Home » Strategi Bisnis » Cara Melakukan Analisa Pasar dalam Bisnis Thai Tea

Cara Melakukan Analisa Pasar dalam Bisnis Thai Tea

Analisis pasar merupakan riset yang dilakukan terhadap faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi kegiatan usaha. Lingkungan eksternal adalah kekuatan yang tidak bisa dikendalikan sehingga perusahaan harus bisa menyesuaikan diri, termasuk dalam bisnis Thai Tea. Pada dasarnya, cara melakukan analisa pasar dalam bisnis ini tidak sesulit seperti yang dibayangkan.

Ketika sudah melakukan analisa pasar, kamu bisa memutuskan apakah bisnis Thai Tea kamu akan menjalankan kegiatan dengan meningkatkan kualitas atau malah harus keluar dari pasar. 

Aspek yang Harus Dianalisis dalam Bisnis Thai Tea

Ada berbagai macam aspek yang harus kamu analisis dalam bisnis Thai Tea, antara lain:

Aspek Peluang

Di siang hari, saat cuaca panas, orang akan mencari minuman yang menyegarkan dibandingkan dengan membuat sendiri di rumah, mereka akan lebih memilih untuk membeli. 

Selain itu, ketika bertemu bersama dengan teman, mereka juga membutuhkan tempat untuk nongkrong sembari menikmati camilan-camilan. Dua hal ini bisa menjadi peluang dalam bisnis Thai Tea. 

Jumlah Produk yang Harus Laku Terjual

Meskipun dibuat dari sejumlah minuman bubuk, jika kamu memiliki berbagai macam toping seperti jelly atau boba. Kedua topping minuman tersebut mempunyai masa kelayakan yang tidak panjang

Karena singkatnya masa kelayakan makanan tersebut, kamu harus menjual sebanyak mungkin produk Thai Tea agar modal dapat tertutupi. Selain itu, jumlah produk yang laku terjual ini juga akan menentukan kesuksesan dalam bisnis yang kamu lakukan. 

Target Bervariasi

Jangan salah, target bisnis Thai Tea sangat bervariasi. Baik anak kuliah, maupun mereka yang sudah bekerja di perkantoran juga membutuhkan minuman segar. Lebih-lebih sekarang desain café atau outlet sudah menjadi sebuah style dan tempat nongkrong. Sehingga, target pasar bisa bervariasi. 

Pemilihan Lokasi

Syarat utama keberlangsungan bisnis Thai tea yang kamu miliki adalah pemilihan lokasi. Bila kamu salah memilih lokasi, usaha yang kamu miliki bisa berjalan dengan singkat. 

Contohnya, kamu memilih tempat berjualan di ruko yang sangat dekat dengan persimpangan. Sekilas jika dipikirkan, ini menjadi lokasi yang ramai. Namun karena lokasinya begitu dekat dengan persimpangan, pelanggan yang ingin membeli akan berpikir dua kali karena ramainya lalu lintas, lebih-lebih di jam padat. 

Lokasi lain yang kurang tepat seperti jalan antar kota. Jalan antar kota sekilas juga ramai kendaraan berlalu lalang. Sayangnya, biasanya mereka enggan untuk menepi hanya sekedar untuk membeli minuman. 

Di jalan antar kota, lebih banyak orang mencari makanan atau restoran dengan tempat yang luas dan teduh untuk beristirahat. 

Saingan Bisnis

Sebelum membuka usaha, ada pedagang atau pebisnis lain yang sudah membuka usaha dengan menu sama sepertimu. Bahkan, mereka juga sudah berinovasi dengan menyediakan berbagai macam topping mulai dari boba, keju, Oreo, cokelat, jelly dan lainnya. 

Cara Melakukan Analisa Pasar

Setelah mengetahui apa saja aspek yang harus dijadikan sebagai bahan analisa, berikut cara untuk melakukan analisa pasar Thai Tea, antara lain:

Amati Apa yang Dibutuhkan oleh Konsumen

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menganalisa pasar adalah mengetahui sebenarnya apa kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Pikirkan dengan matang keinginan dan kebutuhan pelanggan agar mereka terus kembali memilih bisnis Thai Tea milikmu. 

Bukan hanya sekedar konsumen yang datang satu kali kemudian tidak kembali lagi. Untuk mengamati kebutuhan konsumen, kamu bisa melakukan survei dari media sosial atau dari internet. Dengan melakukan survei, kamu bisa memahami sebenarnya seperti apa minuman hingga desain tempat yang dibutuhkan konsumen. 

Mengenal Konsumen Lebih Dekat

Setelah melakukan survei, kamu bisa mencoba mengenal konsumenmu dengan lebih dekat. Kamu bisa mengkotak-kotakan seperti apa karakter yang mereka miliki berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, latar belakang pendidikan dan lainnya. 

Jangan salah, dari hasil analisis ini, nyatanya kamu bisa menggunakannya untuk memperkirakan seperti apa potensi pembelian konsumen pada Thai Tea yang kamu tawarkan. 

Tentukan Target Pasar dengan Spesifik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, target pasar menjadi aspek yang harus kamu analisis. Jika sudah melakukan analisa konsumen, target pasar bisa kamu tentukan. Pasar yang kamu tuju umumnya dikenal dengan sebutan “pasar relevan”. 

Di dalam pasar ini, nantinya kamu akan menemukan mana calon pelanggan tetap di dalam bisnismu. Selain itu kamu bisa menentukan mana calon pelanggan yang hanya membeli sesekali atau bahkan tidak membeli sama sekali. 

Pasar relevan yang tepat berarti segmentasi pasarnya mudah dijangkau, sehingga proses pemasaran yang terjadi akan lebih efektif. Bila segmen pasar yang kamu pilih memiliki banyak kendala, proses pemasaran tidak bisa berjalan dengan lancar. 

Nilai Persaingan

Cara melakukan analisa pasar terakhir adalah menilai apakah ada pesaing di pasar bisnismu, dengan produk yang lebih baik dari produk yang kamu ciptakan sekarang ini. 

Kamu juga dapat menilai, apakah cara operasional bisnis yang kamu miliki sudah memadai untuk bersaing dengan mereka. Contohnya, pesaingmu memiliki desain outlet yang kurang menarik, sedangkan kamu memiliki desain outlet yang cozy untuk nongkrong. 

Cara melakukan analisa pasar sekilas memang mudah, tetapi selain melakukan analisis, kamu juga harus memikirkan langsung untuk terus menghadapi persaingan. Kamu harus siap berhadapan dengan persaingan pasar yang bisa muncul di kemudian hari, hingga cara agar produk yang kamu miliki tidak hilang potensi jualnya.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​