Home » Strategi-bisnis » 5 Trik Memperoleh Pelanggan Setia untuk Bisnis Wisata

5 Trik Memperoleh Pelanggan Setia untuk Bisnis Wisata

5 Trik Memperoleh Pelanggan Setia untuk Bisnis Wisata

Membangun bisnis wisata merupakan salah satu hal yang menjanjikan. Pasalnya, semua orang ingin melepas penat dari keseharian mereka dengan berwisata. Namun, tak jarang pelanggan di tempat wisata hanyalah pelanggan yang datang sekali saja. Lalu, bagaimana kiat menciptakan pelanggan setia di bisnis wisata?

5 Cara Menarik Pelanggan Setia Pada Bisnis Wisata

Berikut ini adalah 5 cara dan trik agar pelanggan wisata milikmu menjadi pelanggan setia:

Beri Diskon Menarik untuk Kunjungan Skala Tertentu

Memberi diskon menarik adalah salah satu upaya jitu untuk menarik pelanggan. Namun, khusus untuk menarik pelanggan setia, tidak sembarang diskon yang bisa kamu berikan. Ada trik pemberian diskon tersendiri untuk memikat pelanggan setia, salah satunya adalah diskon pada skala tertentu.

Maksudnya, kamu dapat memberikan diskon pada pelanggan ketika pelanggan melakukan kunjungan ke-sekian. Contohnya, diskon 30% pada kunjungan ke 5. Hal ini akan membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi tempat wisata kamu lagi, dengan tujuan mendapatkan diskon di akhir.

Adapun beberapa cara untuk melakukan pemberian diskon, adalah:

  • Buat tanda semacam kartu dengan beberapa kolom kosong. Lalu tandai setiap pengunjung melakukan kunjungan wisata.
  • Jangan buat angka syarat kunjungan terlalu besar. Maksimal 10, agar pelanggan tidak merasa terlalu terbebani.

Beri Fasilitas dan Pelayanan yang Unggul

Fasilitas merupakan salah satu syarat kunci untuk menarik pelanggan. Pelanggan kebanyakan akan melihat fasilitas yang diberikan tempat wisata dan menjadikannya indikator penilaian. Apakah tempat wisata ini dapat dikunjungi ulang atau tidak? Adapun beberapa rekomendasi fasilitas yang sebaiknya ada adalah:

  • Toilet dan Kamar Mandi
  • Mushola
  • Tempat Wudhu
  • Smoking Area
  • Tempat Khusus Ibu dan Anak
  • Charging Station
  • Gazebo atau Bangku Santai
  • Klinik Kesehatan

Selain sarana dan prasarana, pelayanan di tempat wisata harus dilakukan secara optimal. Pastikan petugas ada di setiap sudut tempat yang siap sedia melayani. Pastikan karyawan mengerti seluruhnya tentang tempat wisatamu. Kamu dapat melihat wisata Jatim Park Group sebagai gambaran wisata berfasilitas lengkap.

Berkolaborasi dengan Bisnis Lain untuk Mengadakan Event

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah berkolaborasi dengan bisnis lain untuk mengadakan event tertentu. Mengadakan event adalah salah satu cara mengenalkan bisnis wisatamu ke pasar yang lebih luas. Setelah itu, kamu dapat memberikan kupon diskon, agar peserta ingin kembali berkunjung ke wisatamu.

Umumnya, berbagai bisnis akan banyak mengadakan event untuk meningkatkan penjualan, ini adalah kesempatanmu berperan sebagai penyedia tempat. Berikut adalah rekomendasi event yang dapat kamu ajak bekerja sama:

  • Acara internal kantor seperti HUT perusahaan, perayaan hari besar kantor dan lain sebagainya.
  • Seminar kecantikan oleh perusahaan produk kecantikan.
  • Acara anak-anak oleh komunitas atau perusahaan yang berkaitan dengan anak.
  • Acara festival khusus yang diadakan oleh pemerintah, seperti festival seni dan sebagainya.

Untuk menjalin kerja sama dengan bisnis lain, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan. Kamu dapat mempelajari hal-hal tersebut di sini. Pastikan dalam kolaborasi tersebut, kamu juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan tempat wisatamu.

Memaksimalkan Promosi

Kunci sukses sebuah bisnis untuk menarik banyak pelanggan setia adalah melakukan promosi yang optimal. Hal itu berlaku juga untuk bisnis wisata. Dengan melakukan promosi yang maksimal dan konsisten, para audiens akan tertarik untuk mengunjungi kembali tempat wisata mu.

Promosi tempat wisata dapat kamu lakukan secara online maupun offline. Berikut adalah beberapa cara melakukan promosi wisata secara online:

  • Menggunakan layanan iklan berbayar, seperti Instagram Ads, Google Ads, TikTok Ads dan sebagainya. Tarif promosi mulai dari Rp 50 ribu tergantung pada jangkauan yang kamu inginkan.
  • Mengundang selebgram untuk mengunjungi tempat wisatamu dan melakukan review melalui akun Instagram selebgram tersebut. Tarif mulai dari Rp 1 juta tergantung pada besarnya akun dan jenis konten.
  • Membuat kompetisi vlog atau pembuatan konten bagi pengunjung dengan cara mengunggah konten serta menandai akun bisnis mu pada postingan mereka. Kemudian, berikan hadiah dan penawaran menarik pada para pemenang.

Sedangkan promosi secara offline dapat dilakukan dengan:

  • Memasang poster pada reklame jalan raya dengan tarif mulai dari Rp 1,5 juta.
  • Menyebarkan brosur tempat wisata di lokasi ramai, seperti pasar minggu, car free day, dan lain sebagainya dengan tarif mulai Rp 50 ribu untuk pembuatan brosur.

Bangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menarik pelanggan setia adalah dengan membangun hubungan baik dengan pengunjung. Membangun hubungan baik akan memberikan kesan dekat, antara bisnis dan pelanggan. Berikut adalah beberapa cara membangun hubungan baik:

  • Membuat konten secara konsisten di media sosial.
  • Mengucapkan selamat atas perayaan hari besar tertentu melalui kontak pribadi (jika ada) atau media sosial.
  • Aktif dan tanggap pada pelayanan customer service.

Untuk cara membangun hubungan dengan pelanggan lebih mendalam, kamu dapat menonton video di sini.

Yuk, Terapkan Cara Di Atas untuk Menarik Pelanggan Setia!

Itu tadi adalah 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat pengunjung bisnis wisata menjadi pelanggan setia. Selain dibutuhkan cara dan trik, juga dibutuhkan konsistensi untuk menarik pengunjung setia. Untuk itu, jangan lelah dan terus memaksimalkan segala peluang, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Trik Memperoleh Pelanggan Setia untuk Bisnis Wisata

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​