

Begitu juga dengan pemilihan warna.

Warna apa yang sesuai dengan konsep bisnis laundry?

Kamu perlu memperhatikan juga kesan yang ditampilkan dari setiap warna tersebut, ya.

Bentuk

Aspek yang terakhir ini lebih fokus pada bentuk logo dari brand yang akan kamu buat.

Bentuk lingkaran, kotak, segitiga, atau bahkan garis vertikal dan horizontal, semua memiliki maknanya tersendiri.


3. Menampilkan Brand Identity

Nah, jika kamu sudah sukses menemukan desain brand identity yang tepat, sekarang waktunya menampilkan identitas tersebut ke beragam elemen yang berkaitan & relevan dengan bisnis laundry milikmu.

Logo adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen, maka dari itu desain logo adalah hal yang sangat penting.

Desain logo bisnismu haruslah sesuai dengan brand identity yang sudah ditentukan sebelumnya.

Buatlah visualisasi logo yang jelas, sederhana, tidak lekang oleh waktu, dan pastikan bentuknya juga sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, ya.

Website bisnis

Situs resmi bisnismu (jika ada) juga harus didesain sesuai dengan tema brand yang kamu usung.

Mulai dari pemilihan warna, peletakan logo, serta pemilihan jenis huruf; semua sebaiknya disesuaikan dengan desain brand yang kamu telah tentukan sebelumnya.

Jika kamu kurang menguasai bidang ini, ada baiknya kamu menyewa jasa seorang website developer, untuk membantumu membuat website yang sesuai dengan brand, sekaligus responsif, dan mudah diakses oleh siapa saja.

E-mail & metode komunikasi lainnya

Tidak hanya mengenai visualisasi, brand identity juga mencakup penulisan pesan & bagaimana pesan itu disampaikan.

Seperti contoh mahasiswa di atas, tentu kamu akan dianggap supel & ramah jika gaya bahasamu santai serta tidak formal, bukan?

Sebaliknya, jika kamu ingin dikenal sebagai orang yang sopan & berwibawa, tentu gaya bahasamu akan berbeda dengan gaya bahasa mahasiswa tersebut.

Nah, hal itu pula yang perlu kamu perhatikan pada saat berkomunikasi dengan konsumen.

Jika persona identitasmu adalah brand yang formal & sopan, tentu gaya membalas pesan kepada konsumen menggunakan bahasa yang baik & sopan.

Metode komunikasi ini mencakup e-mail, layanan chatcopywriting, dan lainnya.

Kartu nama & brosur

Kartu nama & brosur biasanya mencakup gaya penulisan serta desain visual yang menarik.

Supaya senada dengan elemen bisnis yang lain, kamu bisa menggunakan jasa desainer grafis & copywriter untuk membuat desain dan tulisan yang tepat di kartu nama, serta di brosur bisnis laundry milikmu.


Sudah Paham Cara Membuat Brand Identity untuk Bisnis Laundry?

Itulah pembahasan singkat mengenai cara membuat brand identity yang tepat untuk bisnis laundry yang sedang kamu jalankan.

Mulai dari memahami apa itu definisi dari brand identity, mengembangkan desain brand, serta menerapkan desain kepada beragam elemen, yang pada akhirnya akan menampilkan brand identity dari bisnismu.

Ingat, tidak semua kegiatan branding di atas perlu kamu lakukan sendiri, ya.

Kamu bisa menyewa jasa brand specialist untuk membantumu menyiapkan identitas brand yang sesuai dengan konsep bisnis serta segmentasi pasar.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Membuat Brand Identity untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​