Home » Strategi-bisnis » 4 Tips Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Sepatu Anak

4 Tips Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Sepatu Anak

Tips merinci catatan keuangan dalam bisnis Sepatu Anak

Pengelolaan keuangan merupakan pekerjaan penting yang harus dilakukan dengan serius dan terperinci. Oleh karena itu, kamu perlu tahu tips merinci catatan keuangan dalam bisnis sepatu anak yang baik dan benar agar tidak ada arus kas yang terlewat.

Membuat catatan keuangan sebenarnya tidak begitu sulit jika bisnis yang dijalankan tidak terlalu besar. Namun, untuk bisnis skala besar kamu membutuhkan orang yang benar-benar ahli di bidang akuntansi untuk mengurusnya. 

Tips Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Sepatu Anak yang Tepat

Merinci catatan keuangan bisnis memang bukan perkara mudah bagi pebisnis pemula yang belum memiliki pengetahuan tentang mengelola keuangan. Tapi, jangan khawatir karena kamu bisa membuatnya dengan menerapkan tips untuk merinci catatan keuangan bisnis berikut ini. 

Jangan Campur Dana Pribadi dengan Dana Bisnis

Mencampur dana pribadi dengan dana bisnis merupakan salah satu kesalahan yang sering dialami pebisnis pemula. Jika, mencampur dana pribadi dengan dana bisnis kamu akan kesulitan merinci catatan keuangan yang terjadi pada bisnismu.

Jadi, sekecil apapun bisnis sepatu anak yang kamu jalankan sebaiknya jangan mencampur rekening bisnis dengan rekening pribadi. Buatlah rekening khusus untuk bisnismu agar lebih mudah saat menata dan menghitung keuangan bisnis. 

Selain itu, menggabungkan rekening pribadi dengan rekening bisnis juga bisa menimbulkan risiko terpakainya uang bisnis untuk keperluan pribadi. Sehingga kebutuhan operasional bisnis menjadi terhambat karena uangnya terpakai untuk hal pribadi.  

Membuat Rencana Pendapatan

Langkah selanjutnya, kamu perlu menyusun rencana pendapatan bisnis untuk kedepannya. Kamu bisa melakukan langkah ini dengan memperhatikan beberapa hal, di antaranya adalah produk sepatu anak yang akan dijual, target penjualan yang harus tercapai, strategi pemasaran yang akan digunakan, dan lainnya.

Beberapa hal tersebut bisa kamu jadikan dasar perhitungan dalam menyusun rencana pendapatan bisnis dalam beberapa waktu ke depan. Dengan menentukan rencana pendapatan kamu akan memiliki gambaran berapa besar keuntungan yang akan didapatkan.

Keuntungan tersebut nantinya akan diputar kembali untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. Dalam membuat rencana pendapatan kamu harus memperhitungkan secara matang berapa target laba yang ingin dicapai, berapa persen keuntungan yang digunakan untuk cadangan kas, dan berapa persen uang untuk pengembangan bisnis.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengelola keuangan bisnis sesuai porsi yang telah direncanakan sebelumnya. 

Membuat Laporan Keuangan

Tips merinci catatan keuangan selanjutnya yang paling utama bagi setiap bisnis yaitu harus memiliki laporan keuangan. Ini karena laporan tersebut sangat berguna untuk mengevaluasi kinerja bisnis. Laporan keuangan berisi catatan informasi keuangan suatu bisnis pada suatu periode tertentu, baik itu dilakukan sebulan sekali, tiga bulan sekali, maupun satu tahun sekali.

Pada bisnis sepatu anak skala besar laporan keuangan tahunan akan dikeluarkan setelah diaudit. Untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan kamu harus membuat pembukuan keuangan yang rapi dan terperinci. 

Dengan membuat pembukuan yang rapi dan rinci kamu bisa memantau arus kas dengan mudah, mulai dari rincian jumlah dana yang masuk hingga jumlah dana yang keluar. Berikut ini cara mencatat keuangan bisnis yang benar dan tepat untuk mempermudah pemantauan keuangan:

Mencatat Pengeluaran

Pertama catatlah semua pengeluaran yang dilakukan oleh bisnismu tersebut, mulai dari pembelian produk untuk memperbarui stok hingga pengeluaran kecil untuk biaya operasional bisnis. Jadi, baik itu transaksi bernilai kecil maupun besar tetap harus kamu catat untuk mempermudah pengelola keuangan.  

Mencatat Pemasukan

Tidak hanya membuat catatan pengeluaran, kamu juga harus membuat catatan pemasukan bisnis. Contoh pemasukan yang harus dicatat, yaitu hasil penjualan sepatu anak hingga pelunasan hutang dari pihak konsumen.

Idealnya catatan pemasukan ini harus dilakukan setiap hari ketika terjadi transaksi untuk menghindari arus kas masuk yang terlewat.

Mencatat Stok Barang

Dalam membuat catatan keuangan, kamu tidak hanya harus mencatat pendapatan dan pengeluaran bisnis tapi juga perlu mencatat jumlah barang yang keluar masuk. Ketika angka penjualan tinggi maka jumlah produk sepatu anak yang keluar masuk juga akan semakin tinggi.

Sehingga harus dicatat setiap hari agar tidak ada stok barang terlewat karena nantinya catatan tersebut akan dipakai untuk memonitor jumlah persediaan barang yang kamu miliki. Serta untuk menghindari terjadinya kecurangan yang terkadang dilakukan oleh para karyawan dan supplier.

Mencatat Inventaris

Catatan inventaris berfungsi untuk mendata semua barang dan aset yang ada pada bisnismu, baik itu aset yang telah dibeli maupun telah diurus. 

Misalnya kamu menjalankan bisnis pabrik sepatu anak, maka inventaris yang perlu dicatat di antaranya adalah mesin potong sol sepatu, mesin jahit sepatu, bangunan pabrik, dan peralatan kantor (komputer, mesin fotocopy, printer, dan lain-lain).

Membuat Evaluasi Tahunan

Setelah berhasil mencatat keuangan bisnis secara rinci dan rapi setiap hari selanjutnya kamu perlu membuat evaluasi tahunan yang biasanya dilakukan di akhir tahun. Membuat evaluasi keuangan bisnis merupakan tujuan akhir dari pencatatan arus dalam satu tahun atau satu periode tertentu.

Terdapat dua alasan yang membuat evaluasi keuangan penting sekali dilakukan, pertama karena evaluasi keuangan akan memberikan informasi mengenai pencapaian yang telah diraih selama satu periode tersebut.

Melalui evaluasi tersebut kamu bisa memutuskan langkah bisnis yang tepat untuk membuat bisnis lebih berkembang. Kemudian yang kedua, evaluasi keuangan dapat memberikan informasi mengenai pola pengelolaan yang kamu lakukan dalam bisnis. Dengan begitu kamu akan menyadari jika sebelumnya ada langkah yang keliru dan harus diperbaiki.

Bagaimana Sudah Siap Memulai Bisnis dengan Keuangan yang Sehat?

Jadi, itulah tadi beberapa tips merinci catatan keuangan dalam bisnis sepatu anak yang bisa kamu coba. Pastikan kamu selalu mencatat setiap arus kas yang keluar masuk setiap harinya untuk membuat catatan keuangan yang terperinci dan lengkap.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Tips Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​