Home » Strategi-bisnis » 4 Ide Packaging Produk Bisnis Rendang yang Menarik

4 Ide Packaging Produk Bisnis Rendang yang Menarik

4 Ide Packaging Produk Bisnis Rendang yang Menarik

Apa saja ide packaging yang menarik untuk produk makanan di bisnis rendang?

Rendang adalah produk makanan yang jelas banyak kalangan sukai.

Meskipun tidak begitu sulit untuk menarik perhatian konsumen, sebagai seorang pemilik bisnis, kamu tetap wajib memikirkan ide packaging produk yang menarik untuk bisnis rendang.

Di bawah ini akan membahas bagaimana cara mengemas produk rendang dengan aman, dan apa saja ide packaging yang menarik. Karena, dalam bisnis kuliner, poin penting pada pengemasan adalah keamanan dan daya tarik visual.


3 Cara Aman Mengemas Produk Rendang

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu lakukan agar packaging produk bisnis rendang tetap aman hingga sampai ke tangan konsumen.

Yuk, cermati bersama!


1. Menggunakan vacuum sealer

Produk rendang adalah makanan yang dapat awet secara alami karena kekayaan rempah yang ada dalam bumbu.

Meskipun relatif awet, kamu tetap perlu mengemasnya dengan vacuum sealer.

Tindakan ini perlu kamu lakukan untuk meminimalisir kontak produk dengan udara yang dapat menurunkan kualitas produk rendang. Kamu bisa mendapatkan mesin vacuum sealer dengan harga yang terjangkau.

Mesin vacuum sealer ukuran kecil memiliki harga di bawah Rp200.000,00. Demi keamanan produk, kamu memang perlu memasukkannya ke dalam daftar aset mesin produksi.

2. Menggunakan lapisan aluminium foil

Cara packaging produk bisnis rendang kedua adalah kamu juga dapat menggunakan kemasan dengan bahan aluminium foil.

Jenis bahan ini tidak hanya kedap udara, tetapi juga dapat menahan suhu dan sinar matahari langsung. Dengan demikian, kelembaban atau perubahan suhu mencolok yang dapat menurunkan kualitas produk rendang tidak perlu terjadi.

Namun, bahan kemasan jenis ini sebenarnya tidak mutlak, selama kamu menggunakan vacuum sealer, terutama untuk produk rendang basah. Meskipun demikian, bahan ini akan membuat packaging tampak lebih menarik.

3. Menampilkan identitas brand

Apa pun jenis packaging yang akan kamu gunakan nantinya, kamu wajib menonjolkan identitas brand atau merek.

Cara yang dapat kamu lakukan adalah menambahkan logo merek pada kemasan. Selain itu, kamu juga dapat memilih warna kemasan sesuai dengan corak warna identitas brand yang kamu usung.

Contohnya adalah produk rendang dari bisnis Rendang Asese. Produk rendang yang mereka kemas dengan packaging berbahan aluminium foil ini memadukan warna kuning merah dan kuning hijau.

Sedangkan apabila kamu melihat akun media sosial mereka, kamu akan mendapati bahwa brand ini memang menonjolkan corak warna kuning.


4 Ide Packaging Bisnis Rendang yang Menarik

Setelah memastikan keamanan dan logo merek yang muncul pada kemasan, saatnya untuk memilih ide packaging yang sesuai dengan jati diri bisnis rendang, seperti berikut ini:

1. Plastik vacuum bening

Ini adalah ide packaging paling sederhana dan hemat biaya.

Membuatnya menjadi menarik adalah dengan cara mencetak desain pada plastik, atau menempelkan stiker. Brand yang pernah melakukan strategi ini adalah Rendang Rindu Bundo.

Sebelum mengganti packaging rendang dengan aluminium foil, brand ini mengemas rendang dengan plastik bening lengkap dengan stiker kecil bergambar merek.

Ide yang satu ini memiliki kelebihan, yaitu produk rendang yang nampak nyata di balik plastik bening. Dengan demikian, konsumen dapat yakin bahwa apa yang mereka beli sesuai dengan ekspektasinya.

Kelemahan ide packaging ini adalah meski tampilan produk menarik, kemasan jenis ini tidak mampu menonjolkan kesan premium.

2. Kaleng

Ide packaging berikutnya adalah menggunakan kemasan jenis kaleng.

Kemasan jenis ini cocok jika bisnis rendang milikmu memiliki target pasar yang sangat luas, sehingga sering melakukan pengiriman jarak jauh.

Selain tampak elegan dan kokoh, mengemas rendang dengan kaleng seperti yang dilakukan oleh PRONAS akan membuat produk sangat aman.

Sedangkan strategi untuk membuatnya menjadi lebih menarik adalah dengan menempelkan stiker merek pada sisi luar kaleng.

3. Toples plastik

Rekomendasi packaging produk bisnis rendang selanjutnya adalah yang paling banyak para pemilik bisnis rendang gunakan, yaitu toples plastik dengan berbagai bentuk.

Keunggulan jenis kemasan ini adalah produk yang masih nampak jelas, karena toples biasanya berwarna bening. Selain itu, jenis bahan yang kaku juga menambah nilai keamanan.

Jika ingin membuat jenis packaging ini jadi lebih menarik, kamu dapat membuat kreasi untuk menonjolkan merek bisnismu.

Salah satu brand yang mampu membuat kreasi menarik adalah Rendang UniNam. Brand ini memilih jenis plastik berkualitas tinggi, dengan bentuk tabung dan tutup yang mudah konsumen gunakan kembali.

Selain itu, stiker merek yang mereka gunakan juga tidak terlalu menutup sisi luar toples, sehingga produk rendang masih nampak jelas dan menarik.

4. Pouch dengan zipper

Ide terakhir yang tak kalah menarik adalah dengan standing pouch zipper.

Bentuk kemasan ini dapat terbuat dari bahan aluminium, plastik bening, maupun perpaduan dari keduanya.

Kelebihan dari dari jenis packaging ini adalah kesan modern, bersih, dan efisien, karena dapat dibuka-tutup. Banyak brand produk rendang yang sudah menggunakan kemasan seperti ini. Salah satunya adalah Rendang Buya.

Brand ini memanfaatkan lebar kemasan untuk memunculkan semua informasi produk yang akan konsumen butuhkan, seperti cara menghangatkan makanan, cara menghidangkannya, hingga sejarah rendang.


Yuk, Pilih Ide Packaging yang Menarik untuk Produk Bisnis Rendang!

Setiap ide packaging produk bisnis rendang memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing.

Kamu dapat memilih mana ide packaging yang paling sesuai dengan bisnismu. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya produksi dan lokasi target pasar.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Ide Packaging Produk Bisnis Rendang yang Menarik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​