Home » Strategi-bisnis » Peluang dan Cara Memulai Bisnis Pakaian Muslim bagi Pemula

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Pakaian Muslim bagi Pemula

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Pakaian Muslim bagi Pemula

Cara memulai bisnis pakaian muslim menjadi salah satu topik yang menarik untuk diperbincangkan. Pasalnya, bisnis ini memiliki peluang yang cukup oke di Indonesia. Hal ini didukung oleh penduduk Indonesia yang didominasi oleh umat muslim. 

Salah satu dampak yang paling nyata dari penduduk dominan ini ialah busana muslim menjadi salah satu produk fashion yang cukup laris di pasaran. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis. Apakah kamu termasuk salah satunya? Mari simak informasi di bawah ini.

Peluang Bisnis Pakaian Muslim

Peluang bisnis baju muslim pada dasarnya memang jarang sepi pelanggan. Pasalnya, target market dari bisnis ini cukup jelas dan spesifik. Berdasarkan data dari Kemendagri per 31 Desember 2021, terdapat 86,9% penduduk muslim di Indonesia.

Tentunya hal ini membuat peluang bisnis busana muslim menjadi sebuah bisnis yang cukup potensial untuk digeluti. Selain itu, tren belanja busana ini juga seringkali meningkat pada beberapa event tertentu, seperti di bulan Ramadhan.

Hal ini didukung dengan kebiasaan orang Indonesia yang sering belanja pakaian baru saat memasuki bulan Ramadhan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hampir semua umat muslim dari berbagai kalangan akan menyerbu toko baju atau mall untuk membeli baju lebaran.

Jenis Baju Muslim yang Banyak Dilirik

Sebelum masuk ke caranya, sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu jenis baju muslim seperti apa saja yang banyak diminati oleh konsumen. Menurut survei, ada beberapa jenis bisnis baju muslim yang cukup banyak diminati, diantaranya sebagai berikut.

Tunik

Tunik merupakan atasan muslimah yang panjangnya sampai ke bagian lutut atau lebih. Biasanya, tunik seringkali dipilih sebagai outfit dengan gaya casual oleh para kaula muda. Pasalnya, busana ini hadir dengan berbagai model yang menarik.

Selain itu, tersedia pula berbagai pilihan warna, aksen, hingga bahan yang bisa memberikan kesan mewah. Salah satu contohnya adalah tunik brokat dengan model dan bahan yang premium.

Selain itu, busana ini juga memungkinkan para muslimah yang aktif untuk lebih bebas bergerak. Pasalnya, tunik ini bisa dipadukan dengan celana panjang dan tetap menutup aurat. 

Gamis Gaun

Membuka bisnis busana muslim tanpa gamis tentu akan sangat kurang lengkap. Busana ini bisa dikatakan sebagai item fashion wajib dalam sebuah bisnis fashion muslim. Gamis merupakan pakaian terusan yang panjangnya bisa sampai mata kaki.

Busana ini seringkali dijadikan sebagai outer atau dipadukan dengan rok. Saat ini, desain gamis sudah lebih bervariasi dan modern. Modelnya pun sudah lebih fleksibel dan bisa digunakan oleh semua usia. Maka dari itu kamu harus tahu cara memulai bisnis pakaian muslim yang satu ini.

Baju Koko

Tidak hanya pakaian muslimah saja, sebaiknya kamu juga menyediakan baju koko untuk umat muslim pria. Bagi umat muslim, baju ini tidak hanya digunakan untuk beribadah saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menghadiri berbagai acara tertentu.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakan baju koko untuk pergi bekerja, kuliah, atau hangout. Wajar memang, karena saat ini baju koko sudah hadir dengan desain yang lebih modern dan stylish.

Sarung

Item fashion wajib lainnya yang harus ada di toko busana muslim ialah sarung. Meskipun model sarung tidak pernah berubah, tetapi busana muslim ini akan selalu dicari oleh pria muslim. Bahkan, item fashion ini juga sering dijadikan sebagai parcel lebaran.

Cara Memulai Bisnis Pakaian Muslim

Setelah mengetahui pakaian apa saja yang banyak diminati, kini kamu bisa langsung memulai bisnis busana muslim dengan beberapa cara di bawah ini.

Ikuti Tren

Mengikuti tren merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam membuka bisnis. Tren akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini juga berlaku pada busana muslim. Karena itu, kamu perlu mengikuti tren akan mendapatkan inspirasi untuk desain pakaian muslim yang akan kamu jual.

Pasang Harga Kompetitif

Umumnya, busana muslim memiliki harga jual yang cukup terjangkau. Namun, hal ini akan bergantung pada jenis bahan yang digunakan dan detail dari busana tersebut. Karena itu, pastikan kamu memasang harga kompetitif dan sesuai dengan mode baju tersebut.

Tentukan Target yang Spesifik

Memang benar jika bisnis baju muslim pasti akan ditujukan pada umat muslim. Akan tetapi, kamu masih bisa membuat target yang lebih spesifik lagi. Kamu bisa memilih target kaum remaja perempuan, baju khusus pria muslim, umum, busana muslim anak-anak, dan sebagainya.

Manfaatkan Media Sosial

Seperti yang kita ketahui, pengguna media sosial terus meningkat dari waktu ke waktu. Karena itu, banyak pebisnis yang memanfaatkannya sebagai media promosi untuk bisnisnya. Kamu juga harus memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan bisnis busana muslim milikmu agar lebih dikenal banyak orang.

Pasarkan Secara Online

Untuk menyasar jangkauan pasar yang lebih luas, sebaiknya kamu juga memasarkan busana muslim secara online. Kamu bisa memulainya dengan membuka lapak di beberapa marketplace atau membuka website dengan nama brand fashion muslim yang kamu kelola.

Itu dia informasi lengkap mengenai cara memulai bisnis pakaian muslim yang menguntungkan. Jangan lupa untuk cek kompetitor agar kamu bisa menciptakan produk yang lebih unik dan tidak kalah saing.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pakaian muslim kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Peluang dan Cara Memulai Bisnis Pakaian Muslim bagi Pemula

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​