Home » Strategi-bisnis » Skills Yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Olahan Buah

Skills Yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Olahan Buah

skills yang harus dipelajari pemilik bisnis olahan buah

Berbisnis memang dapat menghasilkan keuntungan, tetapi tidak luput dari risiko dan tantangan. Dalam upaya mengatasi risiko yang mungkin terjadi, pemilik bisnis harus mempunyai keahlian tertentu. Skills yang harus dipelajari pemilik bisnis cukup beragam. Mulai dari kemampuan manajerial, komunikasi, serta kemampuan dasar keuangan

Karena untuk membuat bisnis bertumbuh diperlukan strategi yang tepat, sepaket dengan keterampilan bisnis yang hebat. Kemampuan tersebut tidak hadir begitu saja, tetapi melalui situasi tertentu yang menempa pemilik bisnis sehingga membuatnya belajar. Di samping itu ada banyak kelas dan sumber yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar kemampuan baru.

Skills yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Olahan Buah

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus terus haus akan ilmu baru. Jika kamu dapat menguasai banyak skills maka hal itu dapat memberikan keuntungan pada bisnis milikmu. Termasuk bisnis olahan buah. Berikut ini daftar skills yang harus dipelajari oleh pemilik bisnis olahan buah agar dapat mengembangkan usahanya:

Pengetahuan Tentang Gizi Makanan

Karena kamu menjalankan usaha olahan buah maka sebaiknya kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang gizi makanan. Kamu perlu memahami kandungan dan khasiat dari masing-masing buah. Tahu cara membuat produk olahan buah yang tidak merusak kandungan gizi di dalamnya. Sehingga kamu tidak melakukan kesalahan dalam mencampurkan buah dengan bahan lain. 

Kemampuan Dasar Keuangan

Setiap pengusaha wajib memiliki kemampuan dasar keuangan, seperti budgeting dan analisis keuangan. Dengan mempelajari kemampuan ini kamu dapat terhindar dari pengeluaran yang berlebih dan mampu mengalokasikan sumber daya yang dimiliki bisnis secara tepat. 

Menguasai budgeting, cash flow, laporan keuangan, laporan laba rugi, dan termasuk neraca, merupakan kemampuan dasar yang perlu kamu kuasai. Sebab semua dokumen ini akan diperlukan untuk pelaporan dan pajak. Serta menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. 

Manajemen Waktu

Seorang pengusaha perlu mempunyai kemampuan manajemen waktu yang baik. Karena waktu adalah sumber daya yang tidak akan bisa terulang lagi. Dalam menjalankan bisnis kamu pasti membuat rencana lengkap dengan timeline. Jadwal yang tersusun tersebut dibuat sudah sesuai dengan estimasi waktu dan tujuan dari bisnis, baik jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang.

Sebagai pemilik bisnis, tugas kamu adalah mengkoordinasikan tim. Serta memastikan mereka dapat mengerjakan tugas berdasarkan timeline yang sudah kalian buat. Jika karyawan dan kamu tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu yang kalian tentukan, maka itu akan berpengaruh pada jalannya bisnis. Keterlambatan akan membuat bisnismu tertinggal dari kompetitor yang lain. Ingatlah bahwa waktu adalah uang. Dalam bisnis, tidak mengoptimalkan waktu sama dengan kerugian. 

Manajemen Bisnis

Kemampuan dasar berikutnya yang perlu dimiliki pengusaha adalah skill manajerial. Yaitu kemampuan untuk mengatur, mengkoordinasi serta menggerakkan pegawai untuk mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan. Pengusaha harus paham bagaimana mengelola bisnis, mengatur operasional, melakukan penjualan dan pemasaran, serta membaca peluang bisnis kedepannya. 

Kemampuan ini bisa didapat dari pengalaman setelah melakukan trial error berkali-kali. Namun penting juga bagi kamu untuk belajar manajemen bisnis secara teori lewat kelas-kelas online, seminar, workshop dan juga buku. Kamu dapat membaca pengalaman dari pengusaha-pengusaha hebat yang biasa terekam dalam buku biografi mereka. Sehingga kamu mendapatkan sumber belajar yang lengkap yaitu secara teori dan praktik.

Social Media Management

Tidak ada bisnis yang tidak mempunyai akun media sosial. Platform ini memberikan banyak keuntungan untuk pemasaran bisnis. Bahkan usaha skala kecil  atau bisnis rumahan saja dapat berkembang pesat lewat promosi di media sosial. Karena di platform inilah target konsumen usaha kamu berkumpul dan berinteraksi. 

Maka dari itu akan menjadi nilai tambah jika pengusaha memiliki kemampuan manajemen media sosial. Supaya kamu dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk promosi dan berjualan. Membuat konten, berinteraksi dengan followers dan memasang iklan (ads), adalah poin-poin dalam social media management yang perlu kamu pahami. Sekarang ini ada banyak seminar dan kelas online yang memberikan materi sampai tips mengembangkan bisnis lewat media sosial. Carilah kelas dengan materi yang kamu butuhkan.

Kemampuan Komunikasi

Seorang pengusaha juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan untuk memasarkan produk pada konsumen, lobi, negosiasi, dan menjaga hubungan dengan mitra bisnis. Selain itu komunikasi yang baik dan efektif pada karyawan juga perlu untuk memastikan bisnis dapat beroperasi dengan lancar. 

Kemampuan komunikasi dapat tumbuh selama kamu menjalankan bisnis. Semakin sering kamu bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, semakin lihai skill kamu dalam berkomunikasi. Meski begitu saat ini ada banyak pelatihan dan workshop yang mengajarkan tentang komunikasi dalam bisnis. Ikuti kelasnya dan kamu akan mendapatkan trik dalam berkomunikasi.

Berpikir Kreatif 

Pemilik bisnis harus terus berpikir kreatif dan melakukan inovasi. Pasalnya dunia bisnis bergerak dengan dinamis, Tren baru selalu bermunculan setiap tahunnya. Belum lagi kemungkinan penambahan hambatan yang bisa datang dari dalam maupun luar bisnis. Berpikir kreatif dapat menjadi solusi untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut. 

Kemampuan Membangun Relasi

Kunci dari bisnis yang sukses adalah membangun relasi (networking). Relasi bisnis adalah aset yang penting. Dengan ini kamu bisa mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Jadi sebaiknya selalu jaga hubungan dengan orang-orang. Baik itu dengan karyawan, mantan pegawai, mitra bisnis, teman masa sekolah, kerabat, investor, mentor, dan lain sebagainya. Sebab peluang-peluang baru dapat terbuka lewat relasi dan kenalan milikmu.

Perlu diakui memang menjaga hubungan (keep in touch) dengan semua relasi bukan perkara yang mudah. Kamu perlu memiliki kemampuan untuk membuat relasi kamu tetap terjaga. Namun bukan berarti kemampuan ini tidak bisa kamu latih. Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk melakukan langkah-langkah dalam menjaga hubungan dengan relasi. 

Bisnis olahan buah bisa menjadi usaha yang berkembang pesat bila pemilik bisnisnya menguasai banyak keterampilan. Kemampuan yang harus dipelajari pemilik bisnis cukup beragam, tetapi sumber belajarnya pun banyak dan mudah didapatkan. Maka sekarang hal yang terpenting adalah apakah kamu memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Skills Yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Olahan Buah

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​