Home » Strategi-bisnis » Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Laundry Agar Ramai

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Laundry Agar Ramai

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Laundry Agar Ramai

Melakukan pemasaran secara digital tak dapat dilewatkan oleh para pelaku bisnis dewasa ini. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi digital marketing untuk bisnis laundry yang tepat.

Strategi Jitu Digital Marketing Bisnis Laundry

Kondisi masyarakat modern yang lebih mudah dijangkau secara digital adalah alasan utama setiap pebisnis laundry perlu gencar memasarkan bisnis secara digital. Berikut ini strategi jitunya untukmu:

Optimalkan Semua Media

Strategi digital marketing yang pertama adalah mengoptimalkan semua media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga Tiktok. Hal ini penting, karena kamu dapat menjangkau berbagai pelanggan melalui media yang berbeda tersebut.

Sebagai contoh, melalui media sosial Tiktok kamu dapat menjangkau para kaum muda, seperti mahasiswa kost yang membutuhkan jasa laundry. Sedangkan untuk pelanggan pekerja, mungkin lebih banyak ditemukan di Instagram.

Untuk mempermudah strategi marketing, kamu dapat membuat konten yang kompatibel untuk berbagai media sosial. Sehingga, kamu dapat menghemat energi dan biaya pembuatan.

Kamu dapat membuat foto atau video portrait dengan ukuran 4:5 atau 1080×1350. Ukuran ini sesuai untuk status WhatsApp, Instagram Story, hingga Tiktok.

Buat Konten Marketing yang Informatif

Tujuan dari marketing adalah menyampaikan pesan pada para pelanggan untuk meningkatkan minat bertransaksi dengan sebuah bisnis. Oleh karena itu, kamu perlu membuat konten marketing yang informatif agar para pelanggan memberi perhatian hingga akhirnya melakukan transaksi dengan bisnis laundry mu.

Kamu perlu membuat konten informasi dasar tentang bisnis laundry kamu, seperti lokasi bisnis, jam operasional, jadwal antar jemput, macam-macam parfum laundry, dan sebagainya.

Hal sederhana seperti menginfokan bahwa bisnis kamu tetap buka di hari besar juga penting untuk kamu sampaikan. Selain membantu pelanggan mengatur jadwal mencuci pakaian, informasi semacam ini dapat menjadi kelebihan bisnismu dibanding kompetitor.

Sebagai contoh, ONS Laundry, membuat sorotan cerita pada akun Instagram bisnisnya mengenai semua informasi dasar yang perlu pelanggan ketahui.

Ajak Pelanggan Merespon

Strategi selanjutnya, buat juga konten yang mengajak pelanggan untuk merespon. Komunikasi dua arah antara bisnis laundry kamu dengan pelanggan akan membuat pelanggan lebih mudah terikat secara emosional.

Salah satu caranya adalah kamu dapat memanfaatkan fitur polling pada Instagram Story. Misalnya, buat kuis tentang kapan waktu yang tepat untuk mengganti sprei. Setelah itu, kamu dapat menginformasikan jawaban yang benar.

Agar kamu mendapatkan banyak respon, kamu juga dapat menawarkan voucher diskon untuk pelanggan yang menjawab dengan tepat.

Mengajak pelanggan merespon konten juga pernah dilakukan oleh MaMit’s Laundry. Brand yang khusus menyediakan fasilitas cuci tas ini pernah menanyakan pada pelanggan, apakah sudah bosan dengan warna tas yang dimiliki saat ini?

Admin yang Komunikatif

Tampak sebagai hal yang sederhana dan memang semestinya demikian. Namun, ternyata hal ini sering terlewatkan oleh para pelaku bisnis. Padahal ini adalah strategi digital marketing paling mendasar, yaitu admin komunikatif.

Komunikatif yang dimaksud di sini adalah respon yang cepat, ramah, dan menyampaikan semua informasi yang pelanggan butuhkan. Dalam bisnis laundry, informasi yang kerap ditanyakan misalnya tentang status laundry.

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu memastikan bahwa admin selalu siap sedia untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Sebagai contoh, Cotton Wash Laundry membuat link pada bio Instagram untuk memudahkan para pelanggan yang ingin berkomunikasi dengan admin.

Program Promosi

Strategi digital marketing selanjutnya adalah membuat program promosi. Program paling umum yang dilakukan oleh bisnis laundry adalah gratis mencuci setelah mencuci beberapa kilo.

Contoh yang sudah melakukan hal ini adalah Cotton Wash Laundry. Selain dalam bentuk voucher gratis mencuci, brand ini juga pernah memberikan voucher diskon 20% untuk pelanggannya.

Ide program promosi lain yang dapat kamu lakukan adalah mengajak pelanggan untuk terlibat dalam promosi itu sendiri. Hal ini dilakukan oleh Bubble Klin yang memberikan diskon 20% bagi pelanggan yang memberi ulasan bintang 5.

Selain kedua contoh di atas, kamu juga dapat membuat program menarik lain, seperti giveaway dan membership, misalnya.

Beriklan Secara Digital

Beriklan secara digital, seperti memanfaatkan Instagram Ads, lebih efektif daripada sekedar mengunggah konten. Alasannya, dengan beriklan, konten promosi yang kamu buat akan dilihat oleh lebih banyak orang dengan target yang jelas.

Misalnya, kamu dapat menentukan usia dan minat target pasar agar konten promosi yang kamu buat benar-benar sampai kepada target pasar yang sesuai.

Langkah pertama untuk memanfaatkan Instagram Ads adalah mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis melalui menu pengaturan akun. Setelah itu, fitur iklan akan muncul di bawah setiap konten yang kamu unggah.

Sebagai gambaran, biaya beriklan secara digital ini dibedakan menjadi dua, yaitu cost-per-click (CPC) dan cost-per-impression (CPM). Ketika akan mengiklankan sebuah konten, kamu akan memilih salah satu metode biaya ini.

Pada metode CPC, kamu akan ditagih sesuai dengan jumlah klik yang dilakukan oleh pelanggan pada iklan. Sedangkan pada metode CPM, penagihan biaya sesuai dengan jumlah akun yang dijangkau oleh iklan.

Sebuah survei menunjukkan, bahwa pebisnis setidaknya perlu menganggarkan Rp20.000,00 sehari untuk beriklan di Instagram dan menjangkau hingga 300 akun sehari melalui metode CPM.

Siap Menerapkan Strategi Digital Marketing Bisnis Laundry?

Penjelasan di atas adalah strategi digital  marketing untuk bisnis laundry yang dapat kamu coba. Meskipun telah menerapkannya, kamu tetap perlu memperhatikan dan menyesuaikan keunggulan dan keunikan bisnis laundry milikmu.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Laundry Agar Ramai

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​