Home » Strategi-bisnis » 6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Katering

6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Katering

6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Catering

Kondisi naik dan turunnya penjualan dalam sebuah bisnis katering mungkin merupakan hal yang wajar. Namun, jika tidak disikapi dengan benar, masalah penurunan penjualan tentu akan berbahaya. Inilah alasan mengapa kamu perlu strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis katering.

6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Katering

Kondisi bisnis memang tidak akan terus menerus ideal, ini merupakan salah satu alasan mengapa pelaku bisnis harus adaptif agar bisnisnya bisa terus berkembang. Termasuk ketika bisnis katering mengalami penurunan penjualan. Ada 6 langkah dan strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya berikut ini:

Merubah Target Pasar

Ini merupakan salah satu strategi yang banyak dilakukan pelaku bisnis katering ketika menghadapi situasi pandemi. Dengan segala pembatasan acara, maka hal itu jelas berdampak langsung pada situasi katering.

Solusinya, mereka yang terbiasa menyediakan makanan untuk acara pesta, mulai merubah target pasar. Penjualan paket secara individu merupakan salah satu solusi yang didapatkan.

Kondisi pandemi sendiri membuat banyak orang takut untuk membeli makanan secara sembarangan. Di sinilah celah untuk bisnis katering bisa masuk dan mendapatkan konsumen baru.

Optimalisasi Pemasaran

Hal lainnya yang bisa dicoba sebagai strategi untuk mengatasi masalah penurunan penjualan bisnis katering adalah melakukan optimalisasi pemasaran. Penurunan penjualan bisa saja terjadi karena banyak pelanggan lama yang mulai bosan.

Jika itu terjadi, maka sudah saatnya kamu untuk mencari banyak konsumen baru. Saat ini cara untuk melakukan pemasaran ada banyak. Satu yang paling efektif dan murah adalah memanfaatkan media sosial.

Kamu bisa memanfaatkan penggunaan Google Ads, Facebook Ads, ataupun Instagram Ads. Iklan di media sosial ini juga cukup terjangkau, kamu bisa memulainya dari ratusan ribu rupiah saja. Keunggulan utamanya adalah target pasar bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan penggunaan influencer. Tarif dari influencer ini mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung besar followers dan juga engagement. Cara ini bisa kamu lakukan jika ingin mengembangkan dan memperbesar target pasar bisnis kamu.

Membuat Promo

Cara lainnya yang juga bisa kamu coba untuk bisa meningkatkan kembali nilai penjualan bisnis katering kamu adalah dengan membuat promo. Mungkin ini merupakan cara konvensional, namun langkah ini masih tetap efektif untuk kamu lakukan.

Promo ini sendiri bisa kamu lakukan dengan dua tujuan. Pertama adalah mempertahankan konsumen lama. Salah satu caranya adalah dengan memberikan semacam loyalty program untuk konsumen yang sudah sering berlangganan.

Tujuan kedua adalah untuk menjangkau konsumen baru. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memberikan free trial untuk konsumen yang mau mencoba. Cara ini juga menjadi salah satu cara cepat untuk memperkenalkan bisnis yang kamu punya.

Atau cara lainnya yang juga bisa menjadi pilihan adalah dengan memberikan paket bundling. Misalkan, kamu menyediakan paket untuk satu bulan penuh dengan harga tertentu. Cara ini cocok jika target pasar kamu adalah kalangan pekerja.

Fokus pada Pelayanan

Ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan konsumen lama sekaligus bisa mendapatkan konsumen baru. Masalah pelayanan memang menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis dengan orientasi service ini.

Masalah pelayanan ini sendiri bisa kamu lakukan dengan beberapa inovasi baru. Misalkan, kamu membuat menu baru dari yang biasanya kamu sajikan.

Semakin baik pelayanan yang kamu berikan, maka akan semakin banyak pelanggan yang mengenal bisnis kamu. Hal ini bisa terjadi dari marketing mulut ke mulut antar konsumen yang puas dengan apa yang kamu berikan.

Menyediakan Solusi

Hal lainnya yang juga bisa kamu coba lakukan untuk menjadi strategi mengatasi penurunan penjualan bisnis katering adalah dengan menghadirkan solusi tepat bagi kebutuhan konsumen. Cara ini mungkin akan sedikit rumit, karena membutuhkan riset personal.

Cara ini sendiri dilakukan oleh beberapa brand katering yang menawarkan menu makanan untuk diet, seperti Gorry Gourmet ataupun Yellow Fit Kitchen. Dalam prosesnya, mereka akan memberikan menu sesuai dengan kebutuhan nutrisi dari para konsumen. 

Meskipun terlihat rumit, namun nyatanya cara ini cukup berhasil dalam memikat banyak konsumen. Karena ada banyak konsumen yang membutuhkan menu makanan dengan nutrisi yang sangat terjaga.

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah menyediakan solusi untuk para ibu yang mungkin kesulitan menyediakan bekal untuk anak sekolah. Cara inilah yang coba dilakukan oleh Soul in a box.

Selain menyediakan menu katering umum, mereka juga menyediakan paket yang bisa digunakan untuk menu bekal anak sekolah. Tentunya hal ini juga didukung dengan penyajian menu yang akan disukai anak-anak.

Menyajikan Menu Baru

Dengan menyajikan menu baru, maka kamu bisa mendapatkan dua keuntungan. Pertama, kamu bisa menjaga pelanggan lama agar tidak bosan. Kedua, kamu juga bisa menawarkan menu baru ini untuk mendapatkan pelanggan baru.

Masalah penciptaan menu ini sendiri memang tidak akan mudah. Risikonya adalah belum tentu semua orang akan suka dengan menu baru tersebut. Namun, jika cara ini berhasil, maka keuntungan yang kamu dapatkan akan jauh lebih banyak.

Selain akan menciptakan banyak variasi, hal ini juga akan membuat bisnis kamu bisa menjangkau lebih banyak target pasar. Di sisi lain, menciptakan menu baru ini juga akan terus menjaga inovasi bisnis yang kamu lakukan.

Yuk, Tingkatkan Kembali Angka Penjualan Bisnis Katering!

Hal terpenting ketika mengalami penurunan penjualan adalah memastikan penyebab dari hal itu. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan mudah juga menentukan strategi mana yang tepat untuk dilakukan dalam mengatasi penurunan penjualan bisnis katering, seperti yang dipaparkan di atas.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Katering

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​