Home » Strategi-bisnis » 6 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Rental Mobil

6 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Rental Mobil

6 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Rental Mobil

Apa saja faktor penting dalam pemilihan lokasi untuk memperluas bisnis rental mobil milikmu?

Pilihan lokasi merupakan aspek yang berpengaruh besar untuk keberlangsungan bisnis rental mobil.

Menjalankan bisnis di lokasi yang tepat serta strategis akan membantu kamu memiliki peluang untuk memperluas bisnis, dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

Lantas, apa saja faktor penting dalam pemilihan lokasi untuk perluas bisnis rental mobil?


6 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Rental Mobil

Memilih lokasi yang salah akan berakibat fatal bagi bisnismu, dan mungkin akan mendatangkan kerugian.

Nah, berikut adalah beberapa faktor pemilihan lokasi yang tepat untuk perluas bisnis rental mobil yang penting untuk kamu ketahui dan perhatikan.

Silakan disimak!


1. Faktor akses ke lokasi

Faktor pemilihan lokasi untuk perluas bisnis rental mobil yang pertama adalah faktor akses ke lokasi.

Lokasi yang mudah konsumen jangkau sangat penting untuk kamu pertimbangkan ketika memilih tempat bisnis rental mobil.

Kamu sebaiknya memastikan bahwa letak bisnis rental mobil tidak berada di tempat yang terpencil, dengan akses jalan yang sulit.

Misalnya, tempat rental di daerah perkampungan dengan jalanan yang sempit, atau lokasi bisnis rental berada di daerah dengan jalanan yang curam dan berlubang-lubang, sehingga tidak nyaman dan aman untuk konsumen kunjungi.

Jika kamu berada di tempat seperti ini, konsumen justru enggan untuk datang.

Karena kamu menyewakan sebuah mobil, maka carilah tempat dengan jalanan yang luas dan lebar sehingga, kendaraan roda empat bisa lewat tanpa kendala.

Contohnya, di daerah sekitar jalan raya yang mudah orang-orang jangkau dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan.


2. Faktor keamanan

Faktor pemilihan lokasi yang baik untuk perluas bisnis rental mobil selanjutnya adalah faktor keamanan.

Tempat rental serta mobil yang kamu sewakan adalah aset bisnis yang nilainya tentu tidak sedikit.

Jika kamu memilih lokasi yang rawan akan bahaya pencurian, pembobolan, dan lain sebagainya kamu berpotensi mendapatkan kerugian yang berat untuk bisnis tersebut.

Sebaiknya, kamu tidak memilih tempat yang daerah sekitarnya terlalu sepi, atau rawan tindakan kriminal. Pilihlah tempat yang lebih ramai dan padat penduduk, serta relatif aman.

Sehingga nantinya, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa meminta bantuan lebih banyak orang. Contohnya, lokasi yang dekat dengan perumahan, ruko, dan lain sebagainya.


3. Faktor kompetitor

Jika kamu menemukan bahwa lokasi yang kamu incar ternyata telah memiliki banyak bisnis rental mobil serupa, maka akan lebih baik untuk kamu mencari tempat lain.

Lokasi yang memiliki banyak bisnis serupa memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Apalagi kemungkinan besar bisnis tersebut sudah memiliki nama, serta memiliki konsumen tetap dan loyal.

Sebuah bisnis yang baru kamu rintis, tentu belum memiliki nama dan citra positif di mata konsumen.

Kamu kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk mencari calon konsumen, dan membuat konsumen lama berpaling dari kompetitor.

Jadi, lebih baik kamu mengalah daripada harus menanggung risiko kerugian yang lebih besar.


4. Faktor lingkungan

Carilah lokasi untuk perluas bisnis rental mobil dengan lingkungan sekitar yang dapat mendukung bisnis kamu.

Coba cari tahu lingkungan seperti apa yang kemungkinan besar membutuhkan jasa rental mobil, sehingga dapat mendatangkan keuntungan untuk bisnis milikmu.

Contoh lokasi dengan lingkungan yang bisa mendukung bisnis rental mobil adalah tempat yang dekat dengan daerah wisata.

Kebanyakan orang berlibur akan berasal dari daerah yang jauh, sehingga mereka datang menggunakan transportasi umum, seperti kereta, bus, atau pesawat.

Saat mereka sudah berada di kota tempat berlibur, mereka tentu tidak akan memiliki kendaraan pribadi. Karena inilah, lokasi yang dekat dengan daerah wisata akan mendukung bisnis rental mobil.

Peluang kamu mendapatkan konsumen untuk menyewa mobil pasti jauh lebih besar.


5. Faktor visibilitas

Bagaimana kamu dapat membuat orang mengetahui dan mengenal sebuah bisnis baru, jika lokasi usaha terlalu sulit untuk terlihat keberadaannya?

Contoh lokasi yang sebaiknya kamu hindari adalah di dalam sebuah gang, dan jauh dari jalan raya.

Jadi, sama seperti faktor akses ke lokasi, carilah lokasi bisnis di pinggiran jalan raya dengan traffic kendaraan serta pejalan kaki yang ramai.

Sehingga nantinya, calon konsumen bisa menemukan bisnismu dengan lebih cepat saat mereka membutuhkannya.


6. Faktor luas lahan

Faktor pemilihan lokasi yang cocok untuk perluas bisnis rental mobil terakhir berkaitan dengan luas lahannya.

Ketika kamu membuka bisnis rental mobil, secara otomatis kamu akan membutuhkan tempat yang luas, di mana kamu bisa menempatkan mobil-mobil yang bisnismu sewakan.

Jika kamu memilih lokasi dengan lahan sempit, kamu juga tidak bisa menarik perhatian para konsumen, karena tidak dapat memajang berbagai mobil yang kamu sediakan.

Setidaknya, kamu harus memilih lokasi dengan ukuran lahan kurang lebih 130 m². Dengan ukuran lahan tersebut, kamu paling tidak dapat menampung hingga 12 mobil, tanpa menghitung luas bangunan.

Ukuran ini hanya sebagai patokan, dan bisa kamu sesuaikan dengan jumlah mobil yang kamu miliki.

Namun, tentu kamu tetap harus mempertimbangkan berapa jumlah anggaran yang sudah kamu siapkan. Karena semakin luas lahannya, semakin mahal harga sewa lokasi tersebut.

Rata-rata lahan dengan luas tanah lebih 100 m² di kota-kota besar di Indonesia memiliki harga sewa minimal dari Rp100.000.000,00 per tahun. Harga ini dapat berbeda, tergantung kota dan tingkat keramaian tempat.


Sudah Paham Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Rental Mobil?

Nah, itulah beberapa faktor penting dalam pemilihan lokasi yang tepat untuk perluas bisnis rental mobil milikmu.

Dengan mengetahui berbagai faktor penting tersebut, kini kamu bisa secara perlahan mempertimbangkan lokasi seperti apa yang paling baik untuk bisnis kamu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Rental Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​