Home » Strategi-bisnis » Cara Membangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen Bisnis Parcel

Cara Membangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen Bisnis Parcel

tips membangun keterikatan emosi dengan konsumen bisnis parcel

Semakin baik emosi yang terbangun, akan semakin loyal pelanggan pada produk-produk kamu. Sebaliknya, begitu hubungan itu runtuh, mereka akan menjauh. 

Terlebih lagi, produk yang kamu tawarkan adalah parcel atau hampers, maka membangun ikatan emosi yang kuat dengan pelanggan akan meningkatkan loyalitas mereka. Ketika membutuhkan hampers untuk hadiah, mereka akan mencari dulu di toko kamu, baru mencari ke toko lain. 

Apa sih Keterikatan Emosi Dalam Bisnis? 

Pada dasarnya ikatan emosi yang terbangun antara konsumen dengan bisnis masuk dalam brand intimacy. Apa sih brand intimacy atau keintiman merk itu? 

Nah, brand intimacy ialah sebuah hubungan emosional yang terjalin secara mendalam antara konsumen dengan bisnis atau brand itu sendiri. Biasanya, kepercayaan pelanggan terhadap merek itu akan meningkat drastis ketika hubungan emosional ini sudah terjalin. Emosi ini juga akan mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli produk-produk baru yang akan kamu launching

Misal, kamu sudah memiliki produk parcel lebaran yang berisi kue-kue kering atau alat ibadah. Kemudian, kamu mengeluarkan produk hampers baru berupa pakaian untuk hari raya atau barang-barang peralatan rumah tangga yang unik seperti piring, toples, gelas. Untuk konsumen yang sudah memiliki ikatan emosi yang kuat, mereka akan menyambut hangat produk tersebut. Bahkan, tidak segan untuk merekomendasikannya ke orang lain. 

Namun, satu hal yang perlu dicatat. Keintiman sebuah merek tidak dapat disamakan dengan loyalitas. Konsumen yang loyal, pasti akan memiliki keintiman merek yang mendalam terhadap bisnis atau brand. Sedangkan keintiman merek hanya semata-mata tentang perasaan konsumen terhadap suatu merek. Empati, kesukaan, kesedihan akan suatu merek. 

Model Brand Intimacy

Dalam membangun sebuah ikatan yang kuat secara emosi dengan pelanggan, kamu perlu mengetahui model utamanya yaitu: 

  • Fulfillment 

Kamu harus dapat memenuhi kebutuhan yang di luar ekspektasi pelanggan agar dapat memenangkan persaingan dan mengukuhkan diri sebagai brand yang menyediakan banyak solusi kebutuhan untuk mereka. 

  • Identity 

Menciptakan sebuah citra yang baik dan kuat bagi konsumen, yang mana pelanggan mampu mengidentifikasinya dengan mudah dan merasa jika brand kamu dapat mewakili kebutuhan atau perasaan mereka. 

  • Enhancement

Membantu konsumen untuk menjadi lebih pintar, lebih baik, serta lebih mampu dalam menilai penggunaan merek kamu. Maka, reputasi brand kamu pun akan menguat dan semakin terhubung dengan konsumen. 

  • Ritual

Merek menjadi rutinitas harian bagi pelanggan untuk dicek perkembangannya. Mereka akan selalu mencari info terbaru tentang brand kamu dan menyambut hangat bila ada produk baru. 

  • Nostalgia

Membangkitkan ingatan tentang brand kamu untuk membangun keterikatan emosi dengan konsumen yang lebih mendalam dengan mereka. 

  • Indulgence

Mampu menciptakan pengalaman yang memuaskan dan menyenangkan bagi konsumen. Kamu bisa mempertimbangkan aktivitas apa saja yang harus dilakukan saat-saat bahagia dan menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen. 

Manfaat Membangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen

Perusahaan yang sudah berhasil membangun ikatan emosi yang kuat dengan konsumen, akan mampu: 

Meningkatkan Penjualan

Ikatan emosi akan mempengaruhi setiap keputusan calon pelanggan dalam membeli. Ketika mereka sudah memiliki kepercayaan terhadap suatu brand dan yakin akan kualitasnya, mereka tidak akan ragu untuk membeli kedua, ketiga, atau bahkan keempat kalinya. Semakin banyak repeat order, semakin meningkat pula angka penjualan

Mudah Berbagi Pengalaman Dengan Orang Lain

Pelanggan yang sudah memiliki ikatan emosi dengan brand parcel kamu, akan dengan mudah membagikannya ke orang lain. Ketika menghadiri suatu acara, mereka akan menggunakan produk parcel buatanmu sebagai hadiah dan mengatakan pengalaman selama bertransaksi denganmu. Tidak jarang, semua kelebihan dari produk kamu akan mereka bagikan ke orang terdekat, mempengaruhi para calon pelanggan baru untuk datang membeli. 

Memenangkan Persaingan Dengan Para Kompetitor

Memang banyak kompetitor yang hadir sebagai penjual parcel atau hampers saat ini. Banyak pula varian produk yang ditawarkan. Tetapi, ketika kamu berhasil membangun brand intimacy dengan konsumen, maka persaingan telah kamu menangkan. Kamu lebih unggul dari para kompetitor, sebab nama brand atau produk kamu sudah tertanam dalam pikiran para pelanggan. Ketika membutuhkan bingkisan untuk hadiah, mereka akan mencari tokomu dulu. 

Tata Cara Membangun Keterikatan Emosi dengan Pelanggan 

Dalam menciptakan ikatan emosi yang kuat dengan konsumen, kamu bisa menggunakan cara-cara ini:

Jalin Komunikasi yang Baik Dan Dengarkan Kisah Konsumen 

Komunikasi sangat penting untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pelanggan. Kamu bisa menceritakan kisah di balik pembuatan brand tersebut. Kemudian, dengarkan pula cerita para konsumen. Lakukan diskusi dengan beberapa pelanggan potensial dan biarkan mereka menyampaikan cerita mereka. 

Cara lain untuk berkomunikasi adalah melalui kolom komentar sosial media. Baca komentar mereka, beri tanggapan yang baik. Bila perlu, kirim DM dan lakukan obrolan lebih intens. Kamu bisa membicarakan lebih jauh tentang review mereka mengenai produk yang kamu jual, layanan yang mereka dapatkan, atau keluhan yang dirasakan. 

Lebih Ramah dan Jujur

Konsumen itu ratu yang akan menggunakan produk-produk kamu. Tanpa mereka, produk parcel yang kamu buat tidak akan laku. Maka, bersikaplah ramah terhadap mereka. Bila memang ada yang salah dengan produk parcel yang mereka terima, akui dan minta maaf. Kamu juga bisa menawarkan program retur untuk memperbaiki citra. 

Itulah cara yang perlu kamu lakukan dalam membangun keterikatan emosi dengan konsumen dalam bisnis parcel yang sedang kamu bangun. Ingatlah untuk selalu memperlakukan mereka layaknya manusia dan hargai mereka.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen Bisnis Parcel

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​