Home » Strategi-bisnis » Begini Cara agar Brand Bisnis Laundry Mudah Dikenali

Begini Cara agar Brand Bisnis Laundry Mudah Dikenali

Begini Cara agar Brand Bisnis Laundry Mudah Dikenali

Bagaimana cara membuat brand bisnis laundry milikmu mudah dikenali oleh banyak orang?

Salah satu tantangan terbesar di saat kamu merintis sebuah bisnis adalah mengenalkan brand-mu ke masyarakat luas.

Pasalnya, hal ini penting untuk dilakukan agar bisnismu bisa lebih mudah diterima masyarakat, dan bisa mulai berkembang.

Bagaimana bisnismu bisa mendapatkan pemasukan & keuntungan jika hanya dikenal oleh sedikit orang?

Maka dari itu, kamu perlu membuat bisnismu menjadi mudah dikenali, terutama oleh para calon konsumen.

Lantas, bagaimana caranya?


4 Cara agar Brand Bisnis Laundry Mudah Dikenali

Semakin mudah brand bisnismu dikenali oleh konsumen, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk memasarkan produk/jasa bisnis tersebut.

Hal ini tentunya juga berlaku untuk bisnis laundry.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa segera kamu terapkan agar brand bisnismu mudah dikenali oleh target konsumen.

Silakan disimak!


1. Branding

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat identitas brand yang sesuai dengan karakteristik kelompok konsumen yang menjadi target penjualanmu.

Siapa sajakah mereka?

Apakah pekerja kantoran dan mahasiswa, atau bapak/ibu rumah tangga yang tidak memiliki ART?

Kamu perlu menyesuaikan brand bisnis dengan preferensi para calon konsumen tersebut. Hal ini meliputi nama brand, logo, slogan atau tagline, dan berbagai elemen identitas brand lainnya.

Ini perlu dilakukan agar para calon konsumen merasa memiliki kesamaan, antara kebutuhan mereka dengan jasa laundry yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, mereka akan selalu mengasosiasikan kegiatan laundry dengan bisnismu.

Secara tidak langsung, brand bisnis laundry milikmu akan menjadi mudah dikenali, dan dikaitkan dengan sebuah penyedia jasa laundry.


2. Aktif di media sosial

Jika bagian branding-mu sudah siap, maka sudah waktunya kamu mulai aktif di media sosial.

Gunakanlah berbagai media sosial yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok.

Setelah itu, kamu bisa menyusun agenda konten, dan mulai aktif mengunggah berbagai konten yang berkaitan dengan brand bisnis laundry milikmu di sana.

Supaya lebih fokus, ada baiknya juga jika kamu menugaskan seseorang yang bisa mengelola semua akun bisnis tersebut secara profesional.

Selain untuk mengunggah konten (foto & video), kamu pun dapat beriklan & berkomunikasi dua arah dengan para pengguna platform lainnya melalui media sosial tersebut.

Semakin aktif kamu mengunggah konten, serta semakin banyak pengguna yang berinteraksi dengan akunmu, maka akan semakin disebar pula konten-konten tersebut oleh setiap platform.

Alhasil, brand bisnis laundry milikmu akan lebih luas dalam menjangkau pengguna media sosial, serta semakin mudah dikenali.


3. Program promo & potongan harga

Cara berikutnya yang bisa membuat brand bisnis mudah dikenali adalah dengan memberikan promo & potongan harga yang unik, secara berkala.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan skema promo 3 kali cuci gratis 1 kali cuci, ditambah dengan layanan delivery gratis, untuk beberapa bulan pertama.

Promo ini bisa kamu tampilkan juga di unggahan konten media sosial, serta iklan berbayar.

Dengan begitu, brand bisnis laundry akan dikenal sebagai bisnis yang memberikan program gratis cuci.

Hal yang sama bisa kamu lakukan juga dengan memasang skema potongan harga.

Misalnya dengan memberikan potongan harga sebesar 15% setiap konsumen memesan layanan laundry pada hari Senin.

Cara-cara seperti ini akan membuat konsumen merasa perlu mengingat promo yang menguntungkan mereka, dan secara tidak langsung membuat mereka harus mengingat juga brand bisnismu.


4. Kinerja yang profesional

Cara terakhir yang bisa membuat brand bisnis laundry mudah dikenali adalah tentu saja memberikan pelayanan yang prima kepada para konsumen.

Kualitas pekerjaan yang baik & pelayanan yang handal tentu akan membuat banyak konsumen merasa puas; dan jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, maka brand bisnis pun akan diasosiasikan dengan sebuah bisnis yang berkualitas.

Sebagai contoh, kualitas laundry yang selalu baik, bersih, wangi, serta diselesaikan sesuai waktu yang telah dijanjikan.

Seandainya terjadi suatu masalah, bisnismu bisa segera menyelesaikannya.

Jika ada konsumen yang ingin mendapatkan suatu informasi, bisnismu bisa langsung memberi respon & jawaban yang dibutuhkan.

Hal-hal tersebut akan lebih mudah diingat oleh para konsumen, dan membuat mereka mengaitkannya dengan brand bisnismu.

Kalau sudah seperti itu, jelas nama brand-lah yang akan diingat & mudah dikenali untuk waktu yang lama.

Namun, jika bisnismu memiliki kinerja yang kurang baik, serta pelayanan yang kurang memuaskan, bukan tidak mungkin kesan buruklah yang akan menempel pada nama brand.

Nah, jika itu yang terjadi, maka akan semakin mudah pula brand bisnis laundry milikmu dianggap tidak profesional.

Oleh karena itu, jaga terus kualitas & kinerja baik dari bisnismu, ya.


Sudah Siap Membuat Brand Bisnis Laundry agar Mudah Dikenali?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat brand bisnismu mudah dikenali oleh masyarakat luas.

Sebenarnya, membuat sebuah brand menjadi dikenal banyak orang adalah perkara yang tidak sulit.

Namun, tantangan terbesarnya adalah membuat brand menjadi mudah dikenali karena kualitas kinerja serta pelayanannya yang handal.

Maka dari itu, kamu harus selalu disiplin dalam menjaga kualitas serta profesionalitas dalam menjalankan bisnis laundry, ya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Begini Cara agar Brand Bisnis Laundry Mudah Dikenali

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​