Home » Strategi-bisnis » Cara Mendapat Testimonial Positif Konsumen Bisnis Pakaian

Cara Mendapat Testimonial Positif Konsumen Bisnis Pakaian

Cara Mendapat Testimonial Positif Konsumen Bisnis Pakaian

Bagi bisnis pakaian, testimoni menjadi bagian penting yang tidak boleh disepelekan. Karena testimonial positif kerap menjadi indikator tingkat kepercayaan calon konsumen terhadap brand bisnis pakaian milikmu.

Maka dari itulah, kamu tidak boleh menyepelekan adanya testimonial dalam membangun bisnis pakaian. Sebab, tanpa disadari nantinya testimoni dari para konsumen kamu itulah yang akan menarik calon konsumen baru, sehingga tertarik untuk mencoba dan menggunakan brand pakaian dari bisnismu.

Cara Mendapat Testimonial Positif Konsumen Bisnis Pakaian

Berikut ini cara mendapat testimonial positif dari konsumen bisnis pakaian yang wajib diketahui oleh para pelaku usaha:

Bertanya Langsung Pada Konsumen

Sebenarnya, cara pertama dan paling mudah untuk mendapatkan testimonial positif dari konsumen adalah dengan bertanya langsung pada mereka. Khususnya jika konsumen tersebut sudah beberapa kali membeli brand pakaian milikmu.

Agar lebih mudah melakukannya, kamu bisa membuat link survey secara online lewat email ataupun WhatsApp Broadcast agar tidak terkesan mengganggu dan memaksa mereka.

Selain itu, kedua media tersebut juga tidak membutuhkan banyak waktu bagi konsumen. Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu memiliki data diri pribadi konsumen yang menggunakan brand bisnis milikmu, ya.

Biasanya, data tersebut bisa didapat ketika mereka mendaftarkan diri sebagai member atau ikut serta dalam kegiatan promo dan giveaway yang pernah kamu lakukan.

Jika ingin mendapatkan testimoni positif melalui survei, tentunya kamu perlu menyiapkan daftar pertanyaan yang relevan. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Apa yang kamu suka dari produk kami?
  • Bagaimana kualitas produk kami dibanding brand bisnis pakaian lain?
  • Apa kesan kamu setelah menggunakan produk pakaian dari brand kami?

Melalui Media Sosial

Sekarang ini media sosial memang menjadi platform multifungsi yang bisa kamu gunakan untuk segala jenis kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah untuk mendapatkan testimonial positif dari pelanggan.

Contohnya, media sosial Instagram yang kini menyediakan fitur pendukung dan dapat kamu manfaatkan untuk mendapat testimoni konsumen secara langsung dan praktis. Kamu bisa menggunakan fitur Q&A ketika membuat Instagram story untuk menanyakan kepuasan pelanggan terhadap produk pakaian bisnismu.

Nantinya, jawaban-jawaban dari para followers tersebut bisa kamu kumpulkan. Menariknya lagi, hasil survei yang dilakukan lewat fitur tersebut juga bisa kamu olah kembali menjadi konten testimonial, lho.

Kamu dapat memasukkan ke dalam konten di berbagai platform media sosial yang digunakan oleh bisnis pakaian milikmu dan juga membuat kolom testimoni konsumen di website. Jadi, nantinya akan lebih mudah bagi pelanggan untuk mengetahui kualitas dan citra bisnis pakaian milikmu di pasaran.

Fitur interaktif semacam ini memang terbukti sangat membantu para pemilik bisnis pakaian untuk mendapatkan testimonial positif dari konsumen. Bukan cuma itu, kamu pun bisa memanfaatkan fitur serupa untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Buat Kolom Review

Sebenarnya, kolom review sudah terpasang otomatis jika kamu memasarkan produk pakaian milik brand bisnismu di e-commerce. Sebab, hampir semua platform e-commerce pasti menyediakan kolom review yang bisa dimanfaatkan para konsumen.

Pada kolom review tersebut, konsumen yang sudah membeli dan menggunakan produk pakaian milikmu akan otomatis diminta oleh platform e-commerce tersebut untuk memberikan ulasan atau reviewnya.

Artinya, kamu tidak perlu repot-repot bertanya kepada konsumen satu per satu ataupun melakukan survei online yang cukup memakan waktu ketika proses pengumpulan datanya.

Dengan adanya kolom review ini, konsumen akan tergerak dengan sendirinya untuk mengisi ulasan dan testimoni mereka tentang produk pakaian yang kamu jual.

Namun, jika kamu memiliki website toko online sendiri, maka perlu membuat kolom review secara manual atau menggunakan plugin khusus toko online. Beberapa rekomendasi plugin WordPress untuk toko online yang bisa digunakan, antara lain WooCommerce dan BigCommerce.

Sedangkan untuk tutorial cara membuat kolom review atau testimoni di website toko online secara manual, kamu bisa tonton video di kanal YouTube Jefferly Helian. Jika kamu tidak mau dipusingkan dengan pembuatan website yang sedikit rumit bagi pemula, bisa gunakan jasa pembuatan website.

Hanya dengan harga sekitar Rp1.000.000,00 sampai Rp 3.000.000,00. Kamu sudah bisa memiliki website toko online sendiri dengan berbagai fitur yang diperlukan pada bisnis pakaian milikmu. Contohnya, kamu bisa gunakan layanan jasa pembuatan website dari Makinrajin.com.

Buat Kontes atau Giveaway Tertentu

Cara terakhir untuk mendapatkan testimonial positif dari konsumen yang bisa kamu terapkan adalah membuat kontes ataupun giveaway yang masih berkaitan dengan bisnis pakaian milikmu.

Cara yang satu ini juga terbilang mudah, karena kamu hanya perlu memberi pengumuman kontes atau giveaway yang dapat dicoba para konsumen. Syaratnya sudah pasti mengunggah foto atau video ketika menggunakan produk pakaian dari bisnismu.

Kemudian, mereka akan diminta untuk bercerita tentang kesan dan pengalaman selama menggunakan pakaian dari brand kamu. Sedangkan untuk temanya sendiri bisa disesuaikan dengan momen yang sedang menjadi tren pada saat itu.

Misalnya, momen ulang tahun bisnis pakaian milikmu atau momen kemerdekaan. Semakin banyak konsumen yang mengikuti kontes tersebut, tentu akan semakin meningkatkan brand awareness pada bisnis pakaian kamu.

Siap Tingkatkan Citra Bisnis Pakaian Milikmu?

Itu cara mendapat testimonial positif dari konsumen pada bisnis pakaian milikmu yang bisa diterapkan. Dari keempat cara tersebut, manakah yang sudah kamu terapkan pada bisnis pakaian milikmu?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mendapat Testimonial Positif Konsumen Bisnis Pakaian

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​