Home » Strategi-bisnis » 6 Strategi Membangun Bisnis Katering Agar Semakin Berkembang

6 Strategi Membangun Bisnis Katering Agar Semakin Berkembang

6 Strategi Membangun Bisnis Katering Agar Semakin Berkembang

Untuk kamu yang memiliki hobi memasak, bisnis katering adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan pekerjaan. Kamu bisa menyalurkan hobi sambil menghasilkan uang. Namun, strategi dalam membangun bisnis katering sangatlah penting. Yuk, kenali lebih dalam tentang strategi-strategi jitu di bawah ini!

6 Strategi Jitu Membangun Bisnis Katering

Jika kamu berniat membuka usaha dibidang makanan ini, maka pahami strategi-strategi membangun bisnis katering berikut ini agar bisnis menjadi sukses.

Menentukan Nama Brand dan Jenis Katering

Nama brand menjadi hal penting yang harus ada di bisnis katering. Kamu bisa menentukan nama brand sesudah memilih tipe katering yang ingin kamu tekuni. Sebagai contoh, Katering PKU yang bermakna katering makanan khas daerah Pekanbaru.

Pastikan kamu memilih nama brand yang mudah untuk diingat oleh khalayak umum. Tentunya, ada sentuhan katering dan memiliki makna yang bagus. Karena nantinya, nama brand akan menjadi identitas bisnis katering milikmu.

Agar strategi dalam membangun bisnis katering ini semakin maksimal, siapkan juga logo brand. Dengan demikian, bisnis katering milikmu akan terlihat profesional. Bukan hanya nama brand, mengetahui dan memilih jenis katering juga perlu kamu lakukan.

Bisnis katering memiliki empat jenis, antara lain adalah katering rumahan, katering pesta, katering perusahaan, dan katering sekolah.

Riset Target Pasar

Sebelum membangun bisnis katering, lakukan riset target pasar dan kompetitor terlebih dahulu. Perhatikan yang ditawarkan oleh kompetitor, misalnya seperti pelayanan, harga, variasi menu, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah bisnis katering milikmu mampu bersaing di pasaran atau tidak. Dengan melakukan riset, kamu bisa mematok harga pasaran. Selain itu, kamu juga bisa membuat menu makanan katering menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan.

Bagaimana cara melakukan riset pasar terhadap konsumen? Kamu bisa melakukan survei pasar dengan kuesioner, amati pasar secara mendalam, dan lakukan uji coba produk agar tahu riset pasar bisnismu.

Modal dan Peralatan Katering

Strategi dalam membangun membangun bisnis katering yang selanjutnya berkaitan dengan modal. Kamu harus menghitung anggaran belanja peralatan dapur dengan jelas. Jika kamu hanya memiliki modal sedikit, maka sebaiknya beli peralatan katering sesuai dengan kebutuhan bisnis saja.

Selain itu, memperhatikan estimasi bahan baku untuk makanan juga sangatlah penting kamu lakukan. Saran kami, sebaiknya jangan membeli bahan baku makanan dalam jumlah yang berlebihan. Kamu bisa membeli bahan baku sehari sebelum hari H, ini bertujuan agar bahan makanan tetap segar.

Perihal modal, tentunya harus mengikuti jenis katering yang akan kamu jalankan. Semakin besar anggaran modal, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Namun, kamu juga harus menyesuaikan modal dengan kemampuan yang kamu miliki. Jika bisnis katering milikmu adalah katering rumahan, sebaiknya gunakan modal dengan skala yang tidak besar. 

Misalnya, kebutuhan peralatan makan untuk katering, seperti piring, sendok, dan lain-lain senilai Rp 10 juta. Kebutuhan bahan baku makanan dan minuman katering sekitar Rp 8 juta. Maka, modal awal yang perlu kamu siapkan untuk membangun bisnis katering adalah sebesar Rp 18 juta.

Memperhatikan Kualitas Makanan

Kualitas makanan pada bisnis katering harus diperhatikan dengan maksimal. Misalnya, apakah makanannya enak dan bergizi? Jadi, kamu bisa menentukan harga sesuai kualitas makanan yang kamu tawarkan.

Lebih bagus lagi, buatlah rasa makanan katering milikmu dengan cita rasa yang begitu khas. Sehingga, bisnis katering kamu akan memiliki keunikan tersendiri. Jadi, calon konsumen akan lebih tertarik untuk menggunakan jasamu.

Kamu perlu memastikan bahwa kualitas makanan katering milikmu sudah tergolong bagus. Pastikan makanannya tetap dalam kondisi higienis dan tidak ada serangga yang masuk ke dalamnya. 

Caranya, selalu pantau bahan baku sebelum menggunakannya. Agar lebih efektif, taruh bahan ditempat yang aman seperti kulkas.

Jika kualitas makananmu kurang baik, ada kemungkinan keracunan massal akan terjadi. Jadi, kamu harus selalu memperhatikan kualitas produk katering milikmu. Dengan begitu, nama baik bisnis katering yang kamu miliki bisa terjaga.

Melakukan Pemasaran

Salah satu strategi dalam membangun bisnis katering yang tidak kalah penting adalah melakukan pemasaran. 

Bagaimana orang-orang memesan katering milikmu, jika kamu tidak promosi menu makanan di dalamnya? Kamu bisa mencontoh brand kompetitor, seperti Katering Mardika, Pangerang Catering, dan lain-lain sebagai referensi.

Untuk promosi, kamu bisa menyesuaikan dengan target pasar yang sudah kamu pilih. Jika jenis bisnis katering kamu adalah katering perusahaan, maka lakukan pemasaran di perusahaan.

Jika katering rumahan, kamu bisa mempromosikannya ke tetangga sekitar rumah atau teman dekatmu. Istilah ini disebut sebagai promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemasaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, yakni internet.

Lebih spesifik, lakukan promosi melalui sosial media, website. blog, dan iklan digital lainnya. Semakin banyak promosi, maka semakin besar pula kesempatan untuk calon konsumen mengetahui bisnismu. Jika melakukan promosi secara online, buatlah semenarik mungkin. Bisa dari foto yang diunggah, diskon, dan lain-lain.

Berikan Pelayanan Secara Maksimal

Pelayanan yang maksimal bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. Jika kamu memiliki karyawan, sebaiknya berikan pelatihan secara khusus terlebih dahulu. 

Misalnya, melatih karyawan agar bisa memasak dengan enak, memberikan pelayanan memuaskan, dan pelatihan lainnya. Ini bertujuan agar mereka dapat memberikan pelayanan yang optimal untuk konsumen.

Hindari beberapa kesalahan yang dapat membuat pelayanan terlihat buruk dan membuat konsumen enggan menggunakan jasa bisnis katering milikmu. Misalnya, karyawan kurang ramah, makanan yang dipesan salah, waktu pengantaran katering tidak sesuai awal perjanjian, dan lain sebagainya.

Yuk, Terapkan Strategi Jitu Untuk Mengembangkan Bisnis Katering Milikmu!

Ingin bisnis katering milikmu semakin berkembang pesat? Maka, terapkan 6 strategi dalam membangun bisnis katering di atas! Selamat mencoba!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Strategi Membangun Bisnis Katering Agar Semakin Berkembang

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​