Home » Strategi-bisnis » Punya Modal Minim? Coba Cara Memulai Bisnis Kursus Memasak Ini

Punya Modal Minim? Coba Cara Memulai Bisnis Kursus Memasak Ini

Punya Modal Minim Coba Cara Memulai Bisnis Kursus Memasak Ini

Jika kamu memiliki keterampilan lebih dalam memasak, mungkin cara memulai bisnis kursus memasak ini bisa jadi inspirasi untuk membuka usaha. Saat ini, banyak orang yang ingin belajar berbagai menu masakan dengan racikan resep yang lezat dan sajian yang cantik.

Tidak hanya itu, banyak diantara mereka yang juga ingin mengetahui trik-trik dalam memilih bahan makanan yang sehat, tapi tetap terjangkau oleh kantong. Hal ini membuka peluang untuk kamu membuka kursus memasak.

9 Cara Memulai Bisnis Kursus Memasak dengan Modal Kecil

Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis kursus memasak, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar peluang bisnis ini. Jika hasilnya bagus, maka kamu bisa langsung mengikuti beberapa cara memulai usaha kursus memasak di bawah ini.

Awali dari Rumah 

Tidak perlu repot-repot dahulu mencari tempat khusus untuk mengajar kursus memasak. Kamu bisa mulai dari dapurmu sendiri. Tempat ini cukup ideal untuk digunakan mengajar kursus memasak. 

Peralatan memasak pun sudah lengkap dan tersedia di sana. Jadi, kamu tinggal langsung eksekusi dan mengajak orang yang ingin belajar memasak ke dapurmu. Cara yang satu ini cukup efektif untuk menghemat anggaran, terutama untuk kamu yang masih pemula dan belum punya modal besar.

Jalin Mitra

Cara berikutnya yaitu menjalin mitra atau kerja sama dengan pihak tertentu. Perlu kamu sadari bahwa hubungan yang baik bisa menguntungkan dalam berbagai hal, salah satunya dalam berbisnis.

Dengan menjalin kerja sama yang baik, kamu bisa membangun usaha yang tadinya kecil menjadi besar. Pasalnya, kolaborasi yang kompak bisa memberikan impact positif pada bisnis kursus memasak yang kamu bangun.

Untuk mendapatkan kolaborasi ini kamu perlu menemukan tim yang solid. Mulai dari bagian manajemen, administrasi, pengajar, dan sebagainya. Pastikan orang-orang tersebut bertanggung jawab dan berkompeten tentunya.

Susun Materi yang Akan Disampaikan

Perlu diingat bahwa jenis bisnis yang akan kamu kelola adalah kursus. Tentunya akan ada proses belajar mengajar di sana, dan kamu akan menjadi guru memasak. Agar proses belajar mengajar tersebut nantinya bisa berjalan dengan lebih baik, kamu bisa menyusun terlebih dahulu materi yang akan disampaikan.

Pastikan materi-materi tersebut benar-benar kamu kuasai agar lebih mudah dalam menyampaikannya saat kursus berlangsung. Jangan lupa untuk mencantumkan materi tersebut pada saat melakukan promosi. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon peserta kursus.

Undang Koki Handal untuk Mengajar

Agar proses pembelajaran memasak tidak membosankan, sekali-sekali kamu bisa mengundang seorang koki handal untuk mengajar langsung tips memasak kepada para peserta didik. Hal ini tentu bisa memberikan kesan yang berbeda pada mereka.

Selain itu, dengan kehadiran koki handal ke kelas kamu, tidak hanya peserta didik yang akan mendapatkan ilmu baru. Akan tetapi, kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu baru dan masukan dari koki tersebut. Hal ini juga bisa menaikan kredibilitas dan reputasi dari kursus yang kamu kelola.

Waktu Kursus

Cara memulai bisnis kursus memasak selanjutnya yaitu memiliki manajemen waktu yang baik. Pasalnya, tidak hanya satu atau dua orang saja yang akan kamu ajar. Karena itu, kamu perlu membagi waktu dengan sebaik mungkin agar semua peserta yang telah mendaftar bisa berkesempatan belajar memasak bersamamu.

Jika peserta yang mendaftar sudah terlalu banyak, kamu bisa menggabungkan mereka dalam satu kelas khusus sesuai level memasak yang mereka miliki. Alternatif lainnya, kamu bisa mengajak orang lain untuk bergabung menjadi tenaga pengajar baru.

Pasang Harga Kompetitif

Untuk bisa bersaing di pasaran, tentu kamu harus memasang tarif kursus yang kompetitif. Maksud kompetitif di sini ialah tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Karena itu, sebelum menentukan harga, sebaiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga kursus memasak yang dipatok oleh kompetitor lain.

Informasi tersebut bisa jadi gambaran untukmu dalam menentukan harga kursus memasak. Harga ini bisa kamu sesuaikan dengan durasi atau jumlah pertemuan yang diinginkan oleh peserta. Selain itu, bisa juga disesuaikan dengan fasilitas kursus memasak yang disediakan.

Gunakan Marketing yang Tepat

Sama seperti mengelola bisnis pada umumnya, bisnis kursus memasak juga membutuhkan strategi marketing yang tepat. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyediakan apa yang target market butuhkan.

Kamu bisa mengetahuinya dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar yang baik juga akan membantu kamu untuk menentukan strategi promosi yang akan digunakan. 

Kelola Keuangan dengan Baik

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan seseorang pada saat merintis sebuah bisnis adalah tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Padahal, sistem keuangan yang baik bisa menghasilkan cashflow yang lebih sehat. Tentunya hal ini akan berdampak pada perkembangan perusahaan.

Konsisten

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah konsisten. Kamu harus tetap konsisten dalam menjalankan bisnis kursus memasak ini, sekalipun menghadapi banyak rintangan. Konsisten di sini juga artinya kamu bersedia menerima setiap masukan yang baik untuk senantiasa memperbaiki kualitas strategi bisnis yang kamu gunakan.

Memiliki sikap cuek dan tidak menerima masukan merupakan sikap yang buruk bagi seorang pebisnis. Pasalnya, sikap seperti ini akan membuat kamu sulit untuk berkembang. Karena itu, kamu bisa mulai mencoba menerapkan beberapa cara memulai bisnis kursus memasak di atas.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Punya Modal Minim? Coba Cara Memulai Bisnis Kursus Memasak Ini

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​