Home » Strategi-bisnis » Ini 5 Cara Kembangkan Cabang di Bisnis Rental Mobil

Ini 5 Cara Kembangkan Cabang di Bisnis Rental Mobil

Ini 5 Cara Kembangkan Cabang di Bisnis Rental Mobil

Bagaimana cara yang tepat untuk kembangkan cabang pada sebuah bisnis rental mobil?

Bisnis rental mobil merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan saat ini.

Kebutuhan akan mobil sewaan kian meningkat di berbagai daerah. Untuk itu, sebagai seorang pemilik bisnis rental mobil, kamu perlu mengembangkan cabang bisnis milikmu.

Lalu, bagaimana cara mengembangkannya?


5 Cara Kembangkan Cabang di Bisnis Rental Mobil

Sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum benar-benar membuka cabang bisnis rental mobil, agar tidak mendapatkan kerugian.

Nah, berikut adalah 5 cara yang perlu kamu perhatikan dan lakukan.

Yuk, disimak!


1. Mencari lokasi lahan yang luas

Untuk mengembangkan cabang bisnis rental mobil, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mencari lokasi dengan lahan yang luas.

Lahan yang luas akan kamu perlukan untuk membuat display mobil yang akan kamu sewakan, sehingga konsumen dapat dengan mudah memilih mobil yang akan mereka sewa.

Setidaknya, kamu membutuhkan lahan dengan luas 42 – 48 m².

Biaya sewa lahan dengan luas tersebut sangat beragam, tergantung lokasi dan kenyamanan lahan. Namun, rata-rata biaya sewa lahan dengan luas antara 42 – 48 m² adalah Rp50.000.000,00 per tahun.

Selain bisa kamu gunakan untuk membuat display mobil yang bisnismu sewakan, pastikan lahan tersebut juga cukup untuk membuat fasilitas lain, seperti ruang administrasi, toilet, ruang tunggu pelanggan, hingga lahan parkir.

Kamu dapat melakukan desain lahan menggunakan aplikasi AutoCad, agar lahan yang kamu sewa bisa kamu gunakan secara optimal.


2. Memilih lokasi yang strategis

Cara mengembangkan cabang bisnis rental mobil selanjutnya adalah mencari lokasi yang strategis.

Dalam mengembangkan setiap bisnis, perlu adanya lokasi strategis untuk menunjang kinerja bisnis agar lebih dikenal banyak orang.

Adapun beberapa lokasi strategis untuk membuka cabang bisnis rental mobil, antara lain:

  • Berdekatan dengan lokasi wisata. Kebanyakan wisatawan membutuhkan kendaraan dalam waktu lama dengan harga murah, salah satu pilihannya adalah rental mobil.
  • Berdekatan dengan stasiun kereta atau bandara. Para penumpang kereta atau pesawat, umumnya tidak memiliki kendaraan pribadi di kota tujuan. Sehingga, mereka akan menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil di jasa rental.
  • Berada di dekat hotel atau penginapan. Seringkali tamu hotel merupakan wisatawan yang ingin berlibur, sehingga mereka membutuhkan kendaraan yang dapat mereka sewa dalam waktu lama.

Selain tiga rekomendasi lokasi tersebut, kamu juga dapat menentukan lokasi pengembangan cabang sesuai dengan analisis pasar dari bisnismu sebelumnya.


3. Memperhatikan kualitas & spesifikasi mobil

Karena bisnis rental mobil merupakan bisnis persewaan mobil, maka kualitas dan spesifikasi mobil akan sangat memengaruhi kesuksesan cabang bisnis.

Sebaiknya, kamu menyewakan mobil yang dikeluarkan maksimal 5 tahun ke belakang, karena fitur-fitur di dalam mobil tersebut sudah cukup modern.

Apabila memungkinkan, sebaiknya kamu menghindari mobil bekas untuk kamu sewakan kepada para konsumen. Hal ini karena kebanyakan mobil bekas mengalami sedikit atau banyak kerusakan pada mesin.

Berikut ini adalah beberapa mobil yang diminati untuk rental mobil:

  • Daihatsu Xenia
  • Toyota Avanza
  • Toyota Kijang Innova
  • Honda Mobilio
  • Honda Jazz
  • Suzuki Ertiga

4. Analisis keuangan cabang utama

Melakukan analisis keuangan bisnis merupakan hal yang perlu kamu lakukan sebelum mengembangkan cabang bisnis rental mobil.

Kamu perlu melakukannya sebelum mengembangkan cabang baru agar cabang bisnis tersebut nantinya mendapatkan keuntungan, bukan malah merugikan.

Adapun beberapa hal yang harus kamu analisis sebelum mengembangkan cabang bisnis rental mobil adalah:

  • Harga pokok penjualan
  • Keuntungan rata-rata per bulan
  • Arus kas
  • Beban usaha
  • Pajak usaha

5. Melakukan pemasaran yang tepat sasaran

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah melakukan promosi dan strategi marketing yang efektif.

Promosi perlu kamu lakukan agar cabang bisnis rental mobil yang kamu kembangkan lebih banyak orang kenali. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis, baik secara online maupun secara offline.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kegiatan promosi untuk bisnis rental mobil:

  • Menyebarkan atau menempelkan brosur promosi di tempat yang banyak orang jangkau, seperti lobi hotel, papan pengumuman di kawasan wisata dan sebagainya. Tentunya harus melalui perizinan pihak terkait, ya. Biaya cetak brosur mulai dari Rp60.000,00 per 100 lembar.
  • Menggunakan layanan iklan berbayar di media sosial, seperti Facebook & Instagram Ads, atau Tiktok Ads. Biaya iklan mulai dari Rp35.000/hari, dan jangkauan iklan dapat kamu atur sesuai dengan jumlah target pasar yang bisnismu inginkan.
  • Berpartisipasi sebagai sponsor di sebuah acara. Biasanya, banyak acara publik yang membutuhkan suntikan dana dari sponsor. Keuntungannya, bisnismu dapat acara tersebut promosikan di depan ribuan orang.

Yuk, Segera Kembangkan Cabang Bisnis Rental Mobil Kamu!

Itulah beberapa cara mengembangkan cabang untuk bisnis rental mobil yang sedang kamu rintis.

Untuk mengembangkan sebuah bisnis, tentunya memiliki berbagai tantangan tersendiri. Oleh karena itu, tetap semangat dan terus menambah wawasanmu untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ini 5 Cara Kembangkan Cabang di Bisnis Rental Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​