Home » Strategi-bisnis » Catat! Ini 4 Inovasi & Kreativitas dalam Bisnis Restoran

Catat! Ini 4 Inovasi & Kreativitas dalam Bisnis Restoran

Catat! Ini 4 Inovasi & Kreativitas dalam Bisnis Restoran

Apa saja bentuk inovasi & kreativitas yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan sebuah bisnis restoran?

Ketika kamu akan menjalankan sebuah bisnis, pengetahuan dasar mengenai bisnis tersebut sudah lebih dari cukup untuk memulainya.

Namun, saat kamu ingin mengembangkan bisnis tersebut, tentu saja kamu akan membutuhkan inovasi & kreativitas agar bisnismu semakin berbeda dan menarik di mata para konsumen.

Ini berlaku pada setiap bisnis, termasuk pada bisnis restoran.

Lantas, apa saja bentuk inovasi & kreativitas tersebut?


4 Inovasi & Kreativitas dalam Bisnis Restoran

Seperti bisnis lainnya, terdapat banyak aspek & cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat inovasi sekreatif mungkin pada bisnis restoran.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu coba terapkan pada bisnis restoran milikmu.

Silakan disimak!


1. Inovasi menu

Inovasi pertama yang wajib ada pada bisnis restoran adalah inovasi pada aspek menu.

Hal ini dikarenakan, bisnis restoran sangat berorientasi terhadap menu makanan & minuman.

Pengunjung restoran akan lebih tertarik apabila terdapat menu baru di setiap jangka waktu tertentu. Kamu dapat menginovasikan menu sesuai dengan kreativitasmu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu inovasikan dari sebuah menu:

  • Menu baru. Kamu dapat sepenuhnya membuat menu baru yang berbeda dari menu-menu sebelumnya, namun tetap sesuai dengan konsep bisnismu.
  • Menu fusion. Menu fusion adalah penggabungan dua masakan dari dua daerah berbeda. Contohnya seperti sushi rendang, lemper sambal matah, churros klepon, dan lain sebagainya.
  • Inovasi varian. Jika kamu belum terpikir inovasi menu baru, kamu dapat menginovasikan menu yang sudah ada melalui variasi rasa, atau topping. Misalnya saja, jika kamu memiliki menu mi ayam, kamu dapat memberi inovasi varian mi ayam pedas, mi ayam mozarella, dan sebagainya.

Untuk dapat menginovasikan menu ini, kamu harus memiliki resep yang bisa kamu dapat di platform resep online secara gratis, seperti Cookpad, Yummy, Resep Koki, dan Sajian Sedap.


2. Inovasi dekorasi

Dekorasi sebuah restoran merupakan hal yang dapat menambah ketertarikan konsumen untuk mengunjungi restoran tersebut.

Selain rasa yang masakan enak, dekorasi dan interior sebuah restoran dapat menjadi identitas tersendiri bagi bisnis tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu menginovasikan dekorasi interior restoran.

Berikut adalah beberapa tahapan untuk inovasi dekorasi interior pada bisnis restoran:

  • Menetapkan tema restoran. Ada banyak tema restoran yang sedang naik daun saat ini, seperti tema rustic, tradisional, Korea, industrial, hingga western.
  • Mencari inspirasi dekorasi. Kamu dapat mencari inspirasi dekorasi melalui platform Pinterest atau Instagram, dengan kata kunci tema dekorasi yang kamu inginkan.
  • Membuat desain dekorasi. Kamu dapat membuat desain menggunakan software AutoCad. Namun, jika kesulitan, kamu dapat menggunakan jasa desain interior.
  • Mengeksekusi hasil desain ke dekorasi restoran sebenarnya. Barang-barang yang sesuai dengan konsep desain bisa kamu cari di IKEA, Ace Hardware, atau Informa.

3. Inovasi promosi

Promosi atau marketing merupakan salah satu cara untuk membuat konsumen tertarik pada bisnis restoran yang kamu jalankan.

Kamu juga perlu melakukan inovasi promosi agar bisnis restoran mu lebih banyak terlihat oleh para konsumen. Promosi tersebut dapat kamu lakukan secara online maupun offline.

Berikut adalah beberapa inovasi promosi yang dapat kamu lakukan:

  • Mengundang food vlogger untuk memberikan ulasan pada bisnis restoran milikmu, dan mengunggah konten tersebut pada akun mereka.
  • Bekerja sama dengan berbagai organisasi atau komunitas untuk membuat event yang berlokasi di restoran yang kamu kelola. Misalnya saja, kamu dapat bekerja sama dengan komunitas memasak untuk mengadakan pelatihan memasak di restoranmu.
  • Membuat diskon besar khusus pada momen tertentu. Konsumen pasti akan tertarik apabila terdapat diskon di suatu restoran. Kamu dapat memberikan diskon pada perayaan Hari Kemerdekaan, momen akhir tahun, atau hari besar keagamaan.

4. Inovasi area

Berinovasi pada area bisnis juga dapat membuat bisnis restoranmu lebih dikenal banyak orang.

Inovasi area yang dimaksud di sini adalah pembuatan cabang bisnis restoran di lokasi baru, atau jika bisnismu tidak berkembang di suatu tempat, kamu dapat memindahkannya ke tempat yang lebih strategis.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih lokasi restoran:

  • Berada di kawasan restoran. Kamu dapat memilih area yang berdekatan dengan restoran lain, sehingga konsumen dari restoran lain akan mengenali bisnismu.
  • Banyak dilalui orang. Kamu dapat memilih lokasi yang ramai akan aktivitas masyarakat. Sehingga, kemungkinan bisnismu dikenal akan semakin besar.
  • Pilih lokasi yang memiliki lahan parkir luas. Berbeda dengan bisnis kuliner yang bisa melakukan sistem takeaway saja, konsumen bisnis restoran akan cenderung menghabiskan waktu lama untuk berkunjung. Oleh karena itu, lahan parkir yang luas dapat memberi kenyamanan pada mereka.

Ayo, Tentukan Inovasi & Kreativitas pada Bisnis Restoran Milikmu!

Itulah beberapa contoh bentuk inovasi kreatif yang bisa kamu terapkan pada bisnis restoran yang sedang kamu rintis.

Mulai dari inovasi pada aspek menu makanan & minuman, inovasi dekorasi ruangan, inovasi promosi & pemasaran yang tepat sasaran, hingga inovasi area bisnis restoranmu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Catat! Ini 4 Inovasi & Kreativitas dalam Bisnis Restoran

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​