Home » Strategi-bisnis » Manfaat Peran Digital Marketing pada Bisnis Boba

Manfaat Peran Digital Marketing pada Bisnis Boba

Manfaat Peran Digital Marketing pada Bisnis Boba

Apa saja manfaat & peran digital marketing pada pengembangan bisnis minuman boba?

Bisnis minuman boba yang banyak digemari oleh orang, khususnya oleh remaja, membuat banyak pesaing bisnis baru bermunculan.

Hal ini menyebabkan tingginya tingkat persaingan pada bisnis minuman ini.

Nah, untuk kamu yang ingin bertahan & mengembangkan bisnis minuman boba, ada baiknya kamu mempromosikan bisnismu menggunakan teknik digital marketing.

Lalu, apa saja keuntungan digital marketing yang dapat kamu rasakan?


5 Keuntungan Digital Marketing untuk Peningkatan Bisnis Boba

Dewasa ini, digital marketing lebih banyak pemilik bisnis minati karena prosesnya yang lebih mudah, biaya yang lebih rendah, serta lebih tepat sasaran.

Nah, berikut adalah beberapa peran & manfaat digital marketing jika kamu memutuskan untuk menggunakannya pada bisnis minuman boba.

Yuk, disimak!


1. Pilihan channel pemasaran yang beragam

Keuntungan yang pertama dari penggunaan digital marketing adalah pilihan media pemasarannya yang beragam.

Pilihan channel pemasaran yang beragam dapat membantu kamu menjangkau berbagai jenis konsumen secara lebih efektif.

Misalnya, kamu memutuskan untuk melakukan promosi melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Melalui platform media sosial tersebut, bisnismu bisa berpromosi, beriklan, dan berinteraksi dua arah dengan para konsumen yang menjadi audience-mu.

Selain itu, kamu pun dapat menjalin komunikasi yang baik dan sehat dengan para konsumen melalui layanan chat seperti WhatsApp & Telegram.

Kedua platform tersebut akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi & membantu para konsumen. Terutama jika kamu juga mendaftarkan bisnismu ke layanan online delivery seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Seandainya kamu memiliki modal lebih, kamu pun bisa mengembangkan sebuah website, atau aplikasi smartphone sederhana, agar konsumen bisa lebih mudah membeli produk minuman dari bisnismu.

Semakin banyak pilihan channel dan media yang tersedia pasti akan semakin memudahkan konsumen untuk mengunjungi bisnis dan membeli produk minumanmu.


2. Biaya marketing yang lebih rendah

Strategi digital marketing untuk bisnis minuman boba juga membantu kamu dalam menghemat biaya promosi.

Hal ini berbanding terbalik dengan metode pemasaran konvensional, seperti memasang iklan di TV yang membutuhkan biaya puluhan hingga ratusan juta untuk durasi 30 detik saja.

Dengan jumlah anggaran yang sama, kamu bisa memaksimalkan pemasaran digital dengan membentuk divisi marketing.

Satu divisi terdiri dari Content Manager, Graphic Designer, Content Specialist, dan Social Media Management yang bisa membantu kamu mengelola akun media sosial bisnismu.

Sisanya bisa kamu alokasikan untuk mengoptimalkan SEO, menggunakan digital adsemail marketing, dan biaya pemeliharaan website.

Sebagai contoh, biaya iklan untuk platform media sosial Instagram & Facebook ditentukan berdasarkan CPC (cost per click) dan CPM (cost per mille).

Sedangkan pada platform TikTok, biaya ditentukan berdasarkan CPC (cost per click) dan CPM (cost per mille), dengan biaya minimum pemasangan iklan sebesar $500 per campaign.

Seandainya kamu menggunakan search engine marketing melalui Google Ads, biayanya akan selaras dengan kualitas keyword yang kamu gunakan, dan besarnya mengikuti konsep PPC (pay per click).


3. Jangkauan audience yang lebih luas

Nah, karena pilihan channel pemasaran yang beragam tadi, maka bisnismu bisa menjangkau konsumen & pasar yang lebih luas.

Hal ini karena channel digital bisa audience akses dari mana saja, sehingga banyak orang bisa melihat produkmu.

Di Indonesia, beberapa studi menunjukkan sebanyak 200 juta orang aktif menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Tentunya, hal ini berbeda dengan metode pemasaran konvensional yang terbatas karena masalah geografis, dan pastinya mengeluarkan biaya lebih banyak.


4. Hasil kinerja pemasaran yang bisa dievaluasi

Manfaat digital marketing dalam bisnis minuman boba berikutnya yang cukup penting adalah hasil pemasaran yang bisa diawasi & dievaluasi secara detail.

Hal ini penting untuk membantu kamu menilai platform & konten mana yang memang bermanfaat untuk bisnismu.

Beberapa contoh tool yang bisa kamu gunakan adalah Google Analytics untuk melihat jumlah traffic di website yang kamu buat sebelumnya.

Kamu juga bisa menggunakan Google Trends untuk memantau kinerja keyword yang kamu gunakan dalam membangun konten.

Pada platform media sosial, biasanya akun-akun bisnis bisa langsung mengakses kinerja konten yang kamu unggah melalui menu Analytics atau Insights.

Sedangkan pada platform online delivery, data-data penjualan juga sudah dianalisis melalui opsi Analytics atau Insights, dan bisa disajikan secara akurat.

Adanya data dari kinerja digital marketing ini dapat membantu kamu untuk membuat content plan di periode berikutnya.

Kamu juga bisa memperbaiki cara pemasaran jika yang sebelumnya kamu rasa kurang efektif.


5. Peningkatan penjualan yang signifikan

Manfaat yang paling penting dari penggunaan metode digital marketing ini tentunya adalah peningkatan penjualan yang signifikan.

Pasalnya, semua cara yang bisnismu lakukan tentu saja akan membuahkan hasil, di mana hal-hal tersebut bisa memberikan ruang gerak yang sangat cukup bagi bisnismu bermanuver untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, dari platform media sosial, kamu mendapatkan insight bahwa unggahan konten minuman boba varian X lebih banyak audience lihat selama 3 bulan berturut-turut.

Ini artinya mayoritas audience tersebut merasa tertarik dengan varian X yang kamu tampilkan.

Dari informasi itu, kamu bisa membuat inovasi berdasarkan komposisi varian X, serta semakin gencar dalam memasarkannya di channel pemasaran lainnya.

Konsep yang sama bisa kamu terapkan pada variasi menu yang lain.

Dengan begitu, bisnismu bisa lebih cepat tanggap dalam memahami apa yang target konsumenmu sukai.


Yuk, Gunakan Digital Marketing pada Bisnis Boba Secara Optimal!

Itulah beberapa manfaat & keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan metode digital marketing pada bisnis minuman boba yang kamu sedang jalankan.

Mulai dari pilihan channel yang beragam, biaya pemasaran yang lebih rendah, jangkauan audience yang luas, hasil kinerja marketing yang bisa kamu analisis setiap saat, hingga ke tujuan akhir yaitu peningkatan penjualan yang signifikan dalam waktu yang cepat.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Manfaat Peran Digital Marketing pada Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​