Home » Strategi-bisnis » 8 Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Minuman Boba

8 Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Minuman Boba

8 Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Minuman Boba

Slogan bisnis bukan hanya sekedar kata-kata unik saja. Slogan juga menjadi identitas yang akan membuat brand kamu menjadi mudah dikenal. Untuk yang ingin membuatnya, kami punya beberapa tips membuat slogan yang bisa menyempurnakan identitas bisnis kamu.

Di sisi lain, slogan juga memiliki banyak manfaat untuk bisnis boba yang saat ini sedang kamu jalankan. Bahkan, brand besar, baik dari dalam maupun dari luar negeri, memiliki slogan yang khas dan unik. 

Fungsi Slogan di dalam Bisnis

Sebelum mengetahui tipsnya, pertama-tama kamu sebaiknya mengenal fungsi dari slogan terlebih dahulu. Berikut adalah fungsi-fungsi yang juga menjadi manfaatnya. 

Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Fungsi utama dari slogan bisnis yaitu untuk meningkatkan awareness. Dengan slogan, dari yang tadinya tidak tahu tentang produk kamu, maka akan menjadi tahu, kemudian dari tahu akan menjadi ingat.

Langkah untuk Mempresentasikan Visi Misi

Fungsi lain dari slogan yaitu untuk mempresentasikan visi misi bisnis yang sedang kamu jalankan. Contohnya seperti slogan milik brand Philips yang berusaha menjelaskan bahwa brand ini berusaha untuk menerangkan seluruh dunia.

Pembeda dari Brand Lain

Slogan yang unik akan membangun identitas bisnis kamu, sehingga bisnis yang kamu jalankan menjadi berbeda dari produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

Brand Lebih Mudah Diingat

Slogan akan membantu memperkuat positioning produk kamu di benak market. Tujuannya yaitu agar produk kamu mudah diingat oleh masyarakat sehingga proses pemasaran menjadi lebih mudah.

Memperkuat Identitas Usaha

Slogan akan membantu menguatkan identitas dari suatu produk. Dengan slogan yang tepat, produk minuman boba kamu menjadi lebih mudah dikenal.

Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Boba

Jangan terburu-buru dalam membuat dan memutuskan slogan untuk bisnis yang kamu jalankan. Pertimbangkan terlebih dahulu aspek-aspek berikut ini agar slogan bisnis kamu tidak hanya sekedar menarik, tapi juga mampu membangun identitas yang kuat.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah tipsnya.

Membuat Slogan yang Relevan dan Jujur

Buatlah slogan yang sesuai dengan produk minuman boba yang kamu jual. Slogan atau tagline yang kamu buat bisa mencerminkan kualitas produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, buat juga slogan yang jujur sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Tujuannya agar minuman boba yang kamu jual bisa diterima oleh para customer maupun calon customer.

Menunjukkan Komitmen Usaha

Kamu juga bisa menunjukkan komitmen usaha melalui sebuah tagline. Dengan membaca slogan kamu, audiens bisa tahu kalau brand yang kamu miliki mengutamakan kepuasan dan juga kualitas produk.

Contoh slogan yang menunjukkan komitmen yaitu seperti “Segar dan Nikmat Tanpa Pengawet”. Dari tagline tersebut, audiens bisa langsung tahu kalau produk kamu tidak menggunakan bahan pengawet.

Buat Slogan yang Sederhana

Tips membuat slogan selanjutnya yaitu jangan membuat tagline yang terlalu panjang. Buatlah yang sederhana dan pendek namun menarik. Tujuannya yaitu agar lebih mudah diingat oleh audiens atau konsumen.

Sebaliknya, tagline yang terlalu panjang, akan membuat konsumen kesulitan untuk mengingatnya. Selain itu, kalimat yang terlalu panjang juga cenderung akan membingungkan audiens dalam mengingatnya.

Jangan Membuat Slogan yang Terlalu Berlebihan

Selain jujur, dalam pembuatan tagline atau slogan juga tidak boleh terlalu berlebihan. Jangan terlalu berlebihan meninggikan produk minuman boba yang kamu jual.

Kalimat yang terlalu hiperbola akan menjadi bumerang untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Dalam membuat tagline, usahakan agar tidak melakukan klaim yang berlebihan. Fokuskanlah pembuatannya pada kualitas produk kamu.

Membuat Slogan dengan Konsep Rima Puisi

Seperti yang kamu ketahui, saat ini kata-kata puitis tengah populer dan disukai oleh kaum milenial. Kamu bisa membuat slogan bergaya puisi dengan rima yang indah namun tetap menonjolkan kualitas produk kamu.

Kalimat berima akan terasa menyenangkan. Selain itu juga bisa membantu membangun kedekatan dengan konsumen.

Menekankan Keunggulan Produk

Tonjolkan keunggulan atau keunikan minuman boba yang kamu jual. Menonjolkan hal-hal ini akan membantu konsumen untuk memutuskan membeli produk kamu, karena mereka bisa langsung tahu keunggulan produk hanya dari slogan saja.

Dalam tagline produk, kamu bisa menjelaskan alasan kenapa pelanggan harus membelinya dibandingkan dengan produk milik kompetitor.

Mencari Referensi dari Brand Besar

Sebagai contoh, kamu bisa mencari tagline yang populer dari brand ternama. Referensi tidak harus dari brand yang menawarkan produk minuman boba saja. Kamu juga bisa mencari referensi dari produk lain.

Referensi ini akan membantu kamu untuk membangun struktur kalimat yang baik dan menarik. Kamu juga bisa mengetahui panjang maupun pendek kalimat yang ideal untuk slogan bisnis kamu.

Membuat Slogan Menggunakan Generator

Ingin membuat tagline atau slogan secara cepat? Kamu bisa menggunakan generator online yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya. Kamu bisa langsung mendapatkan slogan yang tepat dalam waktu beberapa detik saja.

Beberapa generator tagline yang bisa kamu gunakan diantaranya seperti Zyro, Design Hill, dan masih banyak lainnya.

Meskipun bisa membantu mempercepat proses pembuatan slogan bisnis boba, namun sayangnya cara ini memiliki kekurangan. Karena sistem generator ini berpotensi membuat slogan yang sama atau mirip dengan produk yang lain.

Itulah sejumlah tips membuat slogan yang cocok untuk bisnis minuman boba yang saat ini sedang kamu jalankan. Dengan mengaplikasikan tips di atas, sedikit banyaknya kini kamu bisa membuat slogan yang unik dan menarik.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
8 Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Minuman Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​