Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Buat Brand Bisnis Perlengkapan Bayi Semakin Dikenal

5 Cara Buat Brand Bisnis Perlengkapan Bayi Semakin Dikenal

5 Cara Buat Brand Bisnis Perlengkapan Bayi Semakin Dikenal

Bagaimana cara yang tepat untuk membuat brand bisnis perlengkapan bayi semakin dikenal konsumen?

Buat kamu yang kini menjalankan bisnis ritel di sektor perlengkapan bayi, selamat!

Pasalnya, bisnis ini termasuk sektor usaha yang bakal terus dibutuhkan, mengingat angka kelahiran di Indonesia yang cukup tinggi.

Tetapi, PR-nya adalah kamu harus mencari cara agar brand bisnis perlengkapan bayi kamu semakin dikenal luas.

Bagaimana caranya?


5 Cara Membuat Brand Bisnis Perlengkapan Bayi Semakin Dikenal

Setiap konsumen pasti ingin memberikan perlengkapan terbaik untuk anaknya, apalagi saat menjelang atau pasca kelahiran.

Namun, bagaimana caranya supaya mereka tahu & yakin bahwa brand bisnis perlengkapan bayi kamu adalah solusi dari kebutuhan mereka?

Tentu saja melalui strategi branding yang tepat berikut ini:


1. Membuat foto produk & konten yang bermanfaat

Salah satu cara untuk membuat brand bisnismu lebih menonjol dari yang lain, dan masyarakat luas lebih kenali adalah melalui foto.

Apalagi jika bisnismu berbasis online, maka foto & deskripsi produkmu harus mampu mewakili barang aslinya kepada konsumen yang berminat membeli.

Pasalnya, foto & deskripsi ini juga merupakan elemen yang harus ada saat kamu mengunggah konten bisnis.

Tak jarang konsumen malah beralih ke brand bisnis lain, lantaran foto yang yang tidak meyakinkan dan deskripsi produk yang tidak jelas.

Misalnya, tidak mencantumkan SNI, size chart, jenis bahan (apakah aman untuk bayi), dan lain-lain.

Alih-alih membuat logo brand yang menarik, tapi jika tidak kamu imbangi dengan foto & deskripsi produk yang sesuai serta lengkap, maka konsumen akan ragu dengan brand bisnismu.

Jadi, pastikan kamu mengambil foto produk yang berkualitas, dan buat konten yang bermanfaat atau menghibur, beserta copywriting yang kreatif di dalamnya.


2. Mengikuti beragam event lokal

Untuk mengenalkan brand bisnis perlengkapan bayi, kamu juga bisa ikut berpartisipasi di berbagai kegiatan publik atau event lokal, seperti pameran, baby festival, atau maternity expo.

Cari tahu berapa biaya untuk menyewa stand, atau kios, pada pameran lokal tersebut.

Biasanya, pameran perlengkapan ibu & bayi diadakan di pusat keramaian seperti di sebuah mall.

Untuk harganya juga bervariasi, tergantung skala pamerannya, umumnya mulai dari Rp2.000.000,00 (outdoor) dan Rp5.000.000,00 (indoor).

Di sini, kamu bisa menampilkan sejumlah produk terbaik kamu, mulai dari produk yang berkaitan dengan babycare, baby garment, baby gear, dan lain-lain untuk membuat konsumen yang berkunjung menjadi terkesan.


3. Memanfaatkan media sosial

Sangat penting untuk memanfaatkan potensi branding di media sosial agar brand bisnis perlengkapan bayi kamu semakin mudah konsumen kenali.

Pilih platform media sosial mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu, agar dapat memengaruhi dan berinteraksi dengan jumlah konsumen secara optimal.

Kemudian, unggahlah konten di media sosial tersebut, dan lakukan kampanye pemasaran untuk mempopulerkan bisnis perlengkapan bayi kamu.

Berikan update terhadap konsumen mengenai produk atau koleksi baru, lokasi toko, ketersediaan barang, hingga informasi seputar penawaran menarik kepada audience kamu melalui media sosial, supaya brand kamu tetap relevan.

Media sosial juga memberi kamu peluang besar untuk berinteraksi dengan konsumen yang mencari produk bayi tertentu, yang hanya dapat disediakan oleh bisnismu.


4. Mengadakan event secara berkala

Selanjutnya, adakan berbagai jenis acara atau event di toko perlengkapan bayi kamu untuk menarik perhatian konsumen baru, sekaligus membuat brand bisnismu semakin populer.

Buat event yang menyenangkan, namun juga aman untuk tamu yang sebagian besar nantinya penuh oleh orang tua dan balita.

Sesuaikan tema acara dengan konsep acara yang ramah anak.

Kamu juga bisa sediakan meja untuk mengambil snack dan minuman, dan berikan promo atau bonus spesial untuk pembelian produk tertentu.

Jangan lupa atur desain toko semenarik mungkin untuk mengundang rasa penasaran konsumen, dan membuat mereka jadi berkunjung ke bisnismu.

Jika banyak konsumen yang menganggapnya menarik, disertai dengan produk yang berkualitas & layanan yang ramah, berita tentang brand bisnis perlengkapan bayi milikmu pasti akan menyebar luas dengan cepat.


5. Melakukan kolaborasi dengan bisnis lain

Kolaborasi adalah cara yang cukup ampuh untuk menampilkan brand dan produk kamu di hadapan para audience.

Saat berkolaborasi dengan brand bisnis serupa, seperti bisnis baju bayi, perawatan ibu hamil & menyusui, dan lainnya, kemungkinan besar kamu akan dapat lebih banyak calon konsumen yang berada di target pasar bisnismu.

Sebelum itu, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum berkolaborasi dengan brand tersebut, ya.

Ini akan membantu brand perlengkapan bayi kamu untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan, dan semakin konsumen kenali.

Jangan lupa berikan giveaway, promo cashback, atau bahkan buat produk bundling khusus untuk kolaborasi yang kamu bangun ini.


Yuk, Buat Brand Bisnis Perlengkapan Bayi Kamu Semakin Dikenal!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat brand bisnis perlengkapan bayi milikmu semakin mudah konsumen kenali.

Mulai dari membuat konten yang bermanfaat, aktif mengikuti acara-acara publik, rutin mengadakan event, memanfaatkan media sosial secara optimal, hingga mengadakan kolaborasi dengan bisnis lain.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Buat Brand Bisnis Perlengkapan Bayi Semakin Dikenal

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​