Home » Strategi Bisnis » Syarat, Biaya, dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Sepatu Anak

Syarat, Biaya, dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Sepatu Anak

Langkah penting sebelum membesarkan sebuah bisnis sepatu anak adalah cara mendaftarkan merek dagang. Urusan merek dagang di Indonesia dipegang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) di bawah Kementerian Hukum. Berikut syarat, cara, dan biaya mendaftarkan merek dagang bisnis UMKM sepatu anak-anak.

Syarat Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Sepatu Anak

Ada tiga syarat yang harus kamu siapkan sebelum melakukan pengajuan merek dagang secara online di Indonesia. Pertama, pastikan merek yang kamu ajukan belum terpakai oleh bisnis lain yang serupa. Kamu bisa mengeceknya melalui https://pdki-indonesia.dgip.go.ip.  

Misalnya, merek yang ingin kamu ajukan sama dengan merek bisnis sepatu anak yang lain. Namun, jika merek kamu sama dengan bisnis food and beverage, maka tidak jadi masalah. 

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan label merek bisnis sepatu kamu dengan ukuran minimal 2×2 sentimeter dan maksimal 9×9 sentimeter. File label merek harus dalam bentuk .JPG.

Syarat ketiga adalah kamu memiliki dokumen bukti bahwa usaha kamu adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dokumen ini adalah dokumen yang kamu dapatkan ketika mendaftarkan bisnis sepatu kamu ke Dinas Koperasi dan UMKM di kota atau kabupaten di sekitar domisili usaha. 

Biaya dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Sepatu Anak

Ada tiga langkah utama untuk mendaftarkan merek dagang bisnis sepatu anak kamu, seperti berikut ini:

1. Pengajuan Billing

Pada langkah ini, kamu akan mendapatkan invoice agar dapat membayar pengajuan merek dagang bisnis sepatu kamu di bank:

  • Langkah pertama, buka laman simpaki.dgip.go.id melalui browser terbaru, agar tidak adalah masalah di tengah jalan.
  • Isi semua data pribadi kamu yang diminta oleh pihak DJKI.
  • Ada beberapa opsi pada kolom “Jenis Pelayanan”, untuk merek dagang bisnis sepatu, pilih “Merek dan Indikasi Geografis” dan “Permohonan Pendaftaran Merek yang diajukan oleh:”
  • Kemudian akan muncul kolom baru dengan beberapa opsi di bawahnya, pilih “Usaha Mikro dan Kecil Menengah”.
  • Pada jumlah kelas, jika kamu hanya menjual sepatu anak-anak, maka tulis angka “1” pada kolom. Apabila kamu juga menjual rak sepatu, kamu tulis “2” karena kode rak sepatu adalah “20”. Kamu bisa mengeceknya lebih lengkap di https://skm.dgip.go.id/. Jumlah kelas akan mempengaruhi harga yang harus kamu bayar. Satu jenis kelas biayanya Rp 500.000.
  • Centang kolom “Saya telah membaca syarat dan ketentuan di atas”. Lalu klik “proses” dan akan muncul file invoice.
  • Kode pembayaran hanya berlaku selama 24 jam dan setelah dibayar kode pengajuan merek dagang hanya berlaku selama 14 hari. Oleh karena itu, pastikan kamu jangan terlewat. Pembayaran bisa kamu lakukan langsung ke BNI atau melalui Internet Banking dan Mobile Banking.

2. Registrasi Akun

Langkah selanjutnya cukup singkat, kamu hanya perlu menyiapkan data pribadi dan melakukan registrasi, seperti berikut ini:

  • Buka browser dan kunjungi laman https://merek.dgip.go.id, lalu klik tombol “Daftar”.
  • Isi data pribadi kamu sesuai yang diminta, untuk kolom “Pilih Konsultan”, pilih “Usaha Mikro dan Mikro Menengah”.
  • Isi captcha dan klik “Proses”. Pada layar mu akan muncul pop-up konfirmasi, jika kamu sudah yakin data yang kamu isi benar, klik “Ya”.
  • Kemudian buka e-mail dan buka pesan yang masuk dari permohonan.online@dgip.go.id. Klik tombol biru bertuliskan “Aktivasi Akun”. Lalu, kamu akan dibawa ke halaman DJKI dengan tulisan “Verifikasi Username Anda Sukses”.

3. Pendaftaran Merek Dagang Bisnis Sepatu Anak

Berikut ini cara memasukkan data merek dagang bisnis sepatu kamu:

  • Login kembali ke laman https://merek.dgip.go.id.
  • Pilih “Permohonan Online”, lalu pilih tombol “+” di atas kolom.
  • Akan muncul pop-up konfirmasi pembayaran, klik “Sudah”.
  • Pada tab general, isi data sesuai invoice. Di kolom “Tipe Permohonan”, pilih opsi “Merek Dagang”. Selanjutnya klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Pada tab pemohon, kamu hanya perlu mengisi kembali data pribadi kamu sebagai pemohon. Klik kembali tombol “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Pada tab merek, terdapat beberapa kolom yang harus kamu lengkapi. Khusus tipe merek, pilih opsi yang sesuai dengan pengajuan brand kamu. “Merek kata dan lukisan” contohnya adalah sepatu Adidas, yang mana mereka selalu menempatkan ikon dan kata “Adidas” pada produknya. Sedangkan merek “Lukisan” seperti Nike yang hanya menggunakan ikonnya.
  • Di kolom lain, kamu bisa isi sesuai dengan merek bisnis sepatu anak-anak milik mu. Jika sudah lengkap, klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Pada tab kelas, langsung klik tombol “+”. Pada pop-up yang muncul kamu diharuskan mengisi beberapa kolom. Pada kolom kelas, pilih kelas “25” untuk sepatu anak-anak. Kamu bisa memastikannya kembali dengan mengisi kolom uraian. Apabila sudah pasti, klik “Pilih” dan klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Kemudian pada tab lampiran, unggah file foto tanda tangan kamu dan file bukti bahwa bisnis sepatu anak-anak kamu adalah UMKM.
  • Tab terakhir, yaitu tab resume, akan menampilkan semua data yang sudah kamu isi. Pastikan kembali bahwa semuanya benar, kemudian klik tombol “Selesai” dan klik “Ya”.

Yuk, Segera Daftarkan Merek Bisnis Sepatu Anak!

Demikian cara mendaftarkan merek dagang bisnis sepatu anak. Kamu bisa mengecek statusnya secara berkala pada halaman “Permohonan Online”. Semoga berhasil dan perkembangan bisnis mu semakin pesat.

Ingin bisnis kamu menjadi lebih berkembang? One click to Grow Your Business,  KoinWorks NEO.

Satu aplikasi untuk membantu kamu untuk mengembangkan bisnis dan juga mempermudah operasional bisnismu.

Mulai dari gratis biaya transfer, buat invoice dan laporan keuangan otomatis, sampai dengan akses mudah untuk bertransaksi kapan pun dan dimanapun.

Cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini.

Gina Valerina

Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship
- Benjamin Franklin

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​