Home » Strategi-bisnis » Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Laundry, Kamu Harus Waspada!

Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Laundry, Kamu Harus Waspada!

Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Laundry, Kamu Harus Waspada!

Apapun jenis usahanya, kamu tidak akan pernah bisa menghindari kompetitor. Justru kompetitor akan semakin banyak dan persaingan bisnis akan semakin ketat, termasuk dalam bidang laundry. Karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi kompetitor bisnis laundry

Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Laundry

Kompetitor tidak selalu memberikan dampak negatif, karena mereka juga dapat memacu kamu untuk berusaha melakukan inovasi. Berikut adalah cara mengatasi kompetitor bisnis laundry yang bisa kamu coba terapkan:

Lakukan Promosi Secara Konsisten

Cara mengatasi kompetitor bisnis laundry pertama adalah dengan melakukan promosi secara konsisten. Konsistensi ini sangat penting, agar jasa kamu tidak mudah dilupakan oleh konsumen. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media pemasaran, contoh platform yang paling efektif adalah media sosial. 

Jangan hanya menggunakan satu media sosial saja! Alangkah lebih baik jika kamu melakukan promosi secara multi platform. Contohnya, kamu menggunakan media sosial Instagram dan TikTok. 

Misalnya, untuk Instagram kamu bisa membuat konten informatif seperti tips,  keunggulan jasa yang kamu berikan, atau testimoni dalam bentuk gambar visual. Contoh bisnis laundry yang kontennya bisa menjadi inspirasi adalah FreshLab dan  Simply Fresh Laundry

Sedangkan untuk TikTok kamu bisa membuat konten proses mencuci atau menyetrika, cara packing, dan masih banyak lagi. Contoh bisnis laundry yang juga membuat konten serupa adalah Rosa Laundry

Agar kamu bisa mengunggah konten secara konsisten dan tidak hanya terfokus pada satu platform dan melupakan yang lainnya, kamu bisa membuat content planner. Umumnya kamu bisa membuat planner manual di Google Sheet atau Microsoft Excel.

Namun, saat ini sudah banyak situs yang menyediakan template content planner secara gratis. Contohnya adalah situs Hubspot. Kamu bisa memilih jenis planner mana yang paling kamu sukai dan paling mudah untuk kamu gunakan. 

Cobalah Sesuatu yang Baru dan Unik

Sesuatu yang baru dan unik pasti akan menarik lebih banyak perhatian. Kamu bisa mencoba untuk membuat inovasi yang bisa menarik dan memudahkan konsumen, serta jarang dimiliki oleh kompetitor. 

Misalnya, kebanyakan bisnis laundry akan membuat website sebagai tempat agar konsumen bisa melihat informasi seputar brand dan jasa mereka. Karena itu, agar lebih berbeda dan inovatif, kamu bisa mencoba membuat website tempat konsumen bisa melihat informasi jasa sekaligus melakukan pesanan dan memantau barangnya. 

Jadi, ketika konsumen ingin menggunakan jasa kamu, mereka tidak perlu secara manual menghubungi lewat telepon, chat di platform lain, atau mendatangi kios. Mereka bisa secara mudah melakukan login di website dan memesan jasa laundry. Kamu bisa memberikan pilihan layanan antar jemput yang semakin memudahkan konsumen.

Setiap laporan laundry mengenai barang yang sudah sampai di kios, diproses, sudah selesai, diantar, dan lain sebagainya akan tercatat dalam setiap akun konsumen. Barang-barang yang dicuci juga akan tertulis secara lengkap, sehingga risiko kehilangan konsumen akan lebih kecil.

Namun, tentu kamu membutuhkan modal lebih jika ingin membuat website dengan fitur yang lengkap. Umumnya biaya pembuatan website adalah sekitar Rp237.600,00-R2.750.000,00 per tahun. 

Setiap jenis website akan mematok biaya yang berbeda-beda dan semakin lengkap fitur website, biayanya juga akan semakin mahal.

Inovasi lain yang lebih sederhana, kamu bisa memberikan berbagai pilihan jenis parfum. Semakin banyak, maka semakin baik, contohnya baccarat, snappy, lily, dan lainnya. Jadi, setiap konsumen bisa memilih jenis parfum mana yang paling sesuai dengan seleranya. Meskipun terdengar sepele, hal ini bisa menjadi nilai plus bisnis.

Berikan Promo Menarik

Cara mengatasi kompetitor bisnis laundry selanjutnya adalah dengan memberikan berbagai promo menarik untuk konsumen. Menurut situs Tools Group, 91% konsumen mengatakan promosi seperti diskon dan kupon sangat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. 

Karena itu, kamu bisa mencoba untuk memberikan berbagai penawaran diskon sebagai reward untuk pelanggan lama atau memberikan diskon untuk pelanggan baru. Kamu juga bisa memberikan kupon, contohnya setiap pembelian yang ke sepuluh, konsumen akan mendapatkan kupon potongan harga sebesar 50%, dan sebagainya.

Selain diskon atau kupon, kamu juga bisa memberikan bonus berupa barang. Contohnya, memberikan tas laundry dengan logo brand setiap mencuci dengan berat lebih dari 5 kg. Meskipun sederhana dan tidak mahal, konsumen pasti tetap akan merasa dihargai apalagi barang tersebut juga akan berguna untuk mereka.

Tingkatkan Layanan dan Fasilitas

Layanan dan fasilitas yang baik dalam sebuah bisnis adalah aspek yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Dalam aspek layanan, kamu bisa mencoba meningkatkan hal-hal, seperti ketepatan waktu pakaian konsumen dapat selesai, kerapian packaging, hingga harum atau tidaknya pakaian.

Contohnya, untuk masalah ketepatan waktu, sebaiknya sejak awal kamu menginformasikan pelanggan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan laundry. Misalnya, sejak awal kamu mengklaim bahwa laundry dapat selesai dalam waktu 7 jam, maka jangan sampai kamu mengingkarinya.

Sedangkan untuk aspek fasilitas, sebuah bisnis juga akan jauh lebih maju jika kamu memiliki peralatan yang bagus dan mendukung pekerjaan. Peralatan yang berkualitas juga merupakan investasi terbaik dalam bisnis laundry.

Misalnya, untuk sebuah mesin cuci, kamu harus bisa memilih jenis mesin yang awet dan berkapasitas besar. Karena itu, kamu harus memperhatikan bahwa kamu memiliki modal yang cukup. Salah satu rekomendasi mesin cuci yang cocok untuk bisnis laundry adalah LG Inverter F8007NMCW yang dibanderol sekitar Rp4.775.000,00. 

Sudahkah Kamu Mengatasi Kompetitor Bisnis Laundry dengan Tepat?

Itulah cara mengatasi kompetitor bisnis laundry. Kompetitor memang merupakan sebuah ancaman untuk usaha kamu. Namun, agar kamu tidak merasa takut dan minder, anggaplah kompetitor sebagai pemacu agar bisnis semakin berkembang. Asalkan kamu mampu menerapkan cara yang tepat, bisnis pasti akan tetap lancar!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Laundry, Kamu Harus Waspada!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​