Home » Strategi-bisnis » Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Rice Box

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Rice Box

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Rice Box

Sepertinya semua pebisnis tahu betul bahwa bisnis mereka tidak akan pernah lepas dari kompetitor. Bagaimanapun juga persaingan bisnis memang akan selalu ada dan harus dihadapi dengan bijak. Pebisnis harus tahu bagaimana cara mengatasi banyaknya kompetitor dengan sehat tanpa merugikan pihak manapun. Ini akan menjadi senjata andalan untuk bisa bertahan dan terus berkembang di dunia bisnis.

Mengatasi Banyaknya Kompetitor Bisnis Rice Box

Saat ini ada cukup banyak orang yang menjalankan bisnis rice box. Produk rice box itu sendiri cukup mudah untuk dicintai dan diminati oleh banyak orang. Jadi bukan hal yang aneh jika sekarang muncul berbagai merek dan varian produk rice box.

Demi mengatasi persaingan yang ketat tersebut, pelaku bisnis bisa menerapkan cara-cara berikut ini:

Hindari Tindakan Plagiasi

Prinsip pertama yang harus dipahami jika kamu ingin menghadapi kompetitor dengan bijak adalah hindari tindakan plagiasi dalam bentuk apapun. Ini merupakan salah satu godaan terbesar bagi para pelaku bisnis. 

Saat ada banyak kompetitor di sekitarnya maka akan muncul godaan untuk melakukan plagiasi atau meniru apa yang dilakukan kompetitor. Risikonya semakin besar apabila kompetitor punya track record yang jauh lebih baik dan konsumen yang jauh lebih banyak jumlahnya. 

Tidak perlu menjadi peniru tapi belajarlah dari strategi dan produk yang mereka hadirkan. Menjadi peniru hanya akan membuat bisnismu semakin terpuruk. Brand value yang kamu kembangkan juga bisa ambruk karena hal ini. 

Pahami Target Pasar

Langkah berikutnya untuk mengatasi banyaknya kompetitor adalah coba pahami target pasar bisnismu sendiri. Ingat, produk yang dihadirkan boleh saja sama yaitu rice box

Tapi targetnya bisa jadi berbeda dan target inilah yang akan menentukan cakupan bisnismu sendiri. Jadi tidak perlu takut dengan adanya banyak kompetitor selama kamu paham dan kenal dengan baik siapa target pasarmu. 

Memahami target pasar dengan baik akan membantu kamu untuk lebih mudah menjalankan strategi marketing. Jika strategi marketing-nya tepat maka prospek penjualan juga pasti jadi lebih bagus. 

Tidak perlu ribet mengurusi kompetitor atau takut menghadapi mereka. Selama kamu fokus pada target pasar sendiri maka bisnis pasti bisa berkembang lebih pesat. 

Berikan Ide yang Fresh

Salah satu strategi tepat untuk bersaing dengan kompetitor adalah kreativitas. Ciptakan ide-ide kreatif yang benar-benar fresh dan masih baru. Ini akan membantu brand value bisnismu jauh lebih unggul daripada milik kompetitor. 

Tidak perlu meniru ide dari kompetitor. Cukup fokus saja kembangkan ide sendiri yang jauh lebih fresh agar bisa menarik konsumen lebih banyak. Tentunya pencarian ide seperti ini tidak akan berjalan mudah. 

Kamu harus melakukan brainstorming sehingga muncul ide-ide menarik yang benar-benar baru. Coba cari juga banyak referensi dari berbagai sumber agar kamu bisa mendapatkan ide bisnis rice box yang jauh lebih menarik.

Jangan lupa, dalam mengeluarkan ide-ide baru ini kamu juga harus menyesuaikan target pasar dan tren yang sedang berjalan. 

Ciptakan Keunikan Tersendiri

Cobalah menciptakan keunikan tersendiri untuk brand atau bisnis yang kamu jalankan. Ini akan menjadi solusi tepat dan sehat untuk menghadapi kompetitor. 

Tidak perlu menggunakan cara licik apalagi merugikan pihak lain dalam hal ini. Cukup fokus pada bisnis sendiri dan ciptakan keunikan yang akan membuat bisnismu punya ciri khas.

Adanya keunikan atau ciri khas ini akan membuat bisnismu lebih mudah diingat oleh pasar. Rice box yang kamu jual akan lebih mudah dikenali dan diingat. 

Pelanggan pun bisa lebih mudah melakukan repurchasing. Selain itu keunikan ini juga akan meningkatkan kredibilitas brand-mu di mata publik. 

Belajar dari Kompetitor

Adanya kompetitor sebenarnya bisa dipandang sebagai hal yang positif. Kompetitor bisa menjadi media belajar bagi kamu dalam mengembangkan bisnis

Belajarlah bagaimana cara kompetitor dalam mengembangkan bisnisnya. Cari tahu apa yang kompetitor lakukan sehingga bisa menjual produknya dengan baik. 

Mengamati kompetitor adalah langkah tepat yang bisa kamu lakukan agar bisa bertahan di dunia bisnis. Jangan menghindari mereka karena justru ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. 

Kamu bisa mengamati kompetitor lalu melakukan analisis mengenai strategi bisnis mereka. Dari sini kamu jadi lebih mudah menyusun strategi untuk mengungguli kompetitor. 

Hadapi Kompetitor dengan Langkah Bijak!

Di zaman sekarang ini persaingan bisnis memang sangat ketat. Apalagi untuk bisnis kuliner dengan produk rice box yang sangat populer di masyarakat. Sudah pasti kamu akan menemui kompetitor dalam perjalanan bisnis tersebut. 

Jadi silakan hadapi saja dengan langkah bijak dan jangan pernah berniat untuk melakukan cara-cara licik. Kompetitor justru bisa membantu kamu untuk meningkatkan keterampilan dalam berbisnis. 

Bahkan kompetitor bisa jadi sumber ide yang akan membuat bisnismu semakin populer. Sebanyak apapun kompetitor bisnis di sekitarmu, jika kamu punya keunikan dan mampu memahami target pasar maka tidak masalah. 

Ada banyak strategi mengatasi banyaknya kompetitor yang bisa diterapkan. Tentunya memang kamu harus lebih cerdas lagi dalam mengelola bisnis dan mengenali target pasar. 

Jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi agar bisnis yang kamu jalankan bisa lebih unggul dari kompetitor dan mengalami perkembangan sesuai target yang kamu harapkan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis rice box kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​