Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Memulai Bisnis Roti secara Efektif bagi Pemula

5 Cara Memulai Bisnis Roti secara Efektif bagi Pemula

5 Cara Memulai Bisnis Roti secara Efektif bagi Pemula

Produksi roti saat ini bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mendulang keuntungan dari bidang bisnis. Bisnis roti sampai sekarang cukup potensial dan sangat menjanjikan karena peminatnya pun selalu ada.

Namun sebelum melangkah, kamu harus tahu cara memulai bisnis roti yang efektif dan efisien. Ini dilakukan agar kamu tidak salah strategi di tengah jalan dan harus menanggung kerugian.

Cara Memulai Bisnis Roti Bagi Para Pemula

Bagi para pemula, tentu ada tantangan besar dalam memulai jenis bisnis yang satu ini. Namun bukan berarti tidak bisa karena semua tantangan pasti bisa ditaklukkan. Kamu hanya perlu memahami langkah-langkah atau strategi yang tepat dalam memulai bisnis roti tersebut. Berikut ini adalah lima cara yang bisa dilakukan dalam memulai bisnis roti:

Buat Perencanaan Bisnis

Langkah pertama, buatlah dulu perencanaan bisnis roti yang akan dijalankan. Ingat, penyusunan rencana ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Di sini kamu bisa menyusun seperti apa konsep bisnis yang ingin dijalankan. 

Apa nama brand-nya, seperti apa konsep pelayanan konsumennya, dan lain sebagainya. Rencana ini sebaiknya kamu buat secara lengkap sampai ke hal-hal terkecil sekalipun. 

Pebisnis yang memiliki rencana matang pasti akan lebih mudah untuk mengeksekusi rencananya tersebut. Apalagi bagi para pemula yang mungkin masih harus banyak belajar. 

Jadi penyusunan rencana ini benar-benar sangat membantu arah mereka dalam menjalankan bisnis. Saat menyusun rencana, kamu bisa mencari banyak referensi dan belajar dari banyak sumber terlebih dahulu. 

Bangun Brand Identity

Selanjutnya, kamu harus mulai menyusun rencana untuk membangun brand identity dari bisnis yang akan dijalankan. Setiap bisnis harus punya brand identity yang kuat sehingga lebih mudah untuk dikenali oleh masyarakat. 

Hal ini mungkin terdengar mudah untuk dilakukan, namun pada kenyataannya cukup menantang karena ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Saat membangun brand identity inilah kamu perlu mempersiapkan nama toko, logo, tagline, dan lain sebagainya. 

Kamu juga bisa mulai mempersiapkan akun media sosial untuk membangun brand identity yang lebih kuat. Saat kamu berhasil melakukannya dengan baik maka tak akan sulit untuk merangkul target konsumen agar mau membeli produk roti yang kamu jual. 

Tentukan Jenis Roti yang Dijual

Setiap pebisnis harus tahu produk apa yang ingin dijual ke pasaran. Jika kamu ingin menjalankan bisnis roti, maka kamu juga harus tahu jenis roti apa yang akan dijual. Seperti kita tahu bahwa jenis roti yang bisa dinikmati masyarakat saat ini sangat beragam.

Kamu sebaiknya menentukan secara spesifik produk roti seperti apa yang ingin dihadirkan ke publik. Buatlah list mengenai produk roti apa saja yang akan dibuat dan dijual ke pasaran. Dari sini kamu bisa melihat seperti apa sebenarnya produk tersebut dan apakah peluangnya bagus atau tidak. 

Carilah produk roti yang disukai banyak orang dan sesuai dengan selera target pasarmu. Nanti, kamu bisa mengembangkan produk tersebut dengan berbagai varian yang membuatnya semakin diminati. 

Perhitungkan Modal

Jangan lupa, kamu harus memperhitungkan modal saat akan memulai sebuah bisnis. Modal menjadi kebutuhan utama bagi seorang pebisnis. Tanpa modal, jelas kamu akan kesulitan untuk memulai dan mengembangkan bisnis tersebut. 

Modal ini akan kamu butuhkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari produksi, marketing, kelengkapan operasional, gaji karyawan, dan lain sebagainya. 

Pada dasarnya, modal berapapun memang bisa dimanfaatkan untuk memulai sebuah usaha. Hanya saja dibutuhkan perhitungan yang matang untuk mengoptimalkan penggunaan modal. 

Dalam hal ini kamu pasti akan membutuhkan banyak referensi. Kamu juga mungkin harus melakukan survei di beberapa tempat untuk mengetahui harga bahan baku, biaya marketing, dan lain sebagainya. 

Susun Strategi Marketing

Cara memulai bisnis roti berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menyusun strategi marketing. Bagaimanapun juga persiapan bisnis yang matang harus diikuti dengan strategi marketing yang tepat. 

Penentuan teknik marketing ini harus kamu sesuaikan dengan bujet juga target pasar yang ingin disasar. Tentunya tidak bisa disamakan antara satu bisnis dengan bisnis yang lain.

Saat ini digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang banyak direkomendasikan. Media yang bisa digunakan sangat beragam, mulai dari media sosial, website, marketplace, dan lain sebagainya. 

Pelajari kembali platform marketing apa yang dirasa paling tepat dan bisa menguntungkan bisnismu. Tak ada salahnya juga untuk melakukan marketing di lebih dari 1 platform. 

Mulai Bangun Bisnismu Sekarang Juga!

Tak perlu terlalu banyak belajar teori, kamu harus segera memulainya sekarang juga. Mulailah melancarkan strategi yang dibutuhkan untuk membangun bisnis roti sesuai rencanamu. Kamu juga harus percaya diri untuk memulai bisnis yang sudah kamu rencanakan tadi. 

Mungkin masih ada kekurangan di beberapa sisi namun kamu harus berusaha untuk tetap menjalankannya karena peluang bisnis pasti selalu ada. Panduan cara memulai bisnis roti yang dibahas di sini tadi mungkin bisa kamu kembangkan lagi. 

Tentu saja langkah-langkah yang kamu ambil harus disesuaikan dengan kondisimu sendiri. Pastikan kamu tidak menyerah apalagi jika kamu masih dalam tahap memulai karena tantangannya memang besar dan banyak kesulitan yang pasti akan kamu hadapi.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Memulai Bisnis Roti secara Efektif bagi Pemula

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​