Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Harga Jual dalam Bisnis Boba dengan Tepat

Cara Menentukan Harga Jual dalam Bisnis Boba dengan Tepat

Cara Menentukan Harga Jual dalam Bisnis Boba dengan Tepat

Salah satu bisnis yang prospeknya menjanjikan adalah bisnis minuman boba. Bisnis ini cocok dengan musim tropis di Indonesia. Lantas, bagaimana cara menentukan harga jual dalam bisnis boba yang tepat agar dapat bersaing?

Boba yang menjadi tren sebagai topping minuman saat ini memiliki tekstur yang kenyal dan efek yang mengenyangkan setelah dilahap. Boba memiliki rasa manis yang cocok untuk disandingkan dengan berbagai minuman teh.

Selain sedang menjadi tren, prospeknya didukung dengan kemudahan dalam pembuatannya. Di sisi lain, bisnis minuman boba sudah memiliki banyak saingan sehingga kamu harus tepat dalam menentukan harga dan kualitas agar bisa bersaing secara kompetitif.

Untuk mengetahui bagaimana cara untuk menentukan harga jual minuman boba yang tepat, simak penjelasan berikut ini ya!

Cara Menentukan Harga Jual dalam Bisnis Boba

Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menentukan harga jual minuman boba.

Ketahui Food Cost

Food cost sendiri didefinisikan sebagai uang yang diperlukan untuk memproduksi satu porsi atau satu gelas minuman boba. Secara umum, margin yang ideal pada food cost adalah 33 – 40%. Berikut beberapa rumus untuk menentukannya.

Rumus Ideal Food Cost

Ideal food cost = total biaya bahan baku satu porsi minuman / % food cost x 100

Dalam satu minuman boba membutuhkan the, air, susu, gula dan juga boba. Setelah mengetahui total biaya untuk bahan baku minuman bobamu, sebagai contoh total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 15.000,- maka harga jual yang ideal adalah:

Rp 15.000 / 40 x 100 = Rp 37.500,-

Harga tersebut merupakan harga yang ideal dan belum dipengaruhi oleh faktor keefektifan karyawan menggunakan bahan baku dan berapa jumlah produk yang terjual.

Rumus Aktual Food Cost

Actual food cost = total biaya produk / total pendapatan dari produk terjual x 100

Buat total biaya yang digunakan dalam penjualan per hari. Sebagai contoh, berapa porsi yang bisa terjual dari 1 liter susu?

Jika kamu berhasil menjual 100 porsi dengan harga Rp 37.500,- dan totalnya adalah Rp 3.750.000,- maka persentase pembagian merupakan actual food cost saat penjualan.

Dengan rumus tersebut, actual food cost minuman boba yang terjual yaitu

Rp 1.500.000,- / Rp 3.750.000,- x 100 = 40%

Hasil menunjukkan bahwa food cost masih dalam range normal. Jika ternyata food cost lebih tinggi maka ada baiknya kamu menaikkan harga jual minuman boba, melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan atau kurangi produksi minuman boba.

Variasi dan Topping Pada Minuman Boba

Selain memahami food cost, kamu juga perlu memahami bagaimana jenis-jenis atau variasi minuman boba di pasaran. Hal tersebut berguna untuk pertimbangan penentuan harga yang akan kamu putuskan.

Sebagai contoh, berapa perbedaan harga clear boba dengan flavoured boba jika jenis minumannya sama? Berikut adalah contoh jenis minuman boba.

  • Salted caramel boba fresh milk: pada minuman yang didasari susu murni ini dipadukan dengan salted caramel, gula aren, flavoured boba dan macchiato brulee. Harga jual minuman ini berkisar Rp 25 – 35 ribu tergantung pada ukuran gelas.
  • Yuzu sakura macchiato: pada minuman ini, bahan dasar minumannya adalah the hijau dengan rasa yuzu dan dipadukan dengan topping clear boba dan sakura macchiato. Harga jual minuman ini berkisar Rp 24 – 34 ribu tergantung pada ukuran gelasnya.

Dalam beberapa jenis produk minuman boba yang dijual, seringkali penjual menawarkan topping lebih dari satu jenis dan tentunya dengan harga tambahan. Hal tersebut bisa dijadikan inspirasi untuk bisnis minuman bobamu, lho.

Melakukan Pengecekan Harga Kompetitor Secara Online

Saat ini mengakses informasi harga jual milik kompetitor bukanlah hal yang sulit. Kamu dapat mengaksesnya dengan mudah secara online melalui website ataupun aplikasi untuk memesan makanan atau minuman online. Menarik bukan?

Cara menentukan harga jual dalam bisnis merupakan hal yang tricky. Perilaku konsumen yang berkembang termasuk memesan makanan secara online membuat mereka mengandalkan review yang ada dan membandingkan dari segi harga.

Harga yang terlalu murah bisa menimbulkan kesan kualitasnya rendah namun jika harga terlalu mahal maka konsumen akan memilih kompetitor.

Sesuaikan dengan Lokasi

Lokasi di mana gerai minuman bobamu berada menjadi penting sebagai acuan penetapan harga. Lakukanlah survei di sekitar lokasi gerai kamu berada. 

Pengecekan harga makanan atau minuman di sekitar lokasi berjualan dapat memberi gambaran terkait daya beli masyarakat sekitar. Selanjutnya, harga yang tepat akan membuat produk minuman bobamu berdaya saing.

Sudah Siapkah Menentukan Harga Jual Produk Minuman Bobamu?

Boba memang menjadi tren minuman beberapa tahun terakhir. Seiring dengan berjalannya waktu pun, berbagai inovasi muncul pada produk boba. Pasar yang besar membuat banyak pebisnis tertarik untuk terjun di dunia penjualan boba. Baik online maupun offline kamu menemukan boba dengan mudah.

Banyaknya kompetitor menuntut kamu yang terjun di bisnis boba harus menjaga kualitas produk dan juga menentukan harga yang tepat dan kompetitif agar dilirik pasar. Nah, itulah cara menentukan harga jual dalam bisnis boba dengan tepat. Semoga bermanfaat!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Harga Jual dalam Bisnis Boba dengan Tepat

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​