Home » Strategi-bisnis » Perluas Bisnis Olahan Buah? Pertimbangkan Faktor Memilih Lokasi ini

Perluas Bisnis Olahan Buah? Pertimbangkan Faktor Memilih Lokasi ini

Perluas Bisnis Olahan Buah? Pertimbangkan Faktor Memilih Lokasi ini

Sejumlah cara dapat dilakukan untuk mengembangkan usaha. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mempertimbangkan faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis. Tentu saja, saat memilih lokasi usaha, kamu tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Kamu harus melakukan sejumlah riset

Bukan hanya mempertimbangkan lokasi dari kacamata sebagai pemilik usaha. Kamu juga harus mempertimbangkan seperti apa lokasi tersebut akan mempengaruhi pelanggan dan pegawai nantinya. 

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Usaha untuk Perluas Bisnis

Agar tidak salah dalam memilih nantinya, berikut sejumlah faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas yang bisnis harus kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

Jenis Usaha yang Kamu Geluti

Sebagai pelaku usaha, kamu harus memikirkan apa jenis usaha yang dijalankan. Setiap jenis usaha nantinya menentukan strategi pemilihan lokasi usaha. 

Karena sekarang ini kamu sedang menjalankan bisnis olahan buah yang termasuk usaha kuliner, hindari memilih lokasi di tengah toko pakaian. Selain itu bisnismu juga tidak akan laku bila memilih usaha di lokasi yang tidak strategis serta sepi penduduk. 

Sesuaikan Lokasi dengan Anggaran

Salah satu prioritas yang tidak boleh dilupakan adalah anggaran dana. Jangan salah, untuk masalah anggaran ini, hindari hanya memikirkan sewa bulanan. Kamu juga harus mempertimbangkan sejumlah biaya lain selain biaya sewa. 

Contohnya saja, kamu harus mempertimbangkan masalah biaya pajak, biaya peralatan di toko, renovasi hingga sejumlah biaya tambahan lain yang mungkin tidak terduga. Dengan mempertimbangkan sejumlah aspek tersebut, kamu akan bisa mengambil keputusan dengan baik. 

Selain itu dengan mempertimbangkan sejumlah hal, biaya untuk lokasi usaha tidak akan melampaui anggaran yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. 

Tentukan Tipe Lokasi

Salah satu faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis adalah tipe lokasi. Oleh sebab itu, sebelum kamu memilih lokasi, kamu harus menentukan tipe lokasi yang kamu inginkan terlebih dahulu. 

Untuk memperluas bisnis, apakah kamu ingin membuka mobile bisnis, atau yang lainnya? tentukan jenis lokasi tersebut sesuai dengan keinginan yang kamu miliki, kemudian pastikan kamu membuka usaha dengan mengantongi izin. 

Temukan Lokasi yang Strategis dan Aman

Ketika mengoperasikan bisnis, pastikan kamu merasa aman. Keamanan ketika mengoperasikan bisnis menjadi hal yang penting dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Bukan hanya untuk keamanan diri sendiri dan pegawai, lokasi yang aman juga meminimalisir kejahatan. 

Contohnya saja seperti pencurian yang dapat terjadi di malam hari. Bila lokasi usaha yang kamu jadikan pilihan tidak aman, tindak pencurian bisa saja terjadi di malam hari, bukan?

Pertimbangkan Lokasi dengan Supplier dan Vendor

Ketika memilih usaha untuk mengembangkan atau memperluas bisnis, kamu juga harus memilih lokasi yang dapat memudahkan untuk menjangkau supplier dan vendor. Hal ini penting dijadikan sebagai perhatian agar dapat mencegah keterlambatan kedatangan produk dari supplier atau vendor tertentu. 

Akses Transportasi yang Mudah

Bila kamu mempunyai karyawan yang nantinya membantumu di outlet, kamu juga harus memastikan untuk memilih lokasi yang dilalui transportasi umum, sehingga memudahkan mereka. 

Langkah ini juga dilakukan agar kamu dapat menarik karyawan berpotensi untuk bekerja di tokomu.

Lokasi Dengan Kompetitor yang Sedikit

Pastikan memilih lokasi usaha yang tidak memiliki banyak kompetitor di sekitar area tersebut. Pelaku usaha harus memilih lokasi yang membuat produk buah olahan yang kamu jual dibutuhkan. 

Pilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Buah Olahan

Selain mempertimbangkan sejumlah faktor di atas, berikut sejumlah rekomendasi lokasi yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi, antara lain:

Depan Minimarket

Untuk memperluas bisnis buah olahan, kamu bisa memilih lokasi depan minimarket. Salah satu keuntungan lokasi usaha ini adalah tidak ada risiko terkena gusur. Selain itu, karena minimarket sudah mengurus izin resmi, kamu tidak perlu mengurus izin untuk menggunakan tempat tersebut. 

Bukan hanya itu, biasanya, harga sewa lokasi usaha di depan minimarket juga terjangkau. Biasanya harga sewanya hanya Rp200 hingga Rp500 tergantung dari daerah atau kota. 

Membuka Booth di Mall

Bila dibandingkan dengan area depan minimarket, memang membuka booth di mall memiliki harga sewa yang lebih mahal. Lebih-lebih ada persaingan usaha nantinya. Jika di dalam mall sudah terdapat bisnis olahan buah, kamu harus bersaing ketat dengan kompetitor tersebut. 

Selain itu, bila tertarik memilih booth di mall, kamu akan perlu memberikan proposal pengajuan. Nantinya, dari proposal ini, mall akan menilai apakah olahan buah yang kamu miliki mendapat izin untuk dijual di mall tersebut atau tidak. 

Dekat Kampus

Selama kamu memiliki harga olahan buah yang terjangkau, memilih tempat kuliner di kampus atau sekolah bisa menjadi peluang yang bagus. Biasanya, murid serta mahasiswa memiliki keuangan terbatas, sehingga mereka akan mencari kuliner dengan harga murah. 

Kamu bisa memilih outlet yang dekat dengan kampus atau dekat dengan tempat kost mahasiswa, sehingga mereka akan lebih mudah menjangkau bisnismu. Namun, kamu juga harus memastikan jika tidak banyak bisnis sejenis yang berada di sana.

Dengan mempertimbangkan faktor penting pemilihan lokasi untuk memperluas bisnis olahan buah, kamu bisa memilih lokasi usaha yang tepat. Jangan lupa, pertimbangkan juga sejumlah lokasi di atas, ya.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis olahan buah kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Perluas Bisnis Olahan Buah? Pertimbangkan Faktor Memilih Lokasi ini

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​