Home » Strategi-bisnis » 5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk Sepatu Anak

5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk Sepatu Anak

5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk Sepatu Anak

Bisnis sepatu anak bisa jadi pilihan tepat di zaman sekarang. Orang tua pasti ingin memberikan sepatu yang nyaman sekaligus stylish untuk anak-anak mereka. Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu tahu apa saja faktor yang mempengaruhi bentuk atau model produk sepatu anak. 

Jadi, ketika kamu sudah siap maka kamu bisa merilis produk sepatu anak yang benar-benar pas dengan selera pasar. 

Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk

Kamu pasti tahu bahwa saat ini ada banyak pilihan produk sepatu anak yang beredar di pasaran. Sebelum mengembangkan bisnis ini lebih jauh lagi, kamu harus tahu faktor apa saja yang bisa berpengaruh pada bentuk sekaligus model produk sepatu tersebut. 

Ini akan membantu kamu untuk menentukan desain bentuk atau model sepatu yang akan dijual. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhinya:

Perkembangan Tren

Faktor pertama yang akan berpengaruh adalah perkembangan tren di pasar. Poin satu ini memang akan selalu memberikan pengaruh pada bisnismu. Itulah mengapa sebagai pebisnis, kamu harus peka dan mampu menganalisis tren pasar dengan baik. Perhatikan seperti apa kondisi pasar saat ini dan cari tahu bagaimana perubahan di dalamnya. 

Dari sini, kamu bisa lihat seperti apa produk sepatu anak yang sedang tren dan banyak diminati di pasaran. Kamu pun dapat menentukan model dan bentuk produk sepatu yang akan kamu jual. 

Tentu saja model atau bentuknya harus sesuai dengan tren pasar yang berkembang sekarang. Hindari membuat produk yang ternyata sudah terlalu jadul dan tidak relevan dengan perkembangan pasar. 

Tujuan Pemakaian

Faktor yang mempengaruhi bentuk atau model produk sepatu berikutnya ada tujuan pemakaian konsumen yang juga akan berpengaruh pada model atau bentuk produk. Sepatu anak dibuat untuk beberapa tujuan pemakaian. Ada sepatu yang dibuat khusus untuk belajar berjalan, ada pula yang dipakai untuk aksesori bagi anak-anak yang belum bisa berjalan. 

Kemudian ada tipe produk sepatu yang dipakai untuk berjalan, olahraga, dan lain sebagainya. Setiap bentuk sepatu berbeda-beda sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Perhatikan seperti apa target pasar yang kamu miliki. 

Kamu juga bisa membuat kelompok produk-produk sepatu yang akan dijual dan pengelompokannya sesuai dengan tujuan penggunaan sepatu. Setiap kelompok punya bentuk atau model tertentu yang akan mendukung fungsinya dengan baik. 

Kelompok Usia Anak

Saat menentukan target konsumen, kamu pasti sudah tahu kelompok usia anak yang cocok memakai produkmu. Dari sini bisa disesuaikan juga bentuk atau model sepatu yang paling cocok. Sama halnya seperti tujuan pemakaian tadi, setiap kelompok usia anak pasti akan membutuhkan sepatu yang berbeda-beda. 

Ukuran kaki juga intensitas pemakaian sepatu akan bervariasi di setiap tahap usia. Jadi pastikan untuk memikirkan faktor ini dengan cermat. Model dan bentuk sepatu anak harus disesuaikan dengan tahap usianya. Kamu mungkin bisa membuat 1 tipe model sepatu namun dikreasikan sesuai usia anak. 

Ini akan membuat value produk jadi lebih tinggi dan membuat konsumen merasa semakin percaya untuk menggunakannya. Jika merasa bingung, kamu bisa mencari referensi dari berbagai sumber atau kompetitor. 

Biaya Produksi

Setiap pebisnis sepatu harus merencanakan biaya produksi dengan cermat. Biaya produksi ini nantinya akan berpengaruh pada model atau bentuk produknya. Semakin banyak biaya produksi yang tersedia maka akan semakin banyak juga peluang jenis model sepatu yang dapat diproduksi. Itulah mengapa sebaiknya perencanaan biaya produksi ini dilakukan di awal sehingga lebih mudah untuk menentukan detail produk yang akan dijual. 

Saat membuat desain model atau bentuk sepatu, cek kembali biaya produksi yang tersedia. Pertimbangkan apakah biaya tersebut bisa mencukupi atau tidak. Jika tidak maka model atau bentuk sepatu tersebut bisa direvisi sehingga biayanya akan mencukupi. Jangan lupa, perhitungan biaya produksi juga harus disesuaikan dengan rencana harga jual dari produk sepatu tadi. 

Bahan yang Digunakan

Berikutnya adalah bahan yang akan dipakai. Material utama yang akan digunakan untuk memproduksi sepatu akan mempengaruhi desainnya karena setiap bahan punya karakteristik masing-masing. 

Jika kamu sudah mendapatkan bahan utama untuk produksi sepatu, pelajari dulu karakteristiknya. Cari tahu apa saja kelebihan dan kelemahan bahan tersebut. Dari sini kamu bisa menentukan desain model atau bentuk sepatu yang paling pas dengan bahan tersebut. 

Itulah mengapa biasanya brand sepatu akan memakai lebih dari 1 jenis bahan sehingga model sepatunya bisa bervariasi. Selama kualitasnya tetap setara atau tidak berbeda jauh maka tak masalah untuk menggunakan tipe bahan yang berbeda. 

Rencanakan Desain Produkmu Sekarang!

Mulai dari sekarang kamu bisa segera membuat desain atau rencana produk sepatu anak yang bagus dan sesuai tren pasar. Pastikan bahwa desain tersebut tidak merusak atau mengurangi kualitas produk. Sangat disarankan juga untuk melihat banyak referensi dari brand lain sehingga kamu bisa membuat produk yang unik dan potensial untuk diminati. 

Cobalah untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk atau model produk sepatu anak yang sudah dibahas tadi. Cermati dengan baik dan pertimbangkan matang-matang sehingga kamu bisa menghasilkan produk sepatu dengan desain yang menarik.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Faktor yang Mempengaruhi Bentuk atau Model Produk Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​