Home » Strategi-bisnis » 4 Strategi Digital Marketing Bisnis Boba Paling Jitu

4 Strategi Digital Marketing Bisnis Boba Paling Jitu

4 Strategi Digital Marketing Bisnis Boba Paling Jitu

Apa saja strategi digital marketing yang efektif dilakukan pada sebuah bisnis minuman boba?

Digital Marketing menjadi salah satu metode pemasaran yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di beberapa tahun belakangan ini, termasuk pada bisnis food & beverage seperti bisnis minuman boba.

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu pun sebaiknya juga bisa memanfaatkan momen ini dengan menerapkan berbagai strategi digital marketing pada bisnis minuman boba yang sedang kamu rintis.

Lalu, apa saja strategi digital marketing yang bisa bisnismu terapkan?


4 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Minuman Boba

Penerapan strategi digital marketing yang tepat sasaran bisa membawa bisnismu menjadi lebih unggul dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan sebagai strategi digital marketing pada bisnis minuman boba milikmu.

Silakan disimak!


1. Membuat website bisnis

Membuat sebuah website adalah langkah pertama dari strategi digital marketing dalam bisnis minuman boba.

Hal ini bertujuan agar beragam promosi yang kamu buat nantinya, bisa mengarahkan audience untuk mengunjungi website bisnismu.

Dalam bisnis minuman boba, website kamu harus menarik perhatian konsumen secara visual dengan cara berikut ini:

Pilih style dan website theme yang sesuai

Website kamu harus memiliki style yang sesuai dengan selera & karakter target konsumen.

Misalnya, kamu menargetkan bisnis minuman boba untuk kelompok konsumen remaja berusia 15 – 20 tahun.

Kamu bisa membuat website yang cocok untuk mereka, seperti menggunakan pilihan font yang lucu, atau gambar background yang warna-warni cerah.

Untuk contohnya, kamu bisa lihat di website dari brand Kokumi.

Kamu juga bisa membuat website yang lebih universal, atau cocok untuk kalangan remaja hingga dewasa.

Contoh website yang menggunakan tema universal dengan memadukan warna cerah & warna yang lebih gelap adalah website dari brand Chatime.

Unggah foto & video yang menarik

Kamu bisa unggah foto & video produk minuman yang menarik dan menggiurkan untuk setiap audience yang mengunjungi website bisnismu.

Kamu juga bisa tambahkan foto orang yang senang meminum produk boba milikmu.

Cara ini mampu menggugah keinginan audience untuk membeli produk minuman boba yang kamu jual.

Dari sisi video, kamu bisa membuat video yang menunjukkan proses pembuatan minuman, serta menonjolkan visualisasi kesegaran produk minuman boba yang kamu jual.


2. Menerapkan konsep SEO

SEO (search engine optimization) adalah salah satu ilmu digital marketing yang berfokus pada peningkatan peringkat website.

Dengan cara ini, kamu bisa menarik lebih banyak audience untuk mengunjungi website bisnismu.

Ketika seseorang mencari “Minuman boba paling segar di kota X” dan website kamu sudah menduduki peringkat pertama dalam keyword tersebut, maka website bisnismu akan muncul paling pertama.

Nah, agar kinerja website bisnismu semakin optimal, kamu bisa menulis artikel atau membuat blog tentang minuman, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnismu.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki tujuan agar pengguna internet yang mencari minuman boba terenak di kota X mengunjungi website-mu, maka tulislah artikel secara rutin mengenai produk minuman boba dengan kalimat yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah hadir di kota X.

Dengan begitu, search engine akan menunjukkan tautan website-mu kepada para pengguna internet yang memang sedang mencari produk tersebut.

Berikut adalah beberapa cara lain agar website bisnismu bisa memiliki peringkat yang baik:

  • Temukan & integrasikan keyword yang sesuai dengan keyword bisnismu.
  • Buat konten yang berkualitas.
  • Tingkatkan kinerja back-end dari website.
  • Tingkatkan waktu loading dari website.
  • Pastikan website bisnismu cukup mobile-friendly.

3. Memanfaatkan media sosial

Strategi digital marketing di masa kini telah banyak melibatkan peran media sosial dan terbukti lumayan ampuh.

Ada banyak sosial media yang bisa kamu gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, dan lain sebagainya.

Namun, dalam bisnis minuman boba, sebaiknya kamu menggunakan platform media sosial Facebook & Instagram, karena akan membutuhkan banyak visualisasi dalam menarik minat pembeli.

Penerapan digital marketing melalui platform media sosial tentunya jauh lebih mudah, karena kamu bisa langsung menyasar kelompok konsumen yang kamu inginkan tanpa membutuhkan peran keyword atau konsep SEO.

Iklan media sosial menawarkan pilihan target pasar yang lebih tepat, yang dapat menjangkau orang-orang yang menurut bisnismu paling sesuai dengan konsep bisnis minuman boba milikmu.

Kamu bisa memasang parameter target konsumen berdasarkan demografi, minat, hobi, dan parameter lainnya.

Misalnya, kamu ingin menyasar kelompok konsumen remaja yang berada di wilayah kota A.

Platform media sosial seperti Instagram & Facebook pun dapat membantu kamu dalam menampilkan iklan yang sesuai kepada para remaja di wilayah kota tersebut.


4. Memanfaatkan iklan pay per click

PPC atau pay per click adalah salah satu metode search engine marketing yang menggunakan iklan berbayar (paid ads), yang muncul di awal hasil pencarian.

Biasanya PPC memiliki tanda “ad” di depan tautannya, untuk membedakannya dari tautan organik lainnya.

Iklan ini bekerja dengan konsep serupa SEO, di mana kamu membutuhkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnismu.

Kamu bisa gunakan iklan ini jika tujuanmu adalah memperoleh banyak klik untuk website milik bisnismu.

Kamu hanya perlu membayar setiap kali ada orang yang mengeklik iklan tersebut, dan biasanya biaya tersebut disesuaikan dengan tingkat kesulitan & popularitas keyword yang kamu pilih.


Segera Terapkan Strategi Digital Marketing pada Bisnis Boba Milikmu!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melaksanakan strategi digital marketing pada bisnis minuman boba milikmu.

Mulai dari membuat website bisnis, menerapkan ilmu SEO, memanfaatkan media sosial, hingga menggunakan search engine marketing & iklan media sosial secara optimal.

Semoga bermanfaat, ya!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Strategi Digital Marketing Bisnis Boba Paling Jitu

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​