Home » Strategi-bisnis » Mau Raup Untung? Coba 5 Cara Memulai Bisnis Hampers Ini

Mau Raup Untung? Coba 5 Cara Memulai Bisnis Hampers Ini

Mau Raup Untung Coba 5 Cara Memulai Bisnis Hampers Ini

Hampers merupakan salah satu bingkisan yang paling banyak dicari menjelang hari raya. Karena itu, kamu bisa mencoba cara memulai bisnis hampers ini untuk mendapatkan keuntungan. 

Pasalnya, bingkisan ini seringkali dicari di setiap perayaan, seperti Idul Fitri, Imlek, Natal, dan perayaan lainnya. Nah, untuk memulainya mari simak beberapa caranya dalam informasi di bawah ini.

5 Cara Memulai Bisnis Hampers Bagi Pemula

Dewasa ini, aktivitas saling mengirimkan hampers sedang menjadi tren di berbagai kalangan. Momentum ini menjadi peluang yang baik untuk membuka bisnis. Karena itu, kamu juga bisa mulai dengan beberapa cara di bawah ini.

Buat Kategori Hampers

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat kategori hampers yang akan disediakan. Kamu bisa mulai pada satu jenis produk hampers atau menyediakan beberapa kategori yang paling banyak diminati oleh konsumen.

Agar lebih mudah, untuk memperkenalkan kategori tersebut kamu bisa membuatnya dalam satu katalog cantik. Katalog ini akan membantu para konsumen untuk mengetahui pilihan kategori hampers apa saja yang kamu sediakan. 

Selanjutnya, kamu bisa memilih beberapa kategori yang paling banyak diminati dan sortir kategori yang kurang dilirik oleh konsumen. Dengan demikian, kamu bisa menyusun strategi marketing-mu sendiri.

Siapkan Modal Bisnis

Seperti membuka bisnis pada umumnya, kamu juga harus mempersiapkan modal bisnis untuk memulai usaha hampers. Modal ini dibutuhkan untuk membeli produk, keranjang, aksesoris hampers, kartu ucapan, dan peralatan lainnya.

Persiapan peralatan tersebut bisa kamu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Jika belum memiliki anggaran yang besar, kamu bisa mulai dari hampers yang sederhana. Selanjutnya, kamu bisa mengembangkannya dari laba yang kamu dapatkan. 

Cari Vendor

Mendapatkan vendor terpercaya merupakan hal yang sangat penting dalam membangun bisnis hampers. Jika berhasil mendapatkan vendor terpercaya, kamu bisa mendapatkan harga produk yang lebih miring dibanding dari toko retail di pasaran.

Selain itu, menjalin kerja sama dengan para vendor juga bisa mempermudah kamu dalam mendapatkan produk untuk membuat bingkisan cantik ini.

Buat Kemasan Hampers yang Estetik

Perlu diingat bahwa nilai jual dari sebuah hampers adalah bentuk kemasan dan isi dari hampers itu sendiri. Karena itu, untuk menarik minat konsumen kamu perlu membuat kemasan yang estetik. Kemasan seperti ini akan membuat hampers kamu terlihat lebih eye catching

Ada beberapa jenis hampers yang perlu dikemas dengan teknis khusus agar tampilannya terlihat lebih mahal, mewah, dan cantik. Kamu dapat mengkreasikannya menggunakan bix lucu, pita, kotak rotan, kain, dan berbagai hiasan lainnya.

Percantik dengan Kartu Ucapan

Sebuah hampers tidak akan lengkap rasanya tanpa sebuah kartu ucapan. Apalagi jika mengingat bingkisan ini akan dibagikan kepada orang lain. Karena itu, kamu perlu melengkapi hampers tersebut dengan kartu ucapan.

Cobalah untuk menyediakan beberapa pilihan desain kartu ucapan yang menarik dan sesuai dengan tema hampers. Kartu ucapan ini tidak hanya akan mempercantik hampers, tetapi juga bisa membuat penerimanya lebih terkesan.

Inspirasi Bisnis Hampers

Setelah kamu mengetahui cara memulai bisnis hampers maka selanjutnya ketahui macam-macam hampers yang bisa dipilih. Jika kamu memiliki ide hampers apa yang akan dikelola, berikut kami coba berikan beberapa inspirasinya.

Hampers Makanan

Jenis hampers yang satu ini paling banyak dipilih oleh konsumen. Biasanya, sering digunakan dalam perayaan lebaran, valentine, atau ulang tahun. Adapun jenis makanan yang dikemas biasanya berupa kue kering, coklat, dan berbagai jenis makanan ringan.

Hampers Fashion

Selain makanan, hampers fashion juga banyak dipilih dalam perayaan. Umumnya, hampers ini akan berisi hijab atau syal. Selain itu, kamu juga bisa mengisinya dengan satu set OOTD atau aksesoris fashion yang lucu. Aksesoris ini bisa berupa masker, gantungan hand sanitizer, dan aksesoris lainnya.

Hampers Alat Makan atau Minum

Perlengkapan makan dan minum juga tidak kalah cantik untuk dijadikan hampers, lho! Untuk isiannya, kamu bisa memilih sendok, garpu, sumpit, tumbler, sedotan stainless, dan sebagainya.

Selain itu, jika pesanan hampers tersebut digunakan untuk perayaan tertentu, isiannya bisa kamu sesuaikan. Misalnya, untuk perayaan Imlek, maka kamu bisa mengisinya dengan set teko atau cangkir mungil yang cantik.

Hampers Perlengkapan Ibadah

Selanjutnya ada hampers yang tidak kalah banyak diminati oleh konsumen. Hampers perlengkapan ibadah biasanya akan berisi perlengkapan sholat, seperti mukena, tasbih, sajadah, sarung, hingga Alquran. 

Biasanya, hampers ini memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibanding yang lain, karena harga perlengkapan ibadah relatif lebih mahal dibanding dengan makanan atau peralatan makan.

Hampers Self-Care

Terlalu banyak melakukan aktivitas, terkadang membuat seseorang lupa untuk memperhatikan penampilannya. Karena itu, hampers ini bisa jadi salah satu bentuk perhatian dari kita untuk mereka. 

Dalam hampers ini, kamu bisa mengemas beberapa produk skincare seperti toner, sunscreen, facial wash, serum, dan lain sebagainya. bisa juga diisi dengan bodycare seperti body lotion, sabun, sampo, luluran, deodorant, dan sebagainya.

Nah, itu dia beberapa cara memulai bisnis hampers lengkap dengan ide bisnis hampers yang bisa kamu mulai. Kamu tertarik membuka bisnis jenis hampers yang mana?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Mau Raup Untung? Coba 5 Cara Memulai Bisnis Hampers Ini

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​