Home » Strategi Bisnis » Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mengembangkan Produk Hijab

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mengembangkan Produk Hijab

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mengembangkan Produk Hijab

Dengan adanya perubahan yang terjadi, sebuah produk harus dapat mempertahankan nilai yang dimilikinya, termasuk produk fashion seperti hijab. Agar dapat melakukannya, mengembangkan produk menjadi pilihan tepat. Tetapi, ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk hijab. 

Ketika mengembangkan produk bisnis fashion, kamu tidak bisa hanya mengandalkan asumsi saja. kamu harus melakukan sejumlah riset pasar agar bisa memahami, sebenarnya apa masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat serta mencari solusi agar bisa mengatasi masalah tersebut. 

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mengembangkan Produk Hijab

Proses mengembangkan produk hijab terdiri dari sejumlah tahapan yang panjang seperti menemukan ide sampai produk hijab tersebut sampai ke pengguna. Selain itu, kamu juga harus terbuka pada perubahan jika memang dibutuhkan. 

Agar produk hijab yang kamu kembangkan bisa diterima pasar serta menghasilkan keuntungan, berikut berbagai macam hal yang harus diperhatikan, seperti:

Ubah Ide

Ketika mengembangkan produk, lebih-lebih produk fashion, kamu memang harus mempunyai tujuan yang jelas. Tetapi, di satu sisi, kamu juga harus terbuka dengan adanya perubahan. Sekarang ini, ide fashion hijab yang kamu miliki bisa jadi sudah tidak relevan dengan pasar yang ada. 

Oleh sebab itu, kamu harus siap mengubah ide serta melakukan sejumlah penyesuaian. Contohnya seperti melihat tren hijab yang sedang berkembang sekarang ini. Melihat hijab yang kebanyakan diproduksi oleh kompetitor dan lainnya. 

Lakukan Modifikasi Produk

Pasar fashion memang selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga masalah serta keinginan yang dimiliki masyarakat dapat berganti. Bisa jadi, solusi yang sekarang ini ada, tidak selamanya dapat relevan dengan masalah yang mereka hadapi. 

Oleh sebab itu, terkadang produk hijab yang sudah kamu buat juga harus dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan ini seperti menambah fitur baru maupun meningkatkan produk di aspek tertentu. 

Contohnya, bila biasanya kamu membuat hijab segi empat bermotif, kamu bisa mengubahnya menjadi hijab instan, tetapi tetap terlihat elegan. Perubahan yang dilakukan memang tidak harus skala besar, bahkan perubahan kecil seperti ini malah diterima pengguna.

Buat Produk Tambahan

Jangan salah, produk tambahan pada bisnis hijab ini bukan hanya produk sampingan. Tetapi, produk tambahan ini dapat memperkuat produk utama. Contohnya, kamu membuat produk bros sebagai pelengkap hijab yang sudah ada. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Hal ini dapat menambah keyakinan pengguna dan memperlihatkan jika bisnis yang kamu miliki semakin lama menjadi semakin berkembang. Selain itu, dengan meluncurkan produk sampingan, kamu juga bisa menciptakan kombinasi produk. 

Tingkatkan Nilai Produk

Hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk hijab lainnya adalah nilai produk. Pasar serta konsumen sekarang lebih berhati-hati dalam memilih barang. mereka bahkan mempunyai kecenderungan memilih produk dengan value yang tinggi. 

Bila sudah meningkatkan value produk hijab, memikat pengguna bisa dilakukan dengan mudah. kamu dapat meningkatkan nilai dengan cara menawarkan fitur tambahan, memberikan layanan customer support profesional, memberi diskon dan yang lainnya. 

Tahapan Proses Mengembangkan Produk Baru

Ketika mengembangkan produk baru, ada berbagai macam tahapan yang harus diikuti, seperti:

Lakukan Perancangan Ide Produk Hijab Baru

Di tahap awal, lakukan perancangan ide produk hijab baru. Di sini, pasti aka nada berbagai macam ide menarik yang muncul. Ide ini bisa berasal dari mengamati produk hijab kompetitor, hasil survei konsumen, hingga ulasan dan saran dari konsumen. 

Saring dan Pilih Ide Produk

Ketika memutuskan untuk mengembangkan produk hijab, tentu akan ada begitu banyak ide produk hijab yang bermunculan. Lakukan penyaringan ide yang muncul. Tujuannya tentu saja untuk mengerucutkan ide. 

Selain itu, tujuan dari penyaringan ide ini untuk mengurangi risiko gagalnya produk, menemukan ide produk hijab yang bisa diproses ke langkah berikutnya, serta memperoleh ide produk yang tepat untuk dikerjakan atau dieksekusi. 

Lakukan Pengembangan Serta Pengujian Konsep

Proses mengembangkan produk hijab baru ini seperti mengembangkan ide menjadi konsep dan siap diuji. 

Menyusun Strategi Pemasaran

Berikutnya, susun strategi pemasaran. Kamu harus menentukan cara bagaimana agar produk tersebut dapat diterima target pasar. Untuk mengembangkan strategi pemasaran, ada berbagai poin penting yang harus dirancang. 

Poin yang harus dirancang ini seperti target pasar, strategi pemasaran, hingga biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran tersebut. 

Lakukan Analisis Bisnis

Dalam tahap ini, produk yang sudah ditetapkan, dilakukan analisis berkaitan dengan tingkat ketertarikan target pasar pada produk. Bukan hanya itu, kamu juga harus melakukan analisis anggaran, profil produk hingga proyeksi penjualan. 

Untuk bagian proyeksi penjualan, kamu bisa memperolehnya dari sejarah produk lain atau melihat produk yang sudah ada dipasaran. 

Kembangkan serta Sempurnakan Produk

Biasanya, produk yang direncanakan belum berbentuk produk yang dipasarkan, tetapi baru konsep visual serta deskripsi. Setelah berhasil menjalankan tahap analisis bisnis, produk yang memenuhi kriteria bisa berlanjut ke tahap pengembangan berikutnya. 

Jika perusahaan sudah siap meluncurkan produk hijab, rencana berikutnya adalah komersialisasi. Dengan memahami berbagai hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk di atas, kamu bisa lebih mudah dalam mengembangkan produk bukan?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​