Home » Strategi-bisnis » Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Usaha Boba!

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Usaha Boba!

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Usaha Boba!

Apabila kamu hendak merintis bisnis, tentu kamu harus sudah benar-benar mempersiapkan dengan matang rencana kedepannya supaya meminimalisir risiko bisnis. Namun, meskipun rencana telah dibuat, kita tidak dapat mencegah musibah untuk tetap terjadi. Maka dari itu, kamu perlu memasukkan biaya tak terduga ke dalam anggaran bisnis yang kamu buat sejak awal.

Selengkapnya, artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga dalam ranah bisnis boba.

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga pada Bisnis Boba

Tak terkecuali bisnis boba, kamu juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Meskipun bisnis boba telah marak dan kamu bisa melihat kritik dan saran atas usaha yang telah ada sebelumnya, namun kamu harus tetap memiliki anggaran biaya tak terduga supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa itu Biaya Tidak Terduga?

Anggaran atau biaya tak terduga perlu untuk disiapkan, tak terkecuali untuk pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis. Namun, apakah kamu sudah paham dari konsep biaya tak terduga itu sendiri?

Biaya tidak terduga merupakan biaya atau pengeluaran yang muncul dengan tiba-tiba tanpa adanya aba-aba dan sifatnya yang tidak terdeteksi sebelumnya. Dalam bisnis, seperti misalnya bisnis boba, biaya tidak terduga kurang lebih memiliki pengertian yang sama, hanya saja tujuan pengeluaran biaya tersebut untuk keperluan bisnis. 

Jenis pengeluaran tak terduga dalam lingkup bisnis, di antaranya yaitu: biaya perbaikan mesin yang rusak secara tiba-tiba, biaya ketika usahamu terlibat hukum, biaya untuk keperluan asuransi, serta biaya akibat telat membayar tagihan.

Biaya Perbaikan Mesin

Salah satu macam pengeluaran tak terduga, yaitu biaya untuk perbaikan mesin yang rusak. Dalam bisnis boba, hal ini dapat terjadi ketika mesin produksi boba milikmu mengalami kerusakan. Oleh karena terjadi secara tiba-tiba, maka kamu bisa menggunakan dana darurat tersebut untuk membereskan kepentingan ini.

Biaya Ketika Terlibat Hukum

Ketika bisnismu terlibat hukum, maka kamu dapat memanfaatkan biaya tak terduga yang sudah kamu persiapkan. Menurut National Federation of Independent Business, dikatakan bahwa perusahaan atau bisnis kecil rentan mengalami kasus terlibat hukum perihal hak cipta. Apabila bisnis bobamu mengalami masalah ini, maka kamu bisa menggunakan biaya tak terduga yang sudah kamu anggarkan sebelumnya.

Biaya Asuransi

Semakin berkembangnya bisnis yang kamu rintis, maka bisnismu akan semakin membutuhkan asuransi. Dalam kasus bisnis boba, meskipun merupakan perusahaan yang baru dirintis, kamu tetap perlu untuk mendaftarkan asuransi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Biaya Akibat Telat Melakukan Pembayaran

Apabila bisnis yang kamu rintis merupakan hasil dari mengajukan pinjaman di bank, maka kamu perlu memperhatikan tanggal pembayaran cicilan. Sebab, jika telat melakukan pembayaran kamu akan menerima denda. Denda dari pembayaran-pembayaran yang telat dilakukan bisa kamu tangani dengan dana darurat.

Cara Antisipasi Biaya Tak Terduga

Pembahasan berikutnya dari mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga pada bisnis boba, yaitu cara mengantisipasinya. Untuk mengatasi permasalahan biaya tak terduga, maka kamu dapat melakukan beberapa cara ini sebelumnya.

Persiapkan Anggaran 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi adanya biaya tak terduga adalah dengan menyiapkan anggaran untuk keperluan tersebut sedini mungkin. Tidak harus dengan jumlah yang besar, tetapi biaya tak terduga ini harus ada untuk berjaga-jaga.

Tentukan Prioritas

Supaya pengeluaran tidak membengkak, maka kamu harus pintar-pintar dalam menentukan prioritas dalam bisnismu. Untuk mengeluarkan dana darurat juga kamu harus menentukan mana yang lebih genting terlebih dahulu. 

Contoh dalam dunia nyatanya kira-kira, yaitu kamu harus mengedepankan untuk memperbaiki peralatan yang rusak karena akan mengganggu kelancaran bisnis milikmu dibandingkan harus mengganti mesin lama dengan mesin baru yang memiliki kualitas lebih canggih.

Dalam kasus bisnis boba pun demikian. Kamu harus memprioritaskan pengeluaran untuk mengganti mesin cup sealer yang rusak demi bisnis bobamu dapat tetap beroperasi dibandingkan dengan mengeluarkan untuk mengganti model atau desain cup/gelas dengan yang baru.

Susun Pengeluaran

Setelah tahu pengeluaran mana yang harus kamu prioritaskan, maka berikutnya kamu harus menyusun rencana terkait seluruh keuangan yang harus kamu keluarkan. Seperti dalam bisnis boba, kamu perlu untuk menyusun rencana keuangan mulai dari penggunaan bahan baku yang hingga ke tahap pengeluaran untuk kepentingan kemasan boba.

Memisahkan Dana Darurat

Supaya mengantisipasi biaya tak terduga terpakai untuk kepentingan lain yang sebenarnya tidak darurat, maka kamu harus memisahkan uang tersebut dari uang yang lain. 

Untuk usaha boba yang baru kamu rintis, kamu perlu memisahkan dana darurat untuk kepentingan di masa mendatang dari uang yang digunakan untuk tujuan belanja bahan baku.

Asuransi

Asuransi perlu dalam setiap bisnis. Untuk mengantisipasi biaya tak terduga, kamu bisa mengatasinya dengan mendaftarkan bisnismu hingga karyawanmu ke asuransi terpercaya. 

Dengan mendaftarkan asuransi, maka ada pemindahan beban atau risiko dalam lingkup bisnis dari tanggung jawab perusahaan milikmu ke tangan perusahaan asuransi. Dalam bisnis boba, kamu bisa mendaftarkan asuransi untuk membantumu mengatasi kerugian mulai dari kecelakaan kerja hingga barang-barang yang mulai rusak.

Setelah kamu paham mengenai mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga bisnis boba, maka kamu hanya perlu mempraktekannya saja. Segera mulai bisnismu dan jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Usaha Boba!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​