Home » Strategi-bisnis » Riset Bisnis Laundry yang Harus Terus Dijalankan

Riset Bisnis Laundry yang Harus Terus Dijalankan

Riset Bisnis Laundry yang Harus Terus Dijalankan

Riset bisnis mengacu pada proses penelitian untuk membantu peluncuran atau pengoperasian perusahaan. Riset bisnis melibatkan pengumpulan data dan menggunakannya untuk membuat prediksi, rencana, atau keputusan bisnis. Simak hal yang perlu kamu riset secara konsisten dan berkelanjutan dalam bisnis laundry.

Riset untuk Bisnis Laundry yang Harus Terus Dijalankan

Riset ini mungkin melibatkan menganalisis tren pasar, mengumpulkan informasi konsumen, atau membandingkan pesaing dalam industri. Beberapa riset untuk bisnis laundry yang harus terus dijalankan, yakni sebagai berikut:

Riset Target Konsumen

Riset target konsumen adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan dalam bisnis laundry secara terus-menerus. Seiring perkembangan zaman dan perubahan pola hidup masyarakat, kamu perlu menyesuaikan berbagai marketing agar sesuai dengan target konsumen.

Riset yang perlu kamu lakukan berupa riset tentang demografi, seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan dan lain sebagainya.

Kamu juga perlu membuat riset psikografi, seperti hobi, perilaku, dan lain sebagainya. Riset terkait psikografi inilah yang perlu kamu lakukan untuk menyesuaikan materi marketing yang akan kamu tampilkan kepada target konsumen ini.

Contoh, ketika kamu memulai bisnis laundry dan menargetkan orang-orang yang sibuk dengan pekerjaannya, sehingga tidak sempat mencuci. Maka kamu akan mendapatkan demografi seperti berikut:

  • Jenis kelamin: Laki-laki dan perempuan
  • Pekerjaan: pegawai/karyawan swasta yang bekerja dari pagi hingga sore atau malam. 
  • Usia: 22-30 tahun, usia orang-orang sudah lulus kuliah dan bekerja. 

Kemudian psikografi yang kamu dapatkan, yakni perilakunya sering bersantai setelah seharian bekerja, sehingga tidak ada waktu untuk mencuci. 

Riset ini bisa kamu lakukan dengan melakukan survey dengan membuat vote kecil-kecilan di sosial media Instagram dan minta para followers kamu untuk mengisinya. 

Selain itu, riset mengenai target konsumen juga bisa dilakukan dengan melihat tren sosial media masa kini dan siapa saja yang menjadi penikmat tren tersebut.

Riset Tentang Tren

Riset untuk bisnis laundry yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah riset tentang tren. Apa saja yang banyak orang-orang bicarakan saat ini? Isu apa saja yang menarik perhatian mereka dan yang lainnya?

Menyesuaikan marketing dengan tren yang sedang ada di dunia adalah ide brilian untuk membuat orang tertarik menggunakan jasa kamu. Hal ini dikarenakan para customer merasa pendapat mereka terwakili oleh sebuah brand atau perusahaan yang sangat update di setiap informasi terbaru.

Beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk melihat tren yaitu, Google Trends, BuzzFeed, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Riset Harga Kebutuhan Laundry

Riset untuk bisnis laundry yang berkaitan dengan harga kebutuhan juga sangat penting untuk dilakukan. Seperti yang kita tahu, inflasi selalu terjadi setiap tahunnya dan berbagai kebutuhan mengalami kenaikan harga.

Dalam bisnis laundry ada banyak sekali kebutuhan, seperti deterjen, pewangi, dan berbagai cairan pembersih lainnya yang dibutuhkan. Harga deterjen laundry di pasaran adalah kisaran Rp15.000,00-Rp50.000,00. Sementara harga parfum laundry mulai dari Rp19.000,00-Rp 60.000,00. 

Riset mengenai harga kebutuhan ini perlu kamu lakukan agar tetap bisa mencari vendor dengan harga paling murah dan dapat memberikan layanan dengan harga yang bersaing. 

Riset ini bisa dilakukan dengan mencari berbagai vendor melalui platform jual beli online, seperti Shopee dan Tokopedia. Sehingga, tidak perlu ribet saat ingin mengganti vendor.

Selain itu, riset harga layanan juga perlu kamu lakukan agar harga yang kamu tawarkan kepada konsumen tetap bisa bersaing dengan harga kompetitor lain yang ada di daerahmu.

Riset Tentang Pendanaan

Idealnya, kamu memang harus punya dana yang cukup untuk memulai suatu bisnis.  Namun, ketika kamu ingin melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang yang baru, kamu mungkin akan membutuhkan pendanaan tambahan.

Pendanaan di masa kini tidak selalu berasal dari pinjaman keluarga dan kerabat ataupun pinjaman bank. Pendanaan juga bisa diperoleh dengan mencari investor untuk melakukan ekspansi bisnis laundry.

Cara paling mudah menarik investor adalah membuat inovasi yang baru dalam bisnis laundry kamu. Misalnya, membuat bisnis laundry express yang dilengkapi dengan café, resto, atau arena bermain untuk customer yang menunggu laundry.

Analisis tentang pendanaan ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari tahu siapa saja investor yang sekiranya bisa kamu ajak bekerjasama dan sesuai dengan visi misi perusahaanmu.

Riset untuk bisnis laundry ini bisa kamu lakukan melalui platform khusus untuk mencari investor, seperti KoinWorks.

Riset Tentang Masalah Hukum

Terakhir, kamu juga perlu Melakukan riset tentang masalah hukum ketika menjalankan bisnis laundry. Kamu bisa cari tahu apakah bisnis laundry memerlukan lisensi khusus? 

Kamu harus tetap mencari tahu update terbaru tentang masalah hukum jika sewaktu-waktu ada perubahan kebijakan yang akhirnya mengancam bisnis kamu.

Ada sejumlah dokumen legalitas yang perlu kamu penuhi ketika memulai bisnis laundry. Berikut beberapa dokumen yang kamu butuhkan: 

  • Surat Izin Usaha Perdagangan yang bisa kamu cari di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). 
  • Izin Pembuangan Air Buangan ke aliran sumber air.
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin Gangguan (HO) dari Dinas Perizinan. 
  • Surat perizinan yang berisi pernyataan bahwa usaha kamu tidak memberatkan atau mengganggu lingkungan sekitar. 

Adapun beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah fotokopi KTP, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), surat keterangan domisili usaha, dan surat keterangan status kepemilikan tanah serta berbagai dokumen lainnya yang akan di Dinas setempat jelaskan ketika kamu mengurus surat-surat tersebut. 

Riset Bisnis Laundry Manakah yang Sudah Kamu Lakukan?

Melakukan riset dalam bisnis laundry sangatlah dibutuhkan. Hal ini menjadi salah satu bentuk upaya untuk tetap memberikan yang terbaik kepada para customer. Lakukan semua riset yang kamu butuhkan dengan baik, agar performa bisnis bisa tetap terjaga!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Riset Bisnis Laundry yang Harus Terus Dijalankan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​