Home » Strategi-bisnis » Langkah Promosi Bisnis Laundry yang Tepat di Media Sosial

Langkah Promosi Bisnis Laundry yang Tepat di Media Sosial

Langkah Promosi Bisnis Laundry yang Tepat di Media Sosial

Promosi bisnis laundry di media sosial perlu dilakukan dengan tepat agar tujuan bisnis yang sudah kamu rencanakan tercapai. Lantas, bagaimana cara melakukan promosi bisnis laundry di media sosial yang tepat? Simak langkah-langkahnya di artikel ini!

Langkah Promosi Bisnis Laundry di Media Sosial

Supaya strategi promosi bisnis laundry di media sosial berhasil, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Kemas Konten dengan Desain dan Kualitas Terbaik

Salah satu cara agar audiens tertarik mengikuti dan tidak pernah bosan mengunjungi akun media sosial bisnis laundry milikmu adalah mengemas konten yang diunggah dengan desain dan kualitas terbaik.

Usahakan desain yang kamu gunakan bisa menjadi ciri khas bisnis laundry milikmu yang mudah dikenali oleh audiens.

Contoh kompetitor bisnis laundry yang menggunakan desain menarik dalam setiap unggahannya adalah @qeenlaundry.pku yang menggunakan desain berwarna ungu identik dengan ciri khas mereka.

Selain menggunakan desain dengan konsep warna ungu, akun laundry tersebut juga mengunggah foto atau video dalam kualitas terbaik. Perpaduan konsep dengan kualitas konten yang diunggah tentu menjadi daya tarik bagi audiens.

Dari contoh di atas, kamu bisa menghadirkan sentuhan warna pada desain poster atau ciri khas lain yang menunjukkan identitas laundry milikmu. Kamu bisa mendapatkan beragam inspirasi desain poster di aplikasi Canva.

Mengunggah Konten yang Edukatif dan Informatif

Menarik jumlah pengunjung di media sosial juga bisa dilakukan dengan mengunggah konten yang sifatnya edukatif dan informatif.

Khusus untuk bisnis laundry, kamu bisa mengunggah konten-konten seputar cara memilih parfum yang tahan lama, tips menyetrika baju, hingga tips mencuci pakaian sesuai dengan jenisnya.

Semakin edukatif dan informatif konten yang kamu unggah, maka semakin banyak audiens yang mengunjungi media sosial laundry milikmu. Dampak baiknya adalah promosi yang akan kamu lakukan menjadi lebih mudah, karena sudah memiliki banyak pengikut.

Jika kamu membutuhkan banyak ide menarik untuk konten bisnis laundry, gunakanlah fitur hashtag (#) di kolom pencarian. Misalnya, #bisnislaundry, #bisnislaundrykiloan, #bisnislaundryjakarta, dan lainnya.

Bangun Hubungan yang Lebih Dekat dengan Audiens

Jika ingin promosi bisnis laundry milikmu mendapat banyak perhatian dari audiens atau para followers, tentu saja kamu harus memiliki hubungan yang baik dengan mereka.

Nah, maka dari itu, kamu harus membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens. Caranya sangat mudah, manfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial. Misalnya, fitur tanya-jawab, polling, hingga kuis yang ada di Instagram.

Gunakan fitur-fitur tersebut dengan menghubungkan bisnis laundry milikmu. Misalnya, membuat konten polling seputar parfum laundry yang paling banyak disukai.

Membangun kedekatan dengan audiens juga bisa kamu lakukan melalui kolom komentar. Jawablah pertanyaan para audiens yang berkaitan dengan layanan laundry milikmu, seperti harga per kilo, jenis-jenis parfum yang dimiliki, hingga jasa tambahan lainnya.

Manfaatkan pula fitur live yang ada di Instagram guna menyapa audiens. Pada tahap ini, kamu boleh menanyakan hal-hal yang sifatnya personal, seperti domisili, kesibukan, dan lainnya. Usahakan untuk mencatat jawaban-jawaban para audiens.

Hasil dari catatan tersebut bisa kamu jadikan sebagai data tambahan konsumen untuk menyusun strategi promosi berikutnya. Misalnya, beberapa audiens adalah mahasiswa dan jaraknya tidak begitu dekat dengan lokasi laundry milikmu. Sebagai solusinya, kamu memberikan layanan antar-jemput pakaian kepada mereka.

Manfaatkan Fitur Iklan dan Endorse

Beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook sudah dibekali fitur tambahan untuk beriklan. Fitur ini sangat membantu kamu sebagai pelaku usaha laundry untuk menjangkau audiens lebih banyak lagi.

Jika kamu aktif menggunakan Facebook, gunakanlah fasilitas beriklan di dalamnya, seperti Page Like Ads, CPC, Sponsored Stories, Page Post Ads Facebook, dan lainnya.

Sebagai informasi tambahan, untuk menggunakan fasilitas beriklan dari Facebook ini. Kamu harus menyiapkan budget khusus mulai dari Rp10.000,00 hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan kebutuhan iklan yang kamu inginkan.

Selain memanfaatkan fitur-fitur iklan, kamu juga bisa menggunakan jasa endorse para selebgram untuk meningkatkan omset, lho.

Pilihlah selebgram yang memiliki jumlah pengikut banyak dan cocok dengan bisnis laundry milikmu. Misalnya, selebgram yang sudah berkeluarga dan tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian.

Salah satu selebgram yang bisa kamu ajak untuk berkolaborasi adalah Ria Ricis. Selebgram satu ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 31,3 juta dan baru saja menjadi seorang ibu. Bahkan gaya endorse-nya pun cukup menarik. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @riaricis1795.

Memberikan Promosi Spesial

Langkah promosi bisnis laundry di media sosial yang terakhir dan memberikan dampak cukup besar adalah menghadirkan promosi spesial.

Beberapa promosi spesial yang bisa kamu coba, antara lain potongan harga di hari-hari tertentu atau potongan harga untuk pakaian yang beratnya lebih dari 25 kg. Selain itu, kamu juga bisa memberikan harga spesial untuk pelanggan yang sudah 5 kali menggunakan jasa laundry milikmu dan giveaway menarik.

Salah satu kompetitor yang juga rutin memberikan promosi spesial adalah @sakulaundry.

Jika ingin menghadirkan promo menarik, pastikan audiens atau konsumen sudah memenuhi persyaratan. Ingat, kamu harus memberikan batas waktu untuk setiap promo menarik yang kamu hadirkan.

Misalnya, promo potongan harga spesial 10% untuk pelanggan yang sudah 5 kali menggunakan jasa laundry hanya berlaku dari tanggal 25 Juli sampai 10 Agustus. Atau promo kemerdekaan dengan potongan harga 17% khusus di hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

Yuk, Promosikan Bisnis Laundry di Media Sosial dengan Tepat!

Itulah langkah melakukan promosi bisnis laundry di media sosial yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Agar strategi bisnis laundry milikmu tepat sasaran, maka lakukanlah promosi di media sosial dengan tepat sekarang juga!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Langkah Promosi Bisnis Laundry yang Tepat di Media Sosial

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​