Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Ampuh Meningkatkan Omzet pada Bisnis Restoran

5 Cara Ampuh Meningkatkan Omzet pada Bisnis Restoran

5 Cara Ampuh Meningkatkan Omzet pada Bisnis Restoran

Bagaimana cara jitu meningkatkan jumlah total omzet pada sebuah bisnis restoran?

Setiap pemilik bisnis restoran pasti ingin mendapatkan omzet yang cukup besar agar bisnis yang mereka jalani bisa terus berkembang.

Hal yang sama juga pasti menjadi impian kamu sebagai seorang pemilik bisnis restoran.

Namun, nyatanya masih banyak pemilik bisnis yang belum paham cara meningkatkan dan melipatgandakan omzet yang tepat.

Lantas, bagaimana cara jitu untuk melakukannya?


5 Cara Meningkatkan Omzet pada Bisnis Restoran

Sebenarnya, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan, sekaligus meningkatkan pendapatan bisnis restoran.

Nah, berikut adalah beberapa contoh cara yang bisa kamu terapkan pada bisnis restoran.

Yuk, disimak!


1. Menampilkan menu secara online

Agar omzet bisnis restoran milikmu bisa semakin meningkat dan berlipat ganda, cobalah untuk menampilkan daftar menu yang tersedia secara online.

Hal ini akan membuat konsumen lebih mudah mencari menu makanan, beserta harga yang ingin mereka pesan.

Bukan cuma itu saja, menu online ini juga dapat membantu bisnis restoran milikmu agar lebih dikenal calon pelanggan. Karena mereka bisa mengetahui apa saja yang bisnismu sajikan pada tanpa harus datang terlebih dulu.

Beruntungnya, sekarang ini kamu bisa menampilkan menu restoran secara online dengan biaya yang terjangkau. Kamu bisa menggunakan media sosial, website, atau dengan memasang iklan digital.

Jika kamu menggunakan media sosial, maka kamu bisa membuat desain daftar menu digital yang diunggah di feed maupun highlight Instagram. Begitu pula dengan platform media sosial lain yang bisa kamu sesuaikan dengan fitur yang tersedia.

Namun, sebaiknya kamu juga mencantumkan menu melalui website. Sebab, di dalam website, kamu juga bisa sekaligus melakukan branding bisnis restoran milikmu, dan memasukkan berbagai ulasan dari konsumen.

Dengan begitu, nantinya konsumen bisa semakin yakin untuk mencicipi makanan di restoranmu.

Salah satu contoh restoran cepat saji yang sudah menampilkan daftar menu di website-nya adalah Pizza Hut. Kamu bisa menemukan semua menu yang ada di Pizza Hut beserta harganya hanya dengan mengakses website tersebut.


2. Mengelola reputasi bisnis secara online

Fokus pada reputasi bisnis restoran kamu secara online juga dapat menjadi cara ampuh untuk melipatgandakan omzet.

Apalagi cara ini akan membuat upaya digital marketing bisnismu menjadi lebih maksimal.

Program membership digital dapat membantu meningkatkan dan melipatgandakan omzet bisnismu. Kamu dapat membuat program membership digital untuk mendapat customer feedback, hingga membuat konsumen akan datang ke restoranmu secara berkala.

Cara membuat program membership digital bisa kamu lakukan melalui adanya program affiliate, atau membuat kartu member khusus yang dapat konsumen tunjukkan saat datang ke restoranmu.

Contohnya adalah Starbucks Card yang konsumen gunakan agar bisa mendapat potongan harga, atau promo tertentu.

Pada prinsipnya, program membership ini memang fokus untuk mengarahkan konsumen agar secara tidak langsung terlibat pada engagement bisnis restoran milikmu.

Jadi, nantinya bukan hanya omzet bisnismu saja yang meningkat, tapi hubungan dengan konsumen juga akan lebih baik, sekaligus meningkatkan citra bisnis.


3. Evaluasi strategi pemesanan online

Jika bisnis restoran milikmu sedang fokus pada strategi pemesanan online, maka jangan lupa untuk mengevaluasi setiap strategi yang kamu gunakan.

Pasalnya, layanan online terbukti dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan restoran hingga omzet bisnis.

Terkait dengan proses evaluasi strategi pemesanan online ini, kamu bisa menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning).

Dengan sistem tersebut, maka kamu akan lebih mudah dalam mengelola semua aspek bisnis, saran dan masukan dari konsumen, tagihan, laporan keuangan harian hingga bulanan, serta inventaris bisnis.

Beberapa rekomendasi software ERP yang bisa menjadi pilihan untuk bisnis restoranmu adalah NetSuite ERP, Ecount ERP, dan Oracle.


4. Tingkatkan pelayanan konsumen

Dalam industri makanan, khususnya restoran, kualitas pelayanan menjadi hal yang penting untuk membantu melipatgandakan omzet bisnis dan jumlah konsumen.

Jika konsumen yang datang ke restoranmu semakin banyak, sudah pasti hal ini akan membantu meningkatkan omzet bisnis.

Memang pada dasarnya kualitas pelayanan berkaitan erat dengan keuntungan bisnis restoran milikmu. Oleh karena itulah, kamu perlu meningkatkan kualitas pelayanan karyawan terhadap konsumen, suasana restoran, dan juga kenyamanan yang bisnismu berikan.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat pelanggan menjadi lebih puas dengan pelayanan restoranmu:

  • Memberi pelatihan karyawan tentang cara menarik konsumen dengan memberi pelayanan terbaik.
  • Selalu memastikan pesanan sampai dengan lengkap sesuai pesanan, dan konsumen tidak menunggu terlalu lama.
  • Selalu menerapkan senyum, salam, dan sapa serta memastikan ulang pesanan yang akan kamu berikan ke konsumen.
  • Beri kupon diskon atau kartu membership bagi konsumen, agar mereka berkeinginan untuk datang lagi ke restoran kamu.

5. Beri promo menarik secara berkala

Setiap konsumen pasti sangat menyukai promo atau potongan harga.

Nah, kamu bisa coba memberikan promo yang menarik kepada konsumen untuk meningkatkan omzet. Namun, promo yang kamu berikan harus dalam waktu yang terbatas, ya.

Sebab, promo dengan waktu terbatas ini akan membuat konsumen langsung datang ke restoranmu tanpa pikir panjang. Pasalnya, mereka tidak akan melewatkan kesempatan untuk makan enak dengan harga promo yang lebih murah.

Agar promo yang kamu berikan bisa segera konsumen ketahui, sebaiknya kamu mengumumkannya langsung melalui platform media sosial. Dengan begitu, maka jangkauannya akan lebih luas.


Siap Meningkatkan Omzet pada Bisnis Restoran?

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan omzet penjualan pada bisnis restoran yang sedang kamu rintis.

Mulai dari menampilan menu secara online, melakukan evaluasi operasional secara berkala, meningkatkan layanan konsumen, hingga rutin meluncurkan program promo & potongan harga.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Ampuh Meningkatkan Omzet pada Bisnis Restoran

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​