Home » Strategi-bisnis » Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Laundry

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Laundry

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Laundry

Segmentasi pasar adalah hal yang perlu diperhatikan dalam setiap bisnis, termasuk bisnis laundry. Ini merupakan cara untuk mengenali siapa yang akan menjadi konsumen bisnis dan memudahkan kamu dalam melakukan strategi marketing yang tepat. Lalu, bagaimana cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar ini?

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Laundry

Tidak hanya berkaitan dengan target konsumen, masalah segmentasi pasar ini akan berkaitan juga dengan kebutuhan bisnis pada umumnya. Mulai dari cara melakukan marketing sampai dengan penentuan harga. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan:

Membaca Peluang

Menentukan segmentasi pasar akan selalu dilakukan dengan melihat bagaimana peluang yang ada. Misal, tempat laundry yang kamu buat berada dekat dengan lingkungan kampus dan kos-kosan.

Maka, bisa dikatakan jika segmentasi pasar bisnis kamu adalah mahasiswa yang mungkin tidak sempat untuk mencuci. Lalu, bagaimana mengembangkannya? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Memberikan harga spesial, mungkin lebih rendah dari pasaraan dengan syarat minimal berat tertentu.
  • Memberikan paket khusus, misal cuci berlangganan selama sebulan.

Masalah membaca peluang ini bisa kamu lakukan ketika kamu akan membuka bisnis baru di tempat yang belum ada kompetitornya. Nantinya, kamu juga akan melihat seberapa besar potensi tempat tersebut untuk membuka bisnis.

Analisis Pasar

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan ketika ingin mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar bisnis laundry adalah melakukan analisis pasar. Sebenarnya, hal ini tidak jauh berbeda dengan membaca peluang.

Namun, dalam hal ini kamu lebih ditekankan untuk melihat apakah sudah ada bisnis sejenis di sekitar kamu? Atau seberapa membutuhkannya masyarakat sekitar terhadap bisnis yang akan kamu bangun?

Pada kasus ini, maka kamu akan mencari sesuatu yang berbeda, yang tidak ditawarkan oleh kompetitor kamu sebelumnya. Misalnya:

  • Memberikan layanan antar-jemput tanpa tambahan biaya.
  • Bisa mencuci tanpa minimal berat.
  • Bisa mencuci untuk pakaian yang berukuran besar dan lebar.
  • Paket mencuci kilat. 

Jika dilihat lebih lanjut, analisis pasar ini juga memungkinkan kamu untuk meraih konsumen baru yang sebelumnya tidak terjangkau oleh bisnis laundry yang sudah ada. Cara inilah yang dilakukan KliknKlin dengan meluncurkan laundry berbasis online menggunakan aplikasi.

Memahami Pola dan Perilaku Konsumen

Hal ini perlu kamu lakukan jika ingin membuka usaha laundry di tempat yang sudah ada bisnis sejenis sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal ini jika ingin mengembangkan segmentasi pasar yang sudah kamu punya sebelumnya.

Secara singkat, memahami pola dan perilaku konsumen berarti memberikan apa yang mereka mau. Namun, jika kamu lihat lebih luas, pola dan perilaku ini juga berkaitan dengan banyak hal, seperti:

  • Kapan mereka sering mencuci?
  • Layanan seperti apa yang sering mereka gunakan?
  • Berapa lama waktu yang mereka inginkan?
  • Bagaimana pola pengantaran dan penjemputan yang mereka inginkan?

Nantinya, kamu bisa mengembangkan cara kamu berbisnis dari hal-hal tersebut. Misal, jika hari Sabtu dan Minggu adalah waktu banyak orang mencuci, maka kamu bisa memberikan harga khusus pada hari tersebut.

Atau,  jika konsumen kamu mayoritas adalah pekerja, yang tidak selalu berada di rumah. Maka, pola pengantaran yang bisa kamu lakukan adalah setiap malam hari. Hal ini bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara untuk memberikan pelayanan terbaik.

Evaluasi Respon Pasar

Langkah lainnya yang juga perlu kamu lakukan untuk mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar bisnis laundry adalah dengan melakukan evaluasi respon pasar. Sebenarnya, hal ini akan sangat berkaitan dengan apakah cara berbisnis yang kamu lakukan selama ini benar atau tidak?

Cara ini sangat perlu kamu lakukan, terutama ketika target pasar yang kamu punya sangat luas dan beragam. Misal, target konsumen kamu adalah mahasiswa. Maka lihatlah, berapa persen jumlah mahasiswa yang menggunakan layanan kamu.

Jika cukup banyak, maka pola bisnis kamu bisa dikatakan berhasil. Selanjutnya, kamu bisa terus menggunakan cara yang sama untuk target konsumen lainnya. Lakukan evaluasi secara berkala dan berkelanjutan, hal ini untuk menaikan potensi penjualan yang bisa kamu capai.

Jika cara bisnis kamu gagal, maka evaluasi ini juga melihat di mana letak kegagalan yang kamu lakukan. Nantinya, kamu bisa mencoba cara baru untuk target konsumen yang sama, atau bahkan mencoba menargetkan konsumen yang baru sekalian.

Membangun Hubungan dengan Konsumen

Ini merupakan cara lama dalam berbisnis yang masih sangat efektif dan relevan untuk kamu lakukan saat ini. Bahkan, cara ini juga bisa kamu lakukan dalam dunia bisnis digital yang tren saat ini.

Pada dasarnya, membangun hubungan dengan konsumen ini adalah menciptakan hubungan baik, dalam konteks bisnis maupun non bisnis dengan konsumen. Cara ini dilakukan salah satunya untuk menjaga konsumen lama yang sudah ada.

Dalam konteks bisnis, misalnya salah satu konsumen laundry kamu adalah pemilik restoran. Maka, kamu bisa membeli menu makan siang dari restoran tersebut, sebagai bentuk menjaga hubungan baik.

Dalam konteks non bisnis, cara ini yang sering dilakukan dalam dunia bisnis digital saat ini. Misalnya, kamu aktif di media sosial, mulai dari rajin upload postingan sampai sering membalas komentar dari konsumen. 

Selain meningkatkan hubungan dengan konsumen, cara ini juga bisa menaikan engagement media sosial yang kamu punya.

Yuk, Kenali dan Kembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Laundry!

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika segmentasi pasar ini akan sangat berkaitan dengan pola bisnis laundry yang akan kamu lakukan nantinya. Dengan mengenali segmentasi pasar, maka akan banyak kemudahan yang kamu dapatkan kedepannya. Selamat mencoba!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​